BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Rumah yang Harus Kamu Ketahui!
0
0

6 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Rumah yang Harus Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat kulit jeruk untuk rumahtop-right-banner

Buah jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang segar dan nikmat, buah jeruk sering digunakan orang-orang yang menderita sariawan karena membantu proses penyembuhan. Namun, sebagian besar orang mungkin akan memakan buahnya dan membuang kulitnya. Tapi tahukah kamu jika kulit jeruk juga memilik manfaat lain untuk Rumah Eksklusif kamu.

Di balik teksturnya yang unik, kulit jeruk menyimpan berjuta manfaat. Oleh karena itu, mulailah untuk tidak membuang kulitnya setelah mengkonsumsi buah Jeruk. Karena ternyata kulit jeruk dapat membantumu untuk mengusir serangga, membersihkan rumah, penyegar udara dan pewangi rumah. Ini bisa menjadi solusi untuk rumah kamu jadi lebih nyaman.

Baca juga:

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Rumah

Ada beberapa manfaat dari kulit jeruk yang kamu bisa gunakan untuk rumah kamu. Tidak mau kan rumah kamu yang sudah bagus seperti Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya, namun memiliki bau tak sedap.

1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

manfaat kulit jeruk untuk rumah
Source : Pexels

Sering kali kita mendapati bau yang tidak sedap pada lemari es kita. Bisa karena makanan yang sudah kadarluarsa yang terlalu lama di kulkas. Atau bisa karena bau ayam, daging, atau jeroan yang diletakkan di freezer.

Hal itu pasti mengganggumu, bukan? Kulit jeruk dapat membantu menghilangkan bau-bau yang tak sedap itu. Caranya yaitu tuangkan satu sendok makan garam ke dalam mangkuk kemudian tambahkan parutan kulit jeruk. Masukkan mangkuk itu ke dalam lemari es.

Bau yang tak sedap itu akan diserap oleh garam, sedangkan kulit jeruk memberi aroma yang menyegarkan. Setelah beberapa lama garam akan berubah menjadi lembab segera keluarkan dan ganti yang baru.

2. Membersihkan Furnitur

manfaat kulit jeruk untuk rumah
Source : Pexels

Kulit jeruk juga dapat membersihkan furnitur kayu menjadi lebih bersih dan mengilap. Kulit jeruk dapat diletakkan di furnitur seperti meja makan, meja kerja serta lemari pakaian. Kulit jeruk akan meninggalkan aroma yang sedap di furniturmu.

Caranya sangat mudah, gunakan toples yang sudah diisi dengan setengah kulit jeruk. Tambahkan cuka hingga penuh. Rendam kulit jeruk dalam cuka kira-kira selama dua minggu. Kulit jeruk dan cuka yang tercampur akan menghasilkan cairan pembersih.

Setelah dua minggu, saring dan tuangkan kedua bahan yang sudah tercampur ke dalam botol. Cairan hasil dari kulit jeruk dan cuka ini akan membantumu membersihkan furnitur rumah.

3. Pewangi Pakaian

manfaat kulit jeruk untuk rumah
Source : Pexels

Tidak hanya dijadikan pewangi ruangan, kulit jeruk yang selalu mendatangkan bau yang sedap dapat dijadikan pengganti pewangi lemari pakaian. Sebelumnya, kamu harus membersihkan lemari terlebih dahulu dari debu. Letakkan kulit jeruk yang segar ke dalam lemari setelah bersih dari debu. Ganti kulit jeruk secara rutin agar wangi lemari tetap fresh.

4. Mengusir Serangga

mengusir serangga
Source : Pexels

Pasti ada beberapa diantara kalian yang tidak suka dengan serangga. Jangan khawatir! Kulit jeruk dapat membantumu terbebas dari serangga-serangga di rumah. Jika kamu khawatir menggunakan bahan kimia untuk mengusir serangga cukup sebarkan potongan kulit jeruk di tempat serangga-serangga itu muncul.

Serangga-serangga seperti nyamuk, semut, tidak suka dengan aroma kulit jeruk yang sedap. Secara alami mereka akan menghindari bau-bau sedap seperti itu sehingga mereka tidak akan menganggu aktivitasmu sehari-hari.

5. Bahan Kompos

pupuk kompos
Source : Pexels

Jika kamu memiliki taman atau kebun, kulit jeruk dapat menjadi tambahan yang berharga untuk bahan pupuk kompos. Kulit jeruk mengandung nutrisi penting seperti nitrogen, kalium, dan kalsium, yang merupakan unsur penting dalam pertumbuhan tanaman. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Selain itu, kulit jeruk juga mengandung senyawa-senyawa organik yang dapat membantu meningkatkan aktivitas mikroba dalam tanah, yang berkontribusi pada pembuahan yang lebih baik dan pertumbuhan tanaman yang lebih sehat secara keseluruhan. Dengan memasukkan kulit jeruk ke dalam kompos, kita tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memberikan nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi taman atau kebun kita.

6. Aroma Aromaterapi Alami

aroma terapi
Source : Pexels

Kulit jeruk mengandung minyak esensial yang memiliki aroma segar dan menyenangkan. Kamu dapat mengeringkan kulit jeruk dan menggunakannya sebagai bahan aromaterapi alami. Caranya, cukup letakkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan di atas kompor dengan api kecil atau di dalam tas kain sebagai pengharum alami.

Dengan memanfaatkan kulit jeruk untuk keperluan rumah tangga, Pins tidak hanya mengurangi jumlah limbah organik yang terbuang, tetapi juga mendapatkan manfaat dari sisi ekonomis dan lingkungan. Dengan mempraktikkan penggunaan kulit jeruk secara bijak, Pins dapat menciptakan gaya hidup yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Jadi, jangan lagi membuang kulit jeruk begitu saja, tapi manfaatkanlah dengan kreativitas untuk kebaikan rumah tangga dan lingkungan.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download