Pinhome

Keunikan Rumah Adat Honai Asal Papua

Dipublikasikan oleh Komarudin Subekti ∙ 5 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Menurut data dari BPS, Indonesia memiliki sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Suku bangsa ini memiliki kebudayaan dan ciri khasnya sendiri, seperti bahasa, pakaian, hingga rumah adat. Salah satu suku bangsa yang terkenal adalah suku Dani yang berasal dari Lembah Baliem, Papua. Suku Dani memiliki rumah adat yang disebut Honai. Keunikan rumah adat Honai telah menarik perhatian banyak kalangan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pinhome – Suku Dani dari Lembah Baliem, Papua hingga kini masih mempertahankan dan mempraktikan tradisi nenek moyang mereka secara turun temurun. Salah satunya adalah dengan tetap tinggal di rumah adat mereka yang bernama Honai yang kini juga telah ditetapkan sebagai rumah adat Provinsi Papua. Honai memiliki ciri arsitektur yang khas dengan atap jerami atau ilalangnya. Apa saja keunikan rumah adat Honai lainnya? Yuk, Pins simak bahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Pantai Jikomalamo Ternate

Bentuknya yang Unik

(Adira)

Keunikan rumah Honai yang paling mencolok adalah bentuknya mungil dan menyerupai jamur. Bahan pembuatannya juga cukup sederhana, yaitu terdiri dari kayu dan jerami saja. Walaupun terlihat sangat simpel, tetapi Honai mampu memuat banyak orang di dalamnya. Honai tidak seperti rumah pada umumnya yang memiliki ruang tamu, kamar tidur, dan dapur, tetapi hanya punya satu ruang luas yang di tengah-tengahnya terdapat perapian sebagai tempat untuk berkumpul dan menghangatkan diri. Honai juga tidak memiliki jendela, ini dimaksudkan untuk menghindari serangan binatang buas dan agar terhindar dari udara dingin.

Meskipun terlihat kecil, Honai biasanya memiliki dua tingkat yang dihubungkan dengan tangga kayu. Di bagian bawah berfungsi sebagai tempat berkumpul dan menerima tamu sedangkan bagian atasnya biasa digunakan untuk tempat tidur. Untuk masuk ke dalam Honai, kita harus sedikit membungkuk karena pintunya tidak terlalu tinggi. Begitu juga ketika berada di dalam, kita tidak bisa berdiri dengan tegak.

Fungsinya yang Banyak

(Pegipegi)

Apa keunikan rumah adat Honai selanjutnya? Jawabannya adalah fungsinya yang tidak hanya sebagai tempat tinggal saja. Honai dijadikan sebagai tempat berkumpul para warga untuk berdiskusi dan membincangkan berbagai macam hal, dari urusan adat hingga penyelesaian masalah. Honai juga dijadikan sebagai kandang babi atau hewan ternak lain, lumbung untuk tempat menyimpan hasil panen, dan yang paling fenomenal adalah digunakan sebagai tempat pengasapan mumi.

Ya, kamu tidak salah baca, Pins, di Papua, tepatnya di Lembah Baliem juga terdapat mumi. Beberapa mumi yang terkenal, seperti mumi Araboda, Aikima, Pumo dan Yiwika. Honai yang menjadi tempat pengasapan mumi ini bisa ditemukan di Desa Aikima dan Desa Kerulu.

Pemisahan Honai

(Kumparan)

Sebetulnya, sebutan Honai lebih merujuk kepada rumah adat yang ditempati oleh para lelaki saja. Sedangkan para perempuan menempati rumah lain yang disebut dengan Ebe’ai. Dua-duanya dapat menampung banyak anggota keluarga. Namun, para wanita sangat dilarang untuk masuk ke dalam Honai, meskipun di dalamnya terdapat suami, anak laki-laki, atau anggota keluarga yang lain.

Ebe’ai tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal saja, tetapi digunakan pula sebagai tempat mendidik anak-anak perempuan. Selain itu, bagi pasangan suami istri yang ingin berhubungan badan juga bisa dilakukan di dalam Ebe’ai ketika tidak ada orang di dalamnya. Menarik sekali ya, Pins.

Nilai-Nilai Adat Rumah Honai

(Ruang Arsitek)

Keunikan rumah adat honai lainnya adalah nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Nilai utama yang ada pada Honai adalah tentang kesatuan dan persatuan antar sesama suku yang ada dan untuk mempertahankan tradisi serta budaya yang sudah diwariskan oleh para leluhur. Nilai-nilai ini tercermin pula pada saat pembangunan Honai yang hanya boleh didirikan oleh para lelaki secara bergotong royong.

Masih menjadi keunikan rumah Honai, waktu pembangunannya diatur secara terperinci dan harus selalu dilaksanakan agar proses pendirian Honai tidak terganggu oleh faktor cuaca ataupun bencana alam. Dalam membangun Honai, posisi pintu telah ditentukan, yaitu menghadap timur atau barat, sesuai dengan arah matahari terbit dan tenggelam. Hal ini dimaksudkan agar penghuni Honai tetap waspada akan serangan musuh atau bahaya lain yang mengancam.

Satu dalam Pikiran dan Tujuan

(Jawapos)

Nilai-nilai lain yang terkandung sebagai keunikan rumah adat Honai selanjutnya adalah tentang sehati. Tinggal di dalam Honai berarti juga menyatukan pikiran, tujuan, dan hati dalam merampungkan segala macam permasalahan serta pekerjaan. Sudah sejak dini para anak laki-laki yang tinggal di dalam Honai dididik untuk menjadi kuat saat dewasa nanti sehingga dapat melindungi sukunya. Sama halnya di dalam Ebe’ai, anak-anak perempuan diajarkan berbagai macam keterampilan dan berbagai macam pendidikan untuk masa depannya kelak ketika sudah menjadi istri.

Harga Diri dan Kepribadian

(Tempo)

Siapa sangka, Honai ternyata juga menjadi tanda harga diri dan kepribadian bagi Suku Dani. Karenanya, maka Honai harus dijaga secara turun temurun oleh anak cucu kelak. Keunikan rumah adat Honai karena menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam yang dapat diperbarui secara berkala. Bahan-bahan pembuat Honai juga sangat ramah lingkungan, karena terdiri dari kayu, jerami, anyaman dinding, dan lain-lainnya. Maka dari itu, penduduk Suku Dani dapat mempertahankan Honai hingga ke beberapa generasi.

Apa keunikan rumah adat Honai yang membuatmu tertarik, Pins? Bila ingin melihat Honai secara langsung, datang saja langsung ke Festival Lembah Baliem yang biasanya digelar pada bulan Agustus.

—————————–

Temukan beragam pilihan rumah atau cari tahu harga tanah seperti harga tanah di Jakarta Selatan terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia