7 Tips Memilih Model Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Untuk membuat kamar mandi yang nyaman dan terlihat minimalis, ada hal yang harus kamu perhatikan, Pins. Tidak cukup dengan hanya tema atau desain, namun kamu juga harus memperhatikan pemilihan model keramik. 

Model keramik yang tepat akan membuat kamar mandi kita terlihat lebih indah. Apalagi, kamar mandi tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri tetapi juga digunakan sebagai tempat untuk memanjakan diri dari aktivitas seharian yang melelahkan.

Pinhome – Pemilihan model keramik yang tepat akan memudahkan Pins untuk menyesuaikan dengan interior kamar mandi yang sudah diterapkan. Pins harus teliti dalam menentukan model keramik kamar mandi ini, karena akan mempengaruhi ketepatan atau kesesuaian keramik saat dipadankan dengan tema kamar mandi. Bahkan pemilihan ini akan mempengaruhi suasana dalam ruangan kamar mandi.

Oleh karena itu, yuk Pins cek artikel berikut bagaimana memilih model keramik kamar mandi yang tepat.

1. Jenis Kamar Mandi

Pada saat memilih keramik yang akan digunakan, Pins harus memastikan bahwa kamar mandi yang Pins akan buat termasuk dalam kamar mandi tipe apa, karena tipe kamar mandi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering yang juga akan berpengaruh terhadap ketepatan dalam memilih keramik.

Kamar mandi basah biasanya selalu dalam kondisi basah atau lembab dari cipratan air bak mandi dan wc jongkok. Kamar mandi dengan shower dan toilet tanpa pembatas juga dianggap sebagai kamar mandi basah. Sedangkan kamar mandi kering umumnya terdiri dari toilet duduk dan ada pembatas antara shower atau bathub seperti panel kaca, tirai atau tembok sehingga lantai akan dalam keadaan kering.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Batako

Model keramik kamar mandi
(Pixabay)

2. Ukuran dan Ragam Keramik

Lantai keramik kamar mandi umumnya dibuat dalam berbagai macam baik ukuran, bentuk, maupun motif. Di mana ukuran yang paling umum digunakan adalah 20×20 cm, 25×25 cm, atau 30×30 cm. Keramik kamar mandi memiliki permukaan yang cenderung kasar agar tidak licin.

Selain ukuran, keramik juga dikelompokkan ke dalam berbagai ragam mulai dari KW 1, KW 2, hingga KW 3. Sesuai dengan kualitas, harganya pun dibedakan. Sehingga pastikan agar Pins memilih keramik sesuai dengan anggaran, kebutuhan dan selera Pins.

Baca juga: Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

3. Cocokkan Keramik dengan Tema dan Warna Kamar Mandi

Dalam memilih keramik kamar mandi selanjutnya, cocokkan motif keramik dengan tema dan warna kamar mandi yang Pins pilih. Sehingga tema kamar mandi yang sudah dirancang tidak hilang.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi Apartemen

Misalnya jika Pins dari awal membangun rumah dengan desain minimalis, maka desain dan tema kamar mandi pun sebaiknya menyesuaikan dengan warna minimalis yang biasanya netral dan sederhana seperti putih, abu, maupun warna-warna pastel.

4. Memilih Warna Satu Tone

Model keramik kamar mandi
(Pixabay)

Untuk memberikan kamar mandi yang terkesan minimalis, Pins bisa bermain dengan warna yang memiliki tone yang sama. Pilihlah warna-warna netral seperti warna putih, hitam, atau warna-warna yang cerah yang dapat menetralkan suasana.

Baca Juga: Desain Teras Rumah Terbaru dan Terkini

5. Eksplorasi Bentuk Keramik

Apabila pada umumnya orang akan memilih persegi, Pins dapat mencoba dengan bentuk lainnya seperti persegi panjang atau persegi delapan. Hal ini juga akan memunculkan kesan minimalis yang tidak seperti biasanya dan akan memberikan variasi sambungan keramik yang lebih baik dan unik.

Baca Juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

6. Pilih Keramik Berukuran Besar

Selain cocokkan dengan warna, ukuran juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam visualisasi kamar mandi. Pada kenyataannya, ukuran keramik yang kecil akan memberikan efek memotong ruangan. Namun sebaliknya, apabila memasang keramik berukuran besar akan mengurangi garis yang muncul di permukaan lantai sehingga membuat kamar mandi yang minimalis terkesan luas. Jika memungkinkan, pasanglah keramik tersebut di keseluruhan ruang kamar mandi, Pins.

Baca Juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu yang Unik dan Kekinian

7. Pasang Hingga Atas

Hal lain yang Pins bisa lakukan untuk memberikan kesan minimalis adalah dengan memasang keramik mulai dari dinding hingga menyentuh langit-langit. Untuk referensi, Pins bisa memilih keramik yang memiliki permukaan mengkilap sehingga mampu memantulkan cahaya alami di kamar mandi.

Itulah beberapa trik dalam membuat kamar mandi terlihat minimalis. Dengan memilih model keramik kamar mandi yang tepat, Pins dapat membuat suasana kamar mandi menjadi nyaman.

Baca Juga: 9 Perbandingan Dinding Batu Bata dan Batako

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia