BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Keunikan Rumah Adat Honai Asal Papua
0
0

6 Keunikan Rumah Adat Honai Asal Papua

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Keunikan Rumah Adat Honaitop-right-banner

Salah satu suku bangsa yang terkenal adalah suku Dani yang berasal dari Lembah Baliem, Papua. Suku Dani memiliki rumah adat yang disebut Honai. Keunikan rumah adat Honai telah menarik perhatian banyak kalangan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pinhome juga tak kalah unik karena lewat aplikasinya, kamu bisa bertransaksi properti termasuk pasang iklan jual rumah. Fitur pencariannya membantumu menemukan rumah second di Kec Bandung Kidul hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence atau dekat dengan SMA 8 Bekasi.

Asal Usul Rumah Adat Honai

Source : Wikipedia

Menurut data dari BPS, Indonesia memiliki sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Suku bangsa ini memiliki kebudayaan dan ciri khasnya sendiri, seperti bahasa, pakaian, hingga rumah adat.

Suku Dani dari Lembah Baliem, Papua hingga kini masih mempertahankan dan mempraktikan tradisi nenek moyang mereka secara turun temurun. Salah satunya adalah dengan tetap tinggal di rumah adat mereka yang bernama Honai yang kini juga telah ditetapkan sebagai rumah adat Provinsi Papua.

Honai atau Onai menurut bahasa daerahnya bermakna rumah. Dalam pembuatan Honai mengadaptasi pada rumah burung yang membuat sarang. Tak heran jika bentuknya bundar atau lingkaran mirip dengan sarang burung.

Baca juga: Potret Rumah Termewah di China, Yuk Intip!

Jenis Rumah Adat Honai

Ada dua jenis Honai yakni Honai Laki-laki dan Honai Perempuan. Seperti namanya pemilihan Honai digunakan sesuai gender yang mana Honai Laki-laki cenderung lebih besar. Honai Perempuan berbentuk persegi panjang karena memiliki dapur bahkan area ini berfungsi juga sebagai tempat tidur.

Honai Laki-laki difungsikan pula sebagai pertemuan kelompok. Penerangannya hanya menggunakan api namun sayangnya rumah adat ini hanya memiliki satu pintu sehingga penghuni rawan terkena penyakit saluran pernapasan.

Baca juga: Desain Rumah Joglo Modern Beserta Dekorasinya

Keunikan Rumah Adat Honai

Honai memiliki ciri arsitektur yang khas dengan atap jerami atau ilalangnya. Apa saja keunikan rumah adat Honai lainnya? Yuk, Pins simak bahasannya di bawah ini.

1. Bentuknya yang Unik

Source : Adira

Keunikan rumah Honai yang paling mencolok adalah bentuknya mungil dan menyerupai jamur. Bahan pembuatannya juga cukup sederhana, yaitu terdiri dari kayu dan jerami saja. Walaupun terlihat sangat simpel, tetapi Honai mampu memuat banyak orang di dalamnya.

Honai tidak seperti rumah pada umumnya yang memiliki ruang tamu, kamar tidur, dan dapur, tetapi hanya punya satu ruang luas yang di tengah-tengahnya terdapat perapian sebagai tempat untuk berkumpul dan menghangatkan diri.

Honai juga tidak memiliki jendela, ini dimaksudkan untuk menghindari serangan binatang buas dan agar terhindar dari udara dingin. Meskipun terlihat kecil, Honai biasanya memiliki dua tingkat yang dihubungkan dengan tangga kayu.

Di bagian bawah berfungsi sebagai tempat berkumpul dan menerima tamu sedangkan bagian atasnya biasa digunakan untuk tempat tidur. Untuk masuk ke dalam Honai, kita harus sedikit membungkuk karena pintunya tidak terlalu tinggi. Begitu juga ketika berada di dalam, kita tidak bisa berdiri dengan tegak.

2. Fungsinya yang Banyak

Source : Pegipegi

Apa keunikan rumah adat Honai selanjutnya? Jawabannya adalah fungsinya yang tidak hanya sebagai tempat tinggal saja. Honai dijadikan sebagai tempat berkumpul para warga untuk berdiskusi dan membincangkan berbagai macam hal, dari urusan adat hingga penyelesaian masalah.

Honai juga dijadikan sebagai kandang babi atau hewan ternak lain, lumbung untuk tempat menyimpan hasil panen. Nah, yang paling fenomenal tempat ini juga digunakan sebagai tempat pengasapan mumi.

Ya, kamu tidak salah baca, Pins, di Papua, tepatnya di Lembah Baliem juga terdapat mumi. Beberapa mumi yang terkenal, seperti mumi Araboda, Aikima, Pumo dan Yiwika. Honai yang menjadi tempat pengasapan mumi ini bisa ditemukan di Desa Aikima dan Desa Kerulu.

3. Pemisahan Honai

Source : Kumparan

Sebetulnya, sebutan Honai lebih merujuk kepada rumah adat yang ditempati oleh para lelaki saja. Sedangkan para perempuan menempati rumah lain yang disebut dengan Ebe’ai.

Dua-duanya dapat menampung banyak anggota keluarga. Namun, para wanita sangat dilarang untuk masuk ke dalam Honai, meskipun di dalamnya terdapat suami, anak laki-laki, atau anggota keluarga yang lain.

Ebe’ai tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal saja, tetapi digunakan pula sebagai tempat mendidik anak-anak perempuan. Selain itu, bagi pasangan suami istri yang ingin berhubungan badan juga bisa dilakukan di dalam Ebe’ai ketika tidak ada orang di dalamnya. Menarik sekali ya, Pins.

4. Nilai-Nilai Adat Rumah Honai

Source : Ruang Arsitek

Keunikan rumah adat honai lainnya adalah nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Nilai utama yang ada pada Honai adalah tentang kesatuan dan persatuan antar sesama suku yang ada dan untuk mempertahankan tradisi serta budaya yang sudah diwariskan oleh para leluhur.

Nilai-nilai ini tercermin pula pada saat pembangunan Honai yang hanya boleh didirikan oleh para lelaki secara bergotong royong. Masih menjadi keunikan rumah Honai, waktu pembangunannya diatur secara terperinci dan harus selalu dilaksanakan agar proses pendirian Honai tidak terganggu oleh faktor cuaca ataupun bencana alam.

Dalam membangun rumah Honai, posisi pintu telah ditentukan, yaitu menghadap timur atau barat, sesuai dengan arah matahari terbit dan tenggelam. Hal ini dimaksudkan agar penghuni Honai tetap waspada akan serangan musuh atau bahaya lain yang mengancam.

5. Satu dalam Pikiran dan Tujuan

Source : Jawapos

Nilai-nilai lain yang terkandung sebagai keunikan rumah adat Honai selanjutnya adalah tentang sehati. Tinggal di dalam Honai berarti juga menyatukan pikiran, tujuan, dan hati dalam merampungkan segala macam permasalahan serta pekerjaan.

Sudah sejak dini para anak laki-laki yang tinggal di dalam Honai dididik untuk menjadi kuat saat dewasa nanti sehingga dapat melindungi sukunya. Sama halnya di dalam Ebe’ai, anak-anak perempuan diajarkan berbagai macam keterampilan dan berbagai macam pendidikan untuk masa depannya kelak ketika sudah menjadi istri.

6. Harga Diri dan Kepribadian

Source : Tempo

Siapa sangka, Honai ternyata juga menjadi tanda harga diri dan kepribadian bagi Suku Dani. Karenanya, maka Honai harus dijaga secara turun temurun oleh anak cucu kelak.

Keunikan rumah adat Honai karena menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam yang dapat diperbarui secara berkala. Bahan-bahan pembuat Honai juga sangat ramah lingkungan, karena terdiri dari kayu, jerami, anyaman dinding, dan lain-lainnya. Maka dari itu, penduduk Suku Dani dapat mempertahankan Honai hingga ke beberapa generasi.

Apa keunikan rumah adat Honai yang membuatmu tertarik, Pins? Bila ingin melihat Honai secara langsung, datang saja langsung ke Festival Lembah Baliem yang biasanya digelar pada bulan Agustus.

Baca juga:

Feature Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download