BlogPemilik PropertiFinansial4 Manfaat dan Kelebihan Pasar Uang untuk Jangka Panjang
0
0

4 Manfaat dan Kelebihan Pasar Uang untuk Jangka Panjang

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat dan Kelebihan Pasar Uang untuk Jangka Panjangtop-right-banner

Reksadana memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor. Bukan tanpa alasan, bentuk investasi satu ini menawarkan profit yang angkanya cukup besar. Reksadana pasar uang untuk jangka panjang menjadi salah satu bentuk investasi reksadana yang cukup tinggi peminatnya, termasuk untuk para investor pemula yang baru ingin memulai investasi.

Reksadana pasar uang sendiri menjadi instrumen investasi yang pas untuk para investor konservatif, jenis investor yang lebih memilih investasi tanpa risiko tinggi. Pasalnya, reksadana pasar uang memang cenderung lebih rendah risiko dan menawarkan potensi profit yang relatif lebih stabil.

Baca juga: 5 Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah!

Mengenal Reksadana Pasar Uang

Source : Freepik

Reksadana pasar uang merupakan bentuk investasi reksadana dengan alokasi portofolio sepenuhnya untuk instrumen pasar uang. Ini termasuk semua surat utang dengan waktu kurang dari satu tahun.

Anggaran pada bentuk investasi ini sepenuhnya akan dimanfaatkan untuk menjaga likuiditas dan memelihara modal. Selanjutnya, seorang Manajer Investasi yang telah terlatih dan profesional akan bertugas untuk mengelola semua dana yang ada.

Bagi para investor, reksadana pasar uang menjadi pilihan investasi yang cukup menarik, terutama apabila tidak ingin merasakan tingginya fluktuasi pasar. Selain itu, reksadana pasar uang untuk jangka panjang juga pas bagi para investor yang senang dengan investasi minim risiko. 

Manfaat Reksadana Pasar Uang

Source : Freepik

Sebagai salah satu bentuk investasi reksadana dengan peminat yang cukup tinggi, reksadana pasar uang hadir dengan banyak manfaat, antara lain:

  • Menjadi instrumen investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Para investor bisa memulainya dengan Rp50 ribu, atau bahkan Rp10 ribu.
  • Memiliki kemungkinan profit yang lebih besar daripada deposito dan tabungan.
  • Pengelolaan dana secara profesional oleh seorang Manajer Investasi yang pastinya ahli dan berpengalaman.
  • Menjadi bentuk investasi yang lebih efisien dalam hal waktu. Sebab, para investor tidak harus melakukan analisis investasi maupun administrasi.
  • Bersifat diversifikasi, karena dana sepenuhnya terbagi ke banyak pilihan instrumen.
  • Memiliki keuntungan dalam hal perpajakan. Sebab, pengembalian dari investasi reksadana tidak masuk dalam kategori objek pajak.
  • Merupakan bentuk investasi likuid yang bisa para investor cairkan kapan saja pada pekan bursa.
  • Bersifat transparan, karena pemantauan data kepemilikan maupun perkembangan NAB yang sangat mudah dan bisa para investor lakukan kapan saja.

Baca juga: Resiko Reksadana Pasar Uang yang Perlu Dipahami

Kelebihan Reksadana Pasar Uang

Memang benar, reksadana pasar uang untuk jangka panjang menjadi pilihan investasi yang lebih menarik daripada bentuk investasi lainnya. Setiap pilihan investasi pasti ada untungnya, ada pula risikonya. Akan tetapi, kalau kamu berminat untuk berinvestasi pada reksadana pasar uang, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

Minim risiko

Source : Freepik

Keuntungan paling pertama adalah reksadana pasar uang menjadi pilihan investasi minim risiko. Bahkan, jenis reksadana ini terbilang paling rendah risikonya daripada bentuk investasi lainnya.

Selain itu, reksadana pasar uang juga mempunya tingkat fluktuasi yang lebih stabil, sehingga tidak akan terlalu besar pengaruhnya saat terjadi gejolak pada pasar modal. Kamu dan para investor lain tetap dapat memperoleh potensi profit dari bentuk investasi ini bahkan ketika terjadi fluktuasi pada pasar modal.

Investasi ini sangat pas untuk para investor konservatif. Kamu tidak perlu cemas akan terjadi fluktuasi tinggi, sehingga anggaran pokok yang kamu investasikan akan lebih terjaga. Meski begitu, kamu juga perlu memahami kalau semakin rendah tingkat risiko investasi, kemungkinan hasil yang kamu dapatkan juga tidak akan besar.

Tingkat likuiditas yang tinggi

Source : Freepik

Keuntungan selanjutnya dari memilih reksadana pasar uang untuk jangka panjang adalah tingkat likuiditasnya yang terbilang tinggi. Saat terjadi ketidakstabilan pada pasar modal, kamu tetap dapat melakukan pencairan dana. 

Investasi reksadana pasar uang juga tidak sama dengan deposito. Sebab, kamu tidak akan mendapat penalti saat mencairkan dana. Keunggulan ini pastinya membuat kamu tidak perlu lagi cemas apabila perlu melakukan pencairan dana sewaktu-waktu. 

Meski begitu, tak sedikit pula investor yang memilih untuk melakukan pencarian saat telah mencapai profit yang maksimal.

Jangka waktu lebih fleksibel

Source : Freepik

Hal menarik lain dari reksadana pasar uang adalah jangka waktu yang lebih fleksibel. Kamu bisa berinvestasi dalam instrumen ini baik untuk jangka pendek maupun panjang. Saat memilih untuk berinvestasi jangka pendek, kamu juga bisa menarik dana setiap saat.

Namun, semakin cepat kamu melakukan pencairan dana, tentu semakin kecil kemungkinan kamu mendapatkan keuntungan. Inilah sebabnya, para investor lebih memilih investasi reksadana pasar uang untuk jangka panjang. 

Baca juga: Ini Letak Perbedaan Reksadana dan Saham Untuk Investasi

Bukan merupakan objek pajak

Source : Freepik

Menjadikan reksadana pasar uang sebagai pilihan investasi juga membuat kamu bisa mendapat keuntungan yang tidak kena pajak. Pasalnya, profit dari investasi reksadana memang bukan merupakan objek pajak, sehingga kamu akan mendapat profit utuh. Inilah kelebihan lain dari reksadana pasar uang yang sangat menarik.

Itu tadi manfaat dan kelebihan reksadana pasar uang untuk jangka panjang yang perlu kamu ketahui, Pins. Setiap bentuk investasi akan memberikan keuntungan, tetapi selalu ada risiko yang perlu kamu waspadai, sekecil apapun risikonya. 

Jadi, cermatlah dalam memilih instrumen investasi, sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga bisa lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Tanjung Banjar Arum Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download