Pinhome

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 25 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Dalam membangun sebuah hunian tentunya akan sangat banyak perihal yang harus Pins pertimbangkan sebagai komponen-komponen bangunan rumah. Mulai dari atap rumah, pondasi bangunan, cat tembok, hingga plafon rumah untuk membatasi ruangan dengan atap rumah. Makanya, kali ini, Pinhome mau membahas kelebihan dan kekurangan plafon PVC untuk Pins, nih!

Pinhome – Sebagaimana yang Pins tahu bahwa kehadiran plafon rumah itu sangat penting, Pins pastinya ingin menggunakan plafon yang berkualitas. Dengan memilih plafon rumah yang berkualitas akan membuat interior rumah Pins akan lebih bagus. Produk plafon rumah yang biasanya banyak orang-orang pakai terbuat dari bahan dasar gypsum. Berikut kelebihan dan kekurangan dari plafon PVC!

Baca Juga:

Mengenal Plafon PVC 

kelebihan dan kekurangan plafon pvc

(Pinterest)

Plafon dengan bahan baku PVC yang memiliki nama latin Polyvinyl chloride lebih banyak dikenal oleh pasaran material bangunan sebagai bahan dasar pipa air. Digunakan sebagai bahan pipa air karena PVC memiliki ketahanan yang kuat akan tekanan air yang deras dan tidak mudah pecah. Meski begitu, proses pembuatan PVC untuk plafon tidak sama dengan PVC untuk pipa air. 

Bahan PVC sendiri dibuat dalam dua jenis yaitu bahan yang keras dan bahan plastik yang fleksibel. Jenis PVC fleksibel banyak dimanfaatkan sebagai komponen struktur bangunan. Nah, jenis PVC fleksibel itu pun yang menjadi bahan dasar dari plafon PVC. Selanjutnya kita akan pindah ke pembahasan kelebihan dan kekurangan penggunaan plafon PVC rumah. 

Baca Juga:

Kelebihan Plafon PVC

(Pinterest)

Dewasa ini sudah banyak konstruksi rumah yang menggunakan plafon PVC sebagai langit-langit atap sebuah rumah. Banyak konsumen yang menggemari plafon PVC karena kaya akan keunggulannya dibandingkan dengan plafon yang terbuat dari gypsum. 

Kelebihan plafon PVC adalah anti rayap, maka dari itu tidak akan mudah keropos dalam waktu yang lama. Lalu bahan plafon PVC berkualitas, kuat, dan tidak mudah pecah. Walaupun begitu plafon PVC tetap memiliki bobot yang ringan lho

Dengan ketahanannya yang kuat membuat plafon PVC lebih awet dalam kurun waktu yang lama, bahkan bisa tahan hingga pemakaian puluhan tahun. Seperti yang Pins ketahui bahan PVC tahan terhadap air, itulah mengapa plafon PVC anti terhadap bocor. 

Jadi Pins tidak perlu khawatir ketika hujan besar dan berkelanjutan rumah akan bocor. Karena memiliki bobot yang ringan membuat plafon PVC lebih mudah untuk dipasang. Dengan begitu Pins dapat menghemat waktu dalam proses konstruksi rumah. 

Tidak hanya sampai di situ, kelebihan plafon PVC lainnya adalah memiliki desain yang lebih menarik dari pada menggunakan plafon berbahan gypsum atau triplek. Umumnya kedua bahan tersebut akan rapuh termakan oleh waktu dan kelembaban akibat terpaan air. 

Nah, berbeda dengan plafon PVC yang memiliki desain lebih elegan dan tahan. Varian warna yang tersedia untuk plafon PVC pun cukup bervariasi. Pins dapat memilih warna yang sesuai dengan selera untuk interior rumah yang lebih cantik. 

Baca Juga:

Kekurangan Plafon PVC

kelebihan dan kekurangan plafon pvc

(Pinterest)

Jika Pins sudah cukup puas dan terpukau dengan kelebihan dari penggunaan plafon PVC pada atap rumah, Pins juga perlu untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh plafon PVC. Walaupun memiliki segudang keunggulan bukan berarti plafon PVC tidak memiliki kekurangan. 

Kekurangan pertama dari plafon PVC adalah hasil pemasangan list biasanya kurang rapat karena bentuk sekrup yang digunakan untuk merapatkan list tersebut seringkali harus mengikuti rangka yang digunakan. Dalam proses pemasangannya Pins perlu lebih ekstra teliti supaya menghindari resiko dari kekurangan ini. 

Selanjutnya kekurangan yang juga kelebihan dari plafon PVC adalah bobotnya yang ringan. Meski pemasangan lebih mudah dan hemat waktu karena bobot yang ringan, hal tersebut juga memberi kekurangan pada plafon PVC berupa pemasangan rangka hollow yang cukup berjarak. Bobot yang ringan dan rangka yang renggang akan berpotensi roboh jika terbebani sesuatu yang berat.

Baca Juga:

Tidak seperti plafon berbahan triplek, bahan PVC sulit untuk didaur ulang jika sudah tidak terpakai, Dapat diartikan bahwa bahan PVC ini tidak termasuk yang ramah lingkungan. Bahan utamanya pun terbuat dari klorin yang diyakini berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun itu berbahaya jika sudah menjadi gas. 

Kekurangan terakhir yang dapat Pins jadikan pertimbangan adalah harga yang cukup mahal untuk mendapatkan plafon PVC. Memang seimbang dengan keunggulannya yang jempolan. Namun hal tersebut sangat bertentangan jika Pins menerapkan pembangunan rumah yang hemat. Jika Pins tidak memiliki kelebihan dana, alangkah baiknya Pins lakukan perhitungan kembali pada budgeting konstruksi rumah. 

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan plafon PVC untuk rumah Pins. Dengan mengenal kekurangan dan kelebihan plafon PVC akan membuat Pins lebih matang dalam pertimbangan untuk menggunakan jenis plafon rumah yang mana. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Idea.grid.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia