Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Ini Saat Buat Denah Rumah Minimalis

Tips Properti

Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Ini Saat Buat Denah Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 23 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Jika kita tidak membuat denah rumah dengan baik, otomatis rumah yang telah dibangun jadi salah dan tidak memenuhi harapan dan kebutuhan dari seluruh penghuni rumah. Apalagi untuk denah rumah minimalis yang lebih menitikberatkan fungsi.

Pinhome – Saat ini, rumah minimalis menjadi salah satu solusi hunian favorit bagi kaum milenial untuk memiliki hunian impian. Harganya yang lebih murah daripada tipe hunian lain dan juga menjadi jawaban atas terbatasnya lahan seakan tepat untuk kondisi anak muda saat ini yang memang menginginkan rumah tempat tinggal sendiri dalam jangka waktu lebih cepat.

Sedikit berbeda dengan tipe rumah lainnya, rumah minimalis menerapkan konsep open space sehingga tak banyak memakan tempat. Kebanyakan hanya 1 atau 2 tempat tidur, kamar mandi, ruang tamu dan dapur. Meskipun terbatas, rumah minimalis menawarkan nilai multi fungsi yang memberikan banyak dampak positif kepada para penghuninya.

Cobalah untuk Mengakali Permasalah Lahan Terbatas pada Rumah Minimalis

Lahan yang terbatas dari ruman minimalis tidak seharusnya selalu menjadi halangan untuk Pins. Inilah mengapa rumah minimalis sering mengadopsi konsep open space. Dalam ilmu feng shui, rumah dengan konsep terbuka akan mengundang rejeki dan orang-orang yang baik untuk bertandang ke rumah kita. Artinya, jika kita bisa menerapkan konsep ruang terbuka dengan baik, Pins sekeluarga bisa membawa energi yang baik ke dalam rumah kita. Di situlah peran membuat tatanan denah rumah minimalis yang tepat menjadi penting. Kita bisa kok menyiasati rumah minimalis agar terlihat luas dan teratur dengan beberapa perubahan kecil.

Sumber: Pexels

Agar denah rumah minimalis yang kamu inginkan lebih sempurna, ada baiknya berkonsultasi dengan arsitek, Pins! Biasanya, mereka akan memiliki berbagai ide supaya rumahmu lebih ciamik dan tak ada kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan sebagai pemilik rumah baru. Sebagai panduan untuk Pins yang baru memulai, berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ataupun dihindari saat membuat denah rumah minimalis.

1. Luput mempertimbangkan posisi dapur dengan matang

Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang yang baru saja membuat denah rumah adalah tidak memberikan pintu langsung yang menghadap ke arah dapur. Akibatnya, seringkali pengunjung rumah harus berjalan jauh melewati pintu utama dan ruang tamu. Padahal posisi pintu ini penting agar tamu yang sedang berkunjung tidak merasa kesulitan untuk mengakses dapur.

2. Mengabaikan posisi kamar tidur

Tidak hanya mempertimbangkan posisi dapur, Pins juga harus pandai-pandai menempatkan posisi kamar tidur. Walaupun berkonsep open space, kamar tidur tetap harus dibuat private di denah rumah minimalis kita.

Sumber: Popbela

Akan jauh lebih baik jika Pins meletakkan kamar tidur di bagian tengah atau belakang rumah karena jauh dari keramaian sehingga Pins sekeluarga bisa mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas maksimal. Sebaliknya, sangat tidak disarankan untuk membangun kamar tidur yang dekat dengan halaman rumah atau jalanan karena hal ini akan membuat tidur dan istirahat Pins jadi tidak sempurna.

3. Acuh kepada kebutuhan dari masing-masing penghuni rumah

Entah itu besar atau kecil, rumah selalu menjadi tempat terbaik untuk berlindung, bersantai dan berkumpul bagi para penghuninya. Untuk itu, alangkah lebih baik kalau Pins membuat denah rumah minimalis yang memperhatikan kebiasaan dari tiap penghuni. Misalnya, pasangan Pins sering bekerja dari rumah atau memiliki banyak proyek sampingan, akan sangat berarti bagi mereka jika Pins membuat sebuah tempat yang khusus sebagai tempat bekerja. Meski kelihatannya sepele, Pins bisa membuat kualitas hidup setiap penghuni rumah meningkat dengan baik.

4. Mengabaikan kepentingan tempat parkir kendaraan

Meskipun serba simpel, tempat parkir adalah salah satu komponen rumah yang penting. Untuk mengakali lahan rumah yang sempit, ada baiknya untuk menempatkan garasi di bagian depan rumah agar kendaraan Pins tidak mengganggu jalur pergerakan keluarga sehari-hari serta tidak menghalangi akses para pengunjung ke dalam kawasan rumah.

Sumber: Housing Estate

Urgensi dari Denah Rumah Minimalis

Membuat denah rumah minimalis sebenarnya adalah salah satu proses penting yang harus dimiliki oleh para pemilik lahan dan properti. Apalagi untuk Pins yang memiliki lahan yang terbatas, pastinya perlu memutar otak lagi untuk bisa mencukupi berbagai macam kebutuhan seluruh penghuni rumah ke dalamnya.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang memandang pentingnya pembuatan denah rumah minimalis ini sebelah mata. Meskipun sudah membuat denah, kenyataannya beberapa kebutuhan dari masing-masing penghuni rumah tidak terwadahi ataupun melakukan beberapa kesalahan klasik yang sebelumnya sudah pernah disebutkan. Efek dari mengabaikan dan membuat denah ini sebenarnya akan dirasakan dalam waktu yang lama, tentu butuh biaya banyak, waktu yang tak singkat dan tenaga lebih untuk melakukan renovasi rumah, bukan?

Untuk itulah, Pins harus bisa merencanakan keseluruhan proses pembangunan rumah impianmu ini dengan membuat denah rumah minimalis yang matang. Kalau perlu, Pins dapat berkonsultasi dengan jasa konsultasi kontraktor yang akan membantu Pins membuat denah rumah minimalis.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel