Pinhome

Ini Dia Cara Pemasangan KWh Meter Listrik Sederhana

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 4 March 2022 ∙ 5 menit membaca

Saat Pins pindah ke rumah baru, beberapa hal pasti perlu diperhatikan. Mulai dari material bangunan, ketersediaan air, keadaan lingkungan hingga instalasi listrik. Unsur-unsur tersebut berperan penting dalam menyokong kehidupan yang baru. Tidak terkecuali cara pemasangan kwh meter yang terkait pada instalasi listrik dalam perumahan.

Kotak meteran listrik yang biasanya ditemukan pada bagian depan rumah ini dipasang oleh PLN sebagai cara pengukuran arus listrik pada rumah, mengetahui daya yang ditampung hingga alat pengaman. Pemasangan kwh meter ini pun juga merupakan salah satu cara dalam menghemat pemakaian listrik. 

Baca Juga: Tips Instalasi Listrik Rumah, Mudah, Cepat, Dan Aman

Apa itu Kwh Meter?

Sebelum membahas lebih lanjut pemasangannya pada perumahan, kamu pun harus mengetahui apa itu kWh meter. Listrik yang kita gunakan sehari-hari memerlukan alat pengukur untuk mengetahui berapa jumlah pemakaian. Jumlah pemakaian listrik tersebutlah yang akan dibayarkan oleh pelanggan tiap bulannya (untuk tipe pelanggan pascabayar). Namun, bila kamu mengambil jenis prabayar, kamu akan membayar terlebih dahulu sebelum pemakaian.

Kwh meter listrik merupakan sebuah alat pengukur total energi listrik yang dikeluarkan atau dikonsumsi oleh peralatan dalam hunian yang diambil dari daya listrik yang telah ditentukan dalam satu hunian. Deretan angka yang bergerak pada alat Kwh listrik disebut dengan kWh meter. Besaran angka dalam alat tersebut menentukan tagihan biaya yang harus dibayarkan.

Jenis-Jenis Kwh Meter

Perlu Pins ketahui kwh meter pun mempunyai beberapa jenis yang beragam sesuai dengan fungsinya sebagai berikut:

Kwh Meter Analog

Meteran jenis satu ini kini memang mulai sulit ditemukan, jenis analog masih bisa ditemukan di daerah pedesaan. Cara kerjanya adalah menghitung biaya dari piringan logam non-magnetik yang bergerak memutar seiring dengan jumlah daya yang dilewati. Semakin tinggi daya yang digunakan, piringan akan semakin cepat berputar.

Kwh Meter Digital

Untuk kWh meter digital kini digunakan pada sebagian besar perumahan yang mengambil jenis listrik pascabayar. Kwh meter jenis ini jauh lebih efektif dalam perhitungan dibandingkan analog. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang tentunya sudah lebih canggih dan tertera dalam layar digital tanpa piringan.

Smart Meter

Selanjutnya adalah tipe terbaru dan pastinya lebih efektif dibandingkan kedua di atas yaitu smart meter atau disebut pula sebagai meteran pulsa listrik. Smart meter bisa digunakan pada pelanggan prabayar maupun pascabayar dan langsung terhubung ke internet. Tagihan akan langsung tertera tanpa petugas PLN yang datang mengecek setiap bulannya.

Penyebab Kwh Meter Naik

Sebelum Pins menuding ada hal yang tidak beres pada alat meteran, sebaiknya Pins mengetahui beberapa penyebab kWh meter yang naik. Bila sudah mengetahui penyebabnya sebaiknya segera selesaikan agar tidak terulang kembali di bulan selanjutnya.

  • Penggunaan AC atau air conditioner yang berlebihan.
  • Beralih ke penggunaan televisi hemat listrik dibandingkan jenis tabung yang banyak memakan listrik.
  • Beberapa day dari alat-alat elektronik rumah tangga yang besar, seperti rice cooker, setrika listrik, kompor listrik, kulkas dan lain-lain.
  • Kabel-kabel charging ataupun listrik yang tidak dipakai selalu mencolok pada stop kontak. Sebaiknya cabut kabel bila tidak digunakan.

Baca Juga: Perbedaan AC Split dan Inverter yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Pemasangan Kwh Meter Sederhana

Pemasangan instalasi listrik perumahan memang tidak serumit gedung perkantoran, namun tetap harus memperhatikan keamanan atau lebih baik sesuai dengan pengawasan dari PLN. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan yang menimbulkan akibat yang fatal. Untuk itu, Pinhome akan memberikan informasi sedikit mengenai cara pemasangan kWh meter sederhana yang pastinya mudah untuk dimengerti.

Baca Juga: Cara Pasang Baru PLN Dengan Cara Online Dan Offline

Pastikan untuk Menjadi Pelanggan PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan Badan Umum Milik Negara (BUMN) yang menaungi segala hal mengenai kelistrikan yang ada di Indonesia. Badan tersebut dipercaya memegang peranan penting arus kelistrikan sebagai penunjang kehidupan. Itulah mengapa segala hal terkait dengan listrik mengacu kepada perusahaan tersebut. Salah satunya adalah cara pemasangan kWh meter.

Untuk memasang meteran listrik di rumah, kamu perlu menjadi pelanggan. Caranya adalah dengan masuk ke website PLN ataupun PLN mobile dan lakukan pendaftaran untuk pelanggan baru. Kamu akan diarahkan untuk mengisi beberapa data dan pembayaran biaya pasang. Pastikan Pins memilih satu diantara tipe prabayar atau pascabayar ya! Tahap selanjutnya pihak PLN akan hadir ke rumah sebagai kegiatan survei ataupun pengecekan sebelum instalasi listrik serta meteran dipasang di rumah. Peralatan instalasi listrik bisa kamu siapkan terlebih dahulu sesuai instruksi yang telah disebutkan oleh pihak PLN.

Walaupun pihak PLN sudah menyediakan alat kWh meter, kabel SR maupun kabel yang menyambungkan antara tiang listrik kepada kwh meter, kamu pun tetap harus mempersiapkan peralatan listrik umum yang berada di dalam hunian. Contohnya seperti stop kontak, MCB, sekering dan lainnya.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Listrik Pascabayar dan Prabayar, Jangan Salah Pilih!

Itulah cara pemasangan kWh meter listrik sederhana yang pastinya akan sangat mudah Pins ikuti. Ingat untuk selalu berkonsultasi kepada pihak PLN untuk pemasangan dan juga bila ada kendala setelahnya. Hal tersebut untuk menghindari adanya akibat berbahaya yang tidak kita inginkan terjadi. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia