BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiSimak! Harga Sewa Apartemen di Singapura Per Bulan Kian Melejit
0
0

Simak! Harga Sewa Apartemen di Singapura Per Bulan Kian Melejit

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Singapura terkenal sebagai pusat keuangan global, pusat bisnis, dan destinasi pariwisata yang menarik. Namun, kepopulerannya juga mempengaruhi harga sewa apartemen di negara ini. Dalam beberapa tahun terakhir, harga sewa apartemen di Singapura mengalami peningkatan yang signifikan, mempengaruhi tingkat kesulitan bagi warga lokal maupun pekerja migran yang mencari tempat tinggal. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan harga sewa apartemen di Singapura per bulan.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Fasad Roster yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Faktor yang Membuat Harga Sewa Apartemen Naik

Sejak beberapa tahun terakhir, pasar properti di Singapura mengalami lonjakan harga yang cukup mencolok. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya:

Source : Pixabay

1. Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu faktor utama yang berperan dalam kenaikan harga sewa apartemen di kota ini adalah pertumbuhan ekonomi yang cepat dan dinamis. Pertumbuhan ini, yang ditandai dengan berkembangnya berbagai industri dan bisnis, telah menarik aliran masuk tenaga kerja asing dalam jumlah yang signifikan. 

Akibatnya, permintaan terhadap tempat tinggal, khususnya apartemen, meningkat drastis. Sementara itu, penawaran apartemen tidak mampu mengimbangi lonjakan permintaan ini, sehingga mengakibatkan lonjakan harga sewa. 

Fenomena ini mencerminkan ketidakseimbangan antara permintaan yang tinggi dan ketersediaan unit hunian yang terbatas, yang menjadi tantangan tersendiri bagi kota dalam mengelola pertumbuhannya.

2. Persewaan Properti

Faktor lainnya juga dikarenakan pasar persewaan properti di Singapura telah cukup lama dikuasi oleh orang asing karena sebagian besar penduduk Singapura 5,6 juta penduduk telah membeli rumah umum yang bersubsidi.

3. Kebiasaan Anak Muda

Selain itu terdapat juga faktor lainnya yang juga cukup menarik kenapa sewa properti di Singapura jadi meningkat drastis. Akhir-akhir ini terdapat kebiasaan anak muda Singapura yang memutuskan pergi tidak tinggal lagi bersama orang tua dan memilih tinggal di apartemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa generasi Z saat ini mempunyai pola pikir yang berbeda dengan generasi Y.

Generasi Z cenderung ingin tinggal sendiri, bebas, dan mempunyai privasi penuh lepas dari orang tua. Hal ini yang membuat banyak generasi Z di Singapura memutuskan untuk menyewa properti apartemen sehingga permintaan sewa properti semakin tinggi.

4. Terbatasnya Tenaga Konstruksi

Masalah lain yang muncul di tengah meroketnya sewa properti di Singapura yaitu terbatasnya tenaga konsturksi selama pandem beberapa waktu lalu membuat penundaan pembangunan properti baru ditengah permintaan akan kebutuhan properti yang terus meningkat di Singapura.

Harga sewa apartemen di Singapura per bulannya terus mengalami kenaikan. Pada Desember lalu tahun 2022, sewa kondominium naik 34,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan sewa flat Dewan Perumahan juga mengalami kenaikan sebesar 28,5 persen, menurut angkat kilat dari SRX.

Indeks Sewa URA, yang diterbitkan awal bulan ini, menunjukan peningkatan harga sewa rumah hampir sebesar 30 persen jika dibandingkan tahun lalu dan menjadi kenaikan yang paling tinggi dalam 15 tahun kebelakang.

5. Lokasi

Source : Pixabay

Harga sewa apartemen di Singapura per bulan juga sangat dipengaruhi oleh lokasi. Area pusat seperti Orchard Road, Marina Bay, dan Bugis cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena dekat dengan pusat bisnis dan pusat perbelanjaan utama. Di sisi lain, daerah yang lebih jauh dari pusat memiliki harga yang lebih terjangkau, meskipun biasanya juga membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama.

Biaya Sewa Apartemen di Singapura

Berbeda dengan biaya sewa apartemen yang ada di Indonesia, biaya sewa apartemen di Singapura termasuk salah satu yang paling tinggi harganya. Berikut ini rinciannya:

Biaya Sewa ApartemenHarga dalam RupiahHarga dalam SGD
Apartemen 1 KamarRp. 33.308.375 – Rp.45.492.4092.906 SGD – 3.969 SGD
Apartemen 3 KamarRp. 59.682.281 – Rp. 92.589.4895.207 SGD – 8.078 SGD

Faktor-faktor Penentu Harga

Source : Pixabay

Berikut ini beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga sewa apartemen di Singapura per bulan antara lain:

1. Ukuran dan Fasilitas: Apartemen dengan ukuran yang lebih besar dan fasilitas mewah seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan aksesibilitas yang baik cenderung memiliki harga sewa yang lebih tinggi.

2. Kondisi Properti: Properti yang diperbarui dan terawat dengan baik biasanya akan memiliki harga sewa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan properti yang memerlukan perbaikan. Karena tentunya jika dalam kondisi yang kurang baik, para penyewa butuh untuk mengeluarkan modal lebih untuk memperbaikinya.

3. Ketertarikan Lokasi: Lokasi yang diminati oleh banyak orang seperti dekat dengan transportasi umum, pusat perbelanjaan, atau pusat bisnis utama akan memiliki harga sewa yang lebih tinggi.

Tantangan bagi Penyewa

Source : Pixabay

Kenaikan harga sewa apartemen di Singapura telah menjadi tantangan bagi banyak orang. Baik warga lokal maupun pekerja migran sering kali harus menyesuaikan anggaran mereka atau mencari alternatif lain untuk mendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Upaya Pemerintah

Pemerintah Singapura menyadari masalah kenaikan harga sewa ini dan telah melakukan berbagai langkah untuk mengatasi hal ini. Upaya-upaya seperti pembangunan lebih banyak apartemen sewa subsidi, pengaturan pasar properti, dan kebijakan terkait sektor properti telah diimplementasikan untuk mencoba mengendalikan kenaikan harga.

Itu dia penjelasan tentang harga sewa apartemen di Singapura per bulannya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download