Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Ingin Kamar Mandi Terlihat Minimalis? Pilih Model Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Tips Properti

Ingin Kamar Mandi Terlihat Minimalis? Pilih Model Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Untuk membuat kamar mandi yang nyaman dan terlihat minimalis, ada hal yang harus kamu perhatikan, Pins. Tidak cukup dengan hanya tema atau desain, namun kamu juga harus memperhatikan pemilihan model keramik. Model keramik yang tepat akan membuat kamar mandi kita terlihat lebih indah. Apalagi, kamar mandi tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri tetapi juga digunakan sebagai tempat untuk memanjakan diri dari aktivitas seharian yang melelahkan.

Pemilihan model keramik yang tepat akan memudahkan Pins untuk menyesuaikan dengan interior kamar mandi yang sudah diterapkan. Pins harus teliti dalam menentukan model ini karena akan mempengaruhi ketepatan atau kesesuaian keramik saat dipadankan dengan tema kamar mandi. Bahkan pemilihan ini akan mempengaruhi suasana dalam ruangan kamar mandi.

Oleh karena itu, yuk Pins cek artikel berikut bagaimana memilih model keramik yang tepat.

1. Jenis Kamar Mandi
Pada saat memilih keramik yang akan digunakan, Pins harus memastikan bahwa kamar mandi yang Pins akan buat termasuk dalam kamar mandi tipe apa, karena tipe kamar mandi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering yang juga akan berpengaruh terhadap ketepatan dalam memilih keramik.

Kamar mandi basah biasanya selalu dalam kondisi basah atau lembab dari cipratan air bak mandi dan wc jongkok. Kamar mandi dengan shower dan toilet tanpa pembatas juga dianggap sebagai kamar mandi basah. Sedangkan kamar mandi kering umumnya terdiri dari toilet duduk dan ada pembatas antara shower atau bathub seperti panel kaca, tirai atau tembok sehingga lantai akan dalam keadaan kering.

2. Ukuran dan Ragam Keramik
Lantai keramik kamar mandi umumnya dibuat dalam berbagai macam baik ukuran, bentuk, maupun motif. Di mana ukuran yang paling umum digunakan adalah 20×20 cm, 25×25 cm, atau 30×30 cm. Keramik kamar mandi memiliki permukaan yang cenderung kasar agar tidak licin.

Selain ukuran, keramik juga dikelompokkan ke dalam berbagai ragam mulai dari KW 1, KW 2, hingga KW 3. Sesuai dengan kualitas, harganya pun dibedakan. Sehingga pastikan agar Pins memilih keramik sesuai dengan anggaran, kebutuhan dan selera Pins.

3. Cocokkan Keramik dengan Tema dan Warna Kamar Mandi
Dalam memilih keramik kamar mandi selanjutnya, cocokkan motif keramik dengan tema dan warna kamar mandi yang Pins pilih. Sehingga tema kamar mandi yang sudah dirancang tidak hilang.

Misalnya jika Pins dari awal membangun rumah dengan desain minimalis, maka desain dan tema kamar mandi pun sebaiknya menyesuaikan dengan warna minimalis yang biasanya netral dan sederhana seperti putih, abu, maupun warna-warna pastel.

4. Memilih Warna Satu Tone
Untuk memberikan kamar mandi yang terkesan minimalis, Pins bisa bermain dengan warna yang memiliki tone yang sama. Pilihlah warna-warna netral seperti warna putih, hitam, atau warna-warna yang cerah yang dapat menetralkan suasana.

5. Eksplorasi Bentuk Keramik
Apabila pada umumnya orang akan memilih persegi, Pins dapat mencoba dengan bentuk lainnya seperti persegi panjang atau persegi delapan. Hal ini juga akan memunculkan kesan minimalis yang tidak seperti biasanya dan akan memberikan variasi sambungan keramik yang lebih baik dan unik.

6. Pilih Keramik Berukuran Besar
Selain cocokkan dengan warna, ukuran juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam visualisasi kamar mandi. Pada kenyataannya, ukuran keramik yang kecil akan memberikan efek memotong ruangan. Namun sebaliknya, apabila memasang keramik berukuran besar akan mengurangi garis yang muncul di permukaan lantai sehingga membuat kamar mandi yang minimalis terkesan luas. Jika memungkinkan, pasanglah keramik tersebut di keseluruhan ruang kamar mandi, Pins.

7. Pasang Hingga Atas
Hal lain yang Pins bisa lakukan untuk memberikan kesan minimalis adalah dengan memasang keramik mulai dari dinding hingga menyentuh langit-langit. Untuk referensi, Pins bisa memilih keramik yang memiliki permukaan mengkilap sehingga mampu memantulkan cahaya alami di kamar mandi.


Itulah beberapa trik dalam membuat kamar mandi terlihat minimalis. Dengan memilih keramik kamar mandi yang tepat, Pins dapat membuat suasana kamar mandi menjadi nyaman.

Baca juga: 7 Desain Keramik Kamar Mandi Yang Tren Di Tahun 2020

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel