BlogPemilik PropertiDesain HunianMenghitung Kebutuhan Batako Ukuran Standar
0
0

Menghitung Kebutuhan Batako Ukuran Standar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengetahui jumlah kebutuhan batako untuk dinding rumah sangat penting terutama ketika kamu ingin melakukan renovasi. Misalnya kamu ingin melakukan Titip Jual Sewa Rumah untuk rumah second di Kota Mojokerto. Dengan tahu berapa kebutuhan materialnya, kemungkinan biaya membengkak tidak akan terjadi. Kamu masih tetap cuan ketika menjual rumah.

Lewat Pinhome, kamu juga bisa menemukan perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama. Melalui fitur pencariannya dapat pula menemukan properti dekat sarana publik misalnya SMAN 1 Pekanbaru.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako

Source : Pxhere

Menghitung kebutuhan batako dan batu bata per m2 dapat dilakukan dengan cara mencari jumlah bata atau batako yang terpasang pada dinding dengan satuan luas m2. Untuk menghitungnya dapat dilakukan dengan cara membuat gambar pasangan dinding atau melakukan uji coba secara langsung di lapangan.

Kali ini kita akan buatkan contoh cara menghitung kebutuhan batako untuk dinding rumah jika memakai ukuran batako standar. Caranya yaitu Pins harus mencari info terlebih dahulu berapa ukuran standar satu buah batako.

Sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran panjang dan lebar batu bata yang akan dihitung jumlah kebutuhannya setiap meter persegi. Namun, jika ingin menghitung per meter kubik maka diperlukan data tinggi batu bata untuk menghitung volumenya.

Dari sana Pins bisa tahu berapa batako yang diperlukan untuk membuat 1 m persegi dinding. Selanjutnya Pins hitung berapa volume m2 dinding rumah yang mau dipasang. Terakhir Pins kalikan jumlah batako dalam 1 m persegi dinding dengan luas dinding maka didapatkan kebutuhan totalnya.

Baca juga: Model Rumah Batako Unik dengan Sentuhan Alam yang Menyejukkan

Ukuran Batako Standar

Ukuran batako standar
Source : Unsplash

Ada bermacam alternatif material dinding yang bisa digunakan. Ada batu bata, bata putih, batako serta bahan bangunan lainya. Material bangunan ini tentu memiliki fungsi yang penting dalam mendirikan bangunan. Selain itu, ada cara menghitung batako sebagai material bangunan tersebut.

Secara umum, ukuran batako standar di pasaran berbentuk balok persegi. Ukurannya yaitu panjang x tinggi x tebal = 40cm x 20cm x 10cm. Standar batako berukuran lainnya ada pula yang mempunyai panjang 20 cm, tinggi 5 cm, dan tebal 10 cm yang lebih kecil serta padat.

Batako ukuran standar biasanya berlubang di bagian tengah. Tujuannya adanya lubang sebagai pengikat adukan sekaligus penghematan.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Ukuran Dinding 1 Meter Persegi

Kebutuhan batako
Source : Unsplash

Rumus yang digunakan dalam menghitung jumlah kebutuhan batako untuk dinding rumah bisa menggunakan pedoman di bawah ini:

  • Apabila luas satu buah batako yaitu 0,4 m x 0,2 m = 0,08.
  • Dalam satu meter persegi ada 1/0,08 = 12,5 buah.
  • Jika dikurangi luasan spesi adukan jadi ada 11 buah.

Ukuran Dinding 30 x 3.5 Meter

Menghitung jumlah yang diperlukan
Source : Unsplash

Misalnya Pins akan memasang dinding rumah sepanjang 30 m dengan ketinggian 3,5 m, maka Pins memerlukan berapa banyak batako dengan ukuran batako standar?

  • Volume luas dinding = panjang x lebar = 30 m x 3,5 m = 105 m2.
  • Kebutuhan batako per m2 = 11 buah
  • Total keperluan batako = 105 m2 x 11 buah = 1155 buah.
  • Ditambah cadangan 3% x 1155 = 34,7bh ( ini untuk jaga-jaga kalau ada yang pecah, hilang, atau masalah lainnya.
  • Totalnya 1155 buah + 34,7 buah = 1190 buah, dibulatkan menjadi 1200 buah

Jadi kita memerlukan batako sebanyak 1200 buah, jika harga per buah Rp.5000 maka total anggaran yang diperlukan sebesar 5rb x 1200 = Rp6.000.000.

Contoh untuk batu bata ukuran tebal 10 cm x lebar 5 cm x panjang 20 cm dapat dibuat gambar pemasangan dinding batu bata ukuran 1 m x 1 m seperti pada gambar pasangan batu bata dan batako di atas.

Ukuran Batu Bata 5cm x 10cm x 20cm

Source : Batamerahgarut

Pada gambar diatas pasangan dinding dengan jarak spesi adukan antar bata 2 cm, jumlah batu bata utuh adalah 56 buah sedangkan yang setengah bata ada 14 buah dan jika digunakan satu bata utuh adalah 7 buah, jadi jumlah kebutuhan batu bata per m2 adalah 56 bh + 7 bh = 63 bh. Harga batu bata per buah adalah +/- Rp 300.

Ukuran Batako 10cm x 20cm x 40cm

Source : Pexels

Pada gambar di atas batako dipasang dengan jarak spesi adukan 2 cm, jumlah batako utuh ada 8 bh sedangkan batako terpotong apabila digabungkan ada 3 bh maka kebutuhan batako per m2 adalah 8 bh + 3 bh = 11 bh. Harga batako per buah adalah +/-  Rp 1500.

Untuk material lainya dengan ukuran berbeda seperti selcon atau batu bata yang dipesan dengan ukuran khusus. Maka dapat dihitung dengan langkah seperti diatas. 

Untuk mengetahui total kebutuhan batu bata pada sebuah rumah maka dapat dihitung dengan cara mengalikan jumlah batu bata per m2 dengan volume luas total pasangan batu bata. 

Misalnya suatu dinding ukuran panjang 9 m setinggi 3 m berarti mempunyai luas 27 m2 maka kebutuhan batu bata untuk dinding tersebut adalah 27 m2 x 63 bh = 1701 bh. 

Cukup mudah bukan cara mengetahui jumlah kebutuhan batako untuk dinding rumah yang memakai ukuran batako standar? Secara umum rumus dan alur perhitungan ini juga diperlukan untuk batu bata dan celcon atau bata putih.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download