BlogPemilik PropertiFinansialYuk Mulai Investasi Tabungan Emas! Berikut Beberapa Tips Pentingnya
0
0

Yuk Mulai Investasi Tabungan Emas! Berikut Beberapa Tips Pentingnya

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Investasi tabungan emas untuk masa depantop-right-banner

Mempersiapkan diri untuk menabung demi masa depan kini bisa kamu mulai dengan investasi tabungan emas. Beberapa orang akan mengatakan tabungan emas cukup menguntungkan karena harga jual yang kompetitif seiring tahun berganti.

Selain itu, kini orang semakin mudah untuk membeli emas, sebab telah tersedia di berbagai e-commerce. Masyarakat juga dapat membeli emas seberat 0,001 saja, sehingga tidak perlu mempersiapkan banyak uang di awal. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menabung emas, mungkin kamu akan tertarik untuk mengetahui beberapa tips pentingnya. Penasaran cara memulainya? Yuk mulai perhatikan artikel tips investasi emas yang Pinhome sajikan berikut ini.

Kelebihan Investasi Tabungan Emas

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Beberapa dari Pins mungkin belum terbiasa untuk menabung emas. Apalagi bagi Pins yang tergolong kaum milenial. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya, apalagi terdapat begitu banyak keuntungan yang dapat kamu raih dengan mengumpulkan ‘recehan’ emas.

Jika kita pikirkan lebih dalam, mungkin hanya akan timbul pertanyaan, “memang apa sih kelebihan dari investasi emas?” Oleh sebab itu, artikel ini akan sedikit banyak membantu Pins untuk tahu lebih dalam mengenai keunggulan dari menabung emas.

Harga Emas Cenderung Mengalami Kenaikan Terus Menerus

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Ya, beberapa orang sudah mengetahui sifat baik emas yang satu ini. Lain dengan barang elektronik, harga emas justru akan semakin tinggi seiring berjalannya waktu.

Inilah mengapa banyak orang zaman dahulu sering bertransaksi emas, sehingga saat mereka membutuhkannya kemudian hari, mereka dapat menjualnya dengan cepat, dan juga dengan harga yang kompetitif. Sangat menguntungkan, bukan?

Dapat Kita Beli Dengan Harga yang Tidak Memberatkan

Source : Freepik

Bagaimana tidak, Pins dapat membeli emas dengan harga 6000 rupiah saja, lho! Memang, emas dengan harga ini hanya seberat 0,001 gram saja, namun seperti kata pepatah, “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit,” dapat kamu realisasikan.

Jika kamu memiliki rezeki berlebih, kamu juga dapat memilih emas dengan berat yang lebih tinggi, misalnya 0,1 gram. Harganya pun tidak terlalu memberatkan, sebab dengan nominal berat tersebut, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 100 ribuan saja.

Investasi Tabungan Emas Tidak Mengenal Resesi

Source : Unsplash

Tidak perlu takut juga dengan ‘wabah’ resesi yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Sebab emas tetap akan naik nominal harganya. Bahkan ketika nilai saham merosot jauh, harga emas dapat dibilang stabil dan terus mengalami kenaikan.

Tentu ini akan sangat menguntungkan mereka yang sejak dini sudah menabung emas. Namun bagi masyarakat yang baru memulai pun, jangan ragu untuk meneruskannya.

Emas Juga Bebas Bunga

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Bagaimana emas dapat dikatakan bebas bunga? Ya, Pins dapat tenang ketika mencoba berinvestasi tabungan emas, sebab emas masuk dalam kategori hukum syariah. Hukum syariah ini berarti Pins tidak perlu khawatir akan pemotongan nilai harga emas.

Terlebih lagi, kamu dapat mencairkan tabungan emas ini sesuai dengan nominal yang kamu miliki di tabungan.

Banyak juga bukan, keuntungan dalam menabung recehan emas?

Tapi, banyak tahu tentang keuntungan menabungnya pun tidak cukup. Kamu juga harus banyak tahu menahu soal tips investasi tabungan emas, sebab dengan begitu, kamu akan cepat merasakan banyak keuntungannya.

Kendati demikian, ada pula beberapa kekurangan dari kegiatan investasi ini. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Investasi Crypto Saat Resesi

Kekurangan Investasi Tabungan Emas

investasi tabungan emas
Source : Freepik

Terlepas dari berbagai kelebihan yang tabungan emas tawarkan, tidak dapat kita pungkiri bahwa ada juga kelemahan dari kegiatan ini. Namun jangan salah, sebab kekurangan selalu hadir untuk kita selalu awas dengan langkah yang akan kita ambil.

Berikut kekurangan investasi tabungan emas yang harus Pins waspadai.

Terdapat Biaya Administrasi Serta Penitipan

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Meskipun di pembahasan sebelumnya menabung emas dapat bebas dari bunga, namun kita tidak bisa lepas dari biaya administrasi. Memang terdengar mengecewakan, namun hal ini dapat Pins jadikan sarana untuk terus memacu tujuan kamu menabung emas.

Semakin besar emas yang kamu tabung, semakin tidak terasa biaya administrasi serta penitipan yang terpotong secara otomatis dari saldo tabungan kamu.

Baca juga: 5 Pola Trading Candlestick yang Berpotensi Cuan

Tidak Dapat Berperan Sebagai Investasi Jangka Pendek

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Apabila Pins tiba-tiba ingin mencairkan uang, Pins tidak dapat mengandalkan tabungan emas ini. Sebab, tabungan emas merupakan bentuk investasi jangka panjang, sehingga hanya akan terasa keuntungannya setelah waktu yang lama.

Oleh sebab itu, tabungan emas akan lebih cocok bagi mereka yang ingin menyimpan dana pensiun atau dana darurat.

3 Tips Investasi Tabungan Emas yang Dapat Kamu Praktikkan

investasi tabungan emas
Source : Pixabay

Ketika kamu sudah mulai menyadari bahwa investasi tabungan emas cukup berguna dan menguntungkan, ada baiknya jika kamu mulai mencari tips yang sesuai.

Sekarang, Pinhome ingin berbagi tips untuk berinvestasi tabungan emas yang cukup populer di berbagai kalangan, termasuk kaum muda mudi. Kira-kira apa saja tipsnya? Yuk segera simak poin-poinnya di bawah ini!

Pastikan Tujuan Sebelum Menabung Emas

investasi tabungan emas
Source : Freepik

Tidak jarang orang melupakan tujuan utama ketika berambisi mengumpulkan sesuatu. Ketika sudah tenggelam dalam mendapatkan sesuatu, terkadang orang lambat laun melupakan tujuan utamanya.

Nah, jangan sampai Pins juga kehilangan arah tujuan utama saat Pins mulai berinvestasi pada emas, ya!

Kamu harus bisa menemukan tujuan penting dan positif saat jual beli emas, misalnya saja kamu melakukannya untuk mengejar kesempatan bersekolah lebih tinggi. Dengan begitu, hasil yang kamu dapatkan tidak akan berujung penyesalan.

Pastikan Untuk Membeli Emas di Tempat Aman

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Membeli emas di tempat aman dan terpercaya juga pastinya akan memudahkan kamu. Jika pada kondisi tertentu kamu harus menyertakan sertifikat emas resmi, misalnya saat menjualnya, kamu tidak perlu lagi kebingungan.

Karena itu, pastikan Pins selalu mengandalkan rekening tabungan emas resmi atau gerai penjualan emas yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Seandainya Pins menemukan emas dengan harga menarik di e-commerce, pastikan Pins sudah menanyakan secara rinci mengenai kelengkapan dokumen emas tersebut.

Jangan Lupa Untuk Selalu Pantau Harga Emas

investasi tabungan emas
Source : Unsplash

Ketika sudah memutuskan untuk berinvestasi emas, pastinya kamu tidak boleh melewatkan perkembangan harga emas. Tidak jarang emas secara tiba-tiba melonjak tinggi, sehingga kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk segera menjualnya.

Sebab ada kalanya, meskipun jarang, harga emas dapat merosot. Namun jika Pins bisa bersabar, ada baiknya juga untuk menyimpannya dalam jangka panjang, seperti 5 hingga 10 tahun kedepan untuk berjaga-jaga.

Bagaimana Pins? Apakah kamu sudah dapat menentukan kapan kamu akan mulai investasi tabungan emas?

Baca juga: Apa itu CAGR? Simak Pengertian, Jenis, dan Cara Hitungnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Bumi Cikal Kasih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download