BlogPemilik PropertiFungsi Talang Air Rumah dan Cara Memasangnya dengan Benar
0
0

Fungsi Talang Air Rumah dan Cara Memasangnya dengan Benar

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi talang air.top-right-banner

Setiap bagian dari rumah memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan dan kenyamanan hunian, termasuk detail-detail kecil seperti talang air. Dalam konteks ini, fungsi talang air rumah menjadi elemen krusial yang seringkali terlupakan namun memiliki dampak signifikan terhadap integritas struktural bangunan.

Sebagian besar orang mungkin meremehkan peran talang air, tetapi sebenarnya, talang air tidak hanya berfungsi sebagai aksesori dekoratif belaka. Melalui artikel ini, terdapat ulasan lebih lanjut tentang fungsi penting talang air rumah dan panduan langkah demi langkah dalam pemasangannya agar dapat beroperasi dengan optimal.

Dan sebelum melanjutkan pembahasan ini, perlu diketahui Rumah Ekslusif yang direkomendasikan salah satunya adalah Avoria Estate. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang atau rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: Cara Membuat Ukuran Talang Cor Beton yang Ideal dan Aman

Apa Saja Fungsi Talang Air Rumah?

Fungsi talang air rumah.
Source : Freepik

Talang air rumah adalah sistem saluran air yang dipasang di sekitar tepi atap rumah untuk mengumpulkan dan mengalirkan air hujan ke tempat yang ditentukan. Fungsi utamanya adalah melindungi rumah dari dampak negatif air hujan, serta memberikan sejumlah manfaat lainnya seperti:

1. Melindungi Pondasi Rumah

Talang air membantu melindungi pondasi rumah terbaik dengan mengarahkan air hujan menjauh dari dasar bangunan. Tanah yang terus-menerus terkena air hujan dapat menjadi lunak atau berair, menyebabkan kerusakan pada pondasi.

Dengan mengalirkan air secara terkendali, talang air mencegah potensi keretakan dan penurunan pada struktur pondasi. Sementara itu, ada berbagai model talang air atap rumah yang bisa jadi pilihan.

2. Mencegah Terjadinya Banjir di Dalam Rumah

Saluran talang air yang baik dan terawat membantu mencegah terjadinya banjir di dalam rumah. Tanpa talang air yang efektif, air hujan dapat menumpuk di atap dan mengalir secara acak ke sekitar rumah, meningkatkan risiko air masuk ke dalam ruangan dan merusak properti di dalamnya. Namun jika rusak, ada cara memperbaiki talang air rumah yang bocor.

3. Membantu Mengendalikan Hama

Talang air yang seringkali lembab dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk dan serangga lainnya. Dengan menjaga kebersihan dan keringannya, talang air membantu mengurangi risiko pembentukan genangan air yang dapat menjadi sarang bagi hama, menjaga kesehatan lingkungan sekitar rumah.

4. Menjaga Kebersihan Eksterior Rumah

Dengan mengalirkan air hujan jauh dari dinding dan fasad rumah, talang air membantu menjaga kebersihan eksterior rumah. Ini mengurangi risiko terjadinya lumut, jamur, atau noda pada dinding, memberikan tampilan yang lebih terawat dan estetis pada bangunan.

5. Mencegah Erosi Tanah

Air hujan yang turun dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan erosi tanah di sekitar rumah. Talang air membantu mengarahkan air ke tempat yang diinginkan, mengurangi tekanan air pada tanah di sekitar rumah dan mencegah terjadinya erosi yang dapat merusak lanskap dan pekarangan.

6. Mempercantik Tampilan Rumah

Selain fungsi-fungsi praktisnya, talang air juga dapat berperan dalam mempercantik tampilan rumah. Ada berbagai desain dan bahan talang air yang dapat dipilih sesuai dengan arsitektur desaing rumah, menambahkan nilai estetika pada eksterior bangunan.

Baca juga: Ide! 10 Model Rumah dengan Talang Cor dan Lainnya

Cara Memasang Talang Air yang Benar

Cara pasang talang air rumah.
Source : Freepik

Pemasangan talang air yang benar sangat penting untuk memastikan fungsi optimalnya dalam melindungi rumah dari dampak buruk air hujan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasang talang air dengan benar:

1. Persiapan

Sebelum memulai pemasangan talang air, pastikan untuk melakukan persiapan yang memadai. Ini melibatkan pembersihan area sekitar dan memastikan atap bebas dari kotoran dan debris yang dapat menghalangi aliran air. Pastikan juga untuk memiliki akses yang aman dan stabil ke atap.

2. Pengukuran dan Perencanaan

Lakukan pengukuran dengan teliti untuk menentukan panjang talang air yang diperlukan. Penting dicatat untuk mencari informasi tentang harga talang air per meter.

Perhatikan kondisi atap dan desain rumah untuk merencanakan pengaturan talang air yang optimal. Pertimbangkan juga letak downspout (saluran pembuangan air) agar air dapat dialirkan dengan baik.

3. Peralatan dan Bahan

Pastikan untuk memiliki semua peralatan dan bahan yang diperlukan sebelum memulai pemasangan. Beberapa peralatan yang mungkin diperlukan termasuk palu, obeng, gergaji, meteran, dan tang. Bahan-bahan melibatkan talang air, penyangga talang, bracket, dan sekrup pengikat.

4. Pemasangan

  • Pasang penyangga talang di sepanjang tepi atap sesuai dengan perencanaan. Pastikan penyangga tersebut kokoh dan terpasang dengan rapi.
  • Potong talang air sesuai dengan panjang yang telah diukur. Pastikan tepi potongan rapi dan bersih.
  • Tempatkan talang air di atas penyangga dengan hati-hati. Pastikan talang terpasang dengan ketat dan tidak bergeser.
  • Pasang bracket tambahan di titik-titik penyangga talang untuk memastikan kestabilan tambahan. Gunakan sekrup untuk mengamankan talang air dan bracket ke atap.

5. Uji Coba

Uji coba fungsi talang air rumah.
Source : Freepik

Setelah pemasangan selesai, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa air dapat mengalir dengan baik melalui talang. Periksa setiap bagian untuk memastikan tidak ada kebocoran. Pastikan downspout terpasang dengan baik dan mengalirkan air ke tempat yang ditentukan.

Itulah penjelasan terkait apa saja fungsi talang air rumah. Denngan memahaminya, pemilik rumah dapat memastikan bahwa talang air beroperasi dengan optimal untuk melindungi rumah dan meningkatkan kenyamanan serta keindahan hunian.

Selain itu, pastikan mengikuti langkah-langkah pemasangan talang air dengan benar. Selamat mencoba!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download