Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Menghitung Kebutuhan Batako Jika Memakai Ukuran Batako Standar

Menghitung Kebutuhan Batako Jika Memakai Ukuran Batako Standar

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Saat ini ada bermacam alternatif material dinding yang bisa digunakan. Ada batu bata, bata putih, batako serta bahan bangunan lainya.

Pinhome – Kali ini kita akan buatkan contoh cara menghitung kebutuhan batako untuk dinding rumah jika memakai ukuran batako standar. Caranya yaitu Pins cari info terlebih dahulu berapa ukuran standar satu buah batako.

Dari sana Pins bisa tahu berapa batako yang diperlukan untuk membuat 1m2 dinding. Selanjutnya Pins hitung berapa volume m2 dinding rumah yang mau dipasang. Terakhir Pins kalikan jumlah batako dalam 1m2 dengan luas dinding maka didapatkan kebutuhan totalnya. beginilah penjelasan lebih rincinya.

Baca juga: Model Rumah Batako Unik dengan Sentuhan Alam yang Menyejukkan

Ukuran Batako Standar

Ukuran batako standar
(Unsplash)

Secara umum, ukuran batako standar di pasaran berbentuk balok persegi. Ukurannya yaitu panjang x tinggi x tebal = 40cm x 20cm x 10cm. Didalamnya biasanya diberi lobang sebagai pengikat adukan sekaligus penghematan.

Baca Juga: Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Kebutuhan 1m2 dengan Ukuran Batako Standar

Kebutuhan batako
(Unsplash)

Luas satu buah batako yaitu 0,4 m x 0,2 m = 0,08. Dalam satu meter persegi ada 1/0,08 = 12,5 buah. Jika dikurangi luasan spesi adukan jadi ada 11 buah. Penjelasan lebih detailnya mengenai hal ini bisa dibaca Pins pada artikel yang berjudul “menghitung kebutuhan bata batako per m2“.

Di artikel tersebut juga diberikan ilustrasi gambarnya agar Pins lebih mudah dalam membayangkan.

Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Dinding Rumah

Menghitung jumlah yang diperlukan
(Unsplash)

Misalnya Pins akan memasang dinding rumah sepanjang 30 m dengan ketinggian 3,5 m, maka Pins memerlukan berapa banyak batako dengan ukuran batako standar?

  • Volume luas dinding = panjang x lebar = 30 m x 3,5 m = 105 m2.
  • Kebutuhan batako per m2 = 11bh buah
  • Total keperluan batako = 105 m2 x 11 bh = 1155 buah.
  • Ditambah cadangan 3% x 1155 = 34,7bh ( ini untuk jaga-jaga kalau ada yang pecah, hilang, atau masalah lainnya.
  • Totalnya 1155 buah + 34,7 buah = 1190 buah, dibulatkan menjadi 1200 buah

Jadi kita memerlukan batako sebanyak 1200 buah, jika harga per buah Rp.5000 maka total anggaran yang diperlukan sebesar 5rb x 1200 = Rp.6.000.00 terbilang (Enam Juta Rupiah).

Baca Juga: Kelebihan Batu Bata Untuk Membangun Rumah

Cukup mudah bukan cara mengetahui jumlah kebutuhan batako untuk dinding rumah yang memakai ukuran batako standar? Secara umum rumus dan alur perhitungan ini juga diperlukan untuk batu bata dan celcon atau bata putih.

Hanya ukuran per buahnya saja yang berbeda sehingga kebutuhan per 1m2 juga berlainan, demikian penjelasan sederhana ini semoga berguna bagi Pins yang ingin membangun rumah.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Pesona Remboelan Serpong di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel