Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Beserta Artinya

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 11, 2022 ∙ 10 menit membaca

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat? Semua orang pastinya menginginkan hal yang sama. Di dalam Islam, ada doa keselamatan dunia dan akhirat yang bisa Pins lafalkan agar selalu berada di dalam lindungan Allah SWT.

Mungkin, bagi Pins yang beragama Islam sudah tidak asing dengan doa ini. Doa keselamatan dunia dan akhirat ini menjadi salah satu doa sehari-hari yang diajarkan sejak sekolah dasar atau TPQ (Tempat Pendidikan Quran). 

Namun, seiring berjalannya waktu sebagian besar orang mungkin sudah melupakan doa ini. Walaupun begitu, ini tidak menjadi masalah besar selama kita sebagai hamba-Nya masih berusaha kembali mengingatnya atau sekadar membacanya.

Jika Pins lupa atau belum tahu doa keselamatan dunia dan akhirat, berikut ini kami sajikan bacaan doa keselamatan dunia akhirat dan artinya!

Baca juga: Ini Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab dan Artinya

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

(IndianSpice)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mungkin doa keselamatan dunia akhirat ini sudah tidak asing lagi. Doa keselamatan dunia akhirat ini menjadi salah satu doa sehari-hari, layaknya doa sebelum tidur dan bangun tidur yang diajarkan di sekolah dasar atau TPQ.

Ada banyak versi doa keselamatan, dari yang paling panjang hingga yang paling singkat. Kamu bisa pilih doa mana yang cocok untukmu, dari segi bacaan, arti, atau panjang pendek bacaan doa. Berikut ini kumpulan doa keselamatan dunia akhirat dan artinya yang bisa Pins baca.

Baca juga: Doa Agar Dimudahkan Bisa Berangkat Umrah Tiap Tahun

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Beserta Artinya

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Doa Keselamatan Dunia Akhirat dan Mohon Ampunan

doa keselamatan dunia dan akhirat
(Unsplash)

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan.”

Baca juga: Bagaimana Cara Kita Beramal Dengan Ikhlas? Yuk Simak!

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Versi Singkat

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab.

Artinya: “Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Versi Panjang

doa keselamatan dunia dan akhirat
(MuslimCreed)

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya: “Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir.” (QS. Al‐Baqarah: 286).

Baca juga: Taubatan Nasuha Artinya Sebenar-benarnya Bertaubat. Ini Penjelasannya!

Doa Selamatan dari Siksa Api Neraka

Bacaan doa selamat dari siksa api neraka ini sering disebut juga sebagai doa sapu jagat. Doa selamat dari siksa api neraka ini yang merupakan doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini bacaan doa yang bisa Pins lafalkan agar dijauhkan dari segala siksa api neraka.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Baca juga: Kumpulan Ayat Ayat Taubat di Al Quran yang Penting untuk Kita Ketahui

Doa Selamat yang Dipanjatkan Nabi Luth

Doa selamat Nabi Luth merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Luth untuk bisa mendapatkan perlindungan keselamatan dari Allah SWT. Doa ini terdapat di dalam Al-Qur’an surah Asy Syu’ara ayat 169 yang berbunyi:

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun.

Artinya: “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

Doa Selamat dari Tipu Daya Orang yang Kafir

Orang-orang kafir pada zaman dahulu berusaha untuk mengajak umat muslim untuk menuju ke jalan yang sesat. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai tipu daya serta hasutan dan juga ajakan supaya para umat muslim mengerjakan segala perbuatan yang dilarang Allah SWT.

Oleh karena itu, panjatkanlah doa selamat dari tipu daya orang yang kafir ini yang terdapat di dalam Al-Qur’an surah Yunus ayat 85 dan 86 yang berbunyi:

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmatmu dari tipu daya orang-orang yang kafir.”

Baca juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat Wajib

Doa Selamat dari Orang yang Dzalim

Selanjutnya adalah doa selamat dari orang yang dzalim, yang mana doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa untuk orang-orang yang dzalim. Doa selamat dari orang yang dzalim terdapat mat di dalam Al-Qur’an surah At Tahrim ayat 11 yang berbunyi:

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu.”

Doa Selamat dari Penguasa Dzalim

Pada zaman dahulu terdapat banyak penguasa dzalim yang menganggap dirinya adalah sebagai penguasa tunggal yang tidak mengenal Allah SWT. Doa ini dipanjatkan oleh istri dari Firaun untuk bisa mendapatkan perlindungan dari Firaun yang menjadi penguasa dzalim dan semena-mena terhadap rakyatnya. Doa selamat dari penguasa zalim terdapat di dalam Al-Qur’an surah At Tahrim ayat 11 yang berbunyi:

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Ròbbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin.

Artinya: “Wahai Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.”

Doa selamat di atas adalah termasuk doa-doa untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT supaya selalu dijaga dan juga dilindungi oleh-Nya serta dijauhkan dari siksa api neraka.

Baca juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat Wajib

Pentingnya Membaca Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

doa keselamatan dunia dan akhirat
(Risale English)

Seperti kita ketahui, bahwa Allah yang memiliki bumi dan semesta ini. Sehingga sudah sepatutnya kita harus selalu menyembah-Nya. Hanya kepada Allah kita memohon dan meminta perlindungan. Sementara itu, ada banyak hal dalam hidup yang harus kita jalani dan hadapi.

Semuanya tidak melulu menyenangkan, akan selalu ada rintangan dan ujian dalam hidup di dunia. Semua itu pada akhirnya akan mengarahkan nasib kita di akhirat nanti, apakah menjadi penghuni surga atau neraka.

Oleh karenanya, sebagai manusia yang selalu ingin merasa aman, baiknya kita pun meminta kepada Allah agar diberikan keselamatan hidup di dunia, dan dijauhkan dari perbuatan yang mengarahkan kita menuju neraka. 

Pada saat kita membaca doa selamat dunia dan akhirat berarti kita juga memohon kepada Allah untuk dimudahkan segala urusan baik itu urusan dunia ataupun urusan akhirat. Selain itu, ada juga tujuan lainnya dari memanjatkan doa ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dijauhkan dari siksa api neraka.
  • Selamat dari orang yang dzalim.
  • Selamat dari penguasa kedzaliman.
  • Dijauhkan dari berbagai bencana atau malapetaka.
  • Mendapatkan keselamatan baik di dunia dan di akhirat.
  • Dijauhkan dari tipu daya orang-orang yang kafir.

Seluruh umat muslim pasti sangat menginginkan supaya dirinya diselamatkan dari berbagai hal buruk dah juga berbagai macam kejahatan di dunia dan di akhirat. Untuk dapat memperoleh segala keberkahan dari Allah SWT. Maka semua umat muslim harus menaati segala kewajiban dan menjauhi segala larangan agama.

Waktu yang Tepat Membaca Doa Selamat Dunia Akhirat

(Pinterest)

Setiap doa dianjurkan untuk dibaca atau diamalkan kapanpun dan di manapun, sama halnya dengan amalan dari bacaan doa keselamatan dunia dan akhirat ini. Akan tetapi, ada waktu-waktu tertentu yang dapat membuat doa yang dipanjatkan mudah untuk dikabulkan.

Apabila seorang umat yang mengingatkan nama Allah SWT sekaligus juga berdoa pada waktu yang mustajab, maka ia dapat memperoleh keistimewaan. Hal tersebut dapat berasal dari dikabulkannya doa-doa yang ia panjatkan.

Pada saat itulah kamu juga dapat berdoa untuk keselamatanmu sendiri, ataupun keluarga, teman, dan yang lainnya. Adapun waktu-waktu yang baik agar doa yang kamu panjatkan dapat dikabulkan adalah sebagai berikut:

Setelah Menunaikan Shalat Lima Waktu

Terdapat banyak sekali waktu yang baik di dalam Islam yang sebenarnya setiap waktu dapat dikabulkannya doa pada setiap kali seorang umat merendahkan diri kepada Allah. Membaca doa selamat juga sangat baik dan tepat untuk dilakukan pada setiap selesai mengerjakan sholat wajib lima waktu.

Bacaan doa selamat tersebut dapat kamu letakkan pada akhir dari rangkaian doa yang kamu panjatkan setelah bacaan dzikir supaya kamu selalu ingat tentang kebesaran dan juga perlindungan dari Allah SWT.

Setelah Adzan Berkumandang

(Pinterest)

Waktu yang baik untuk memanjatkan doa selanjutnya adalah setelah adzan. Tahukah kamu bahwa setelah adzan adalah waktu yang tepat untuk berdoa, hal tersebut dikarenakan pada waktu itu dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa yang dipanjatkan.

Doa yang kita panjatkan setelah adzan sebaiknya dilafadzkan setelah membaca doa setelah adzan. Setelah itu lanjutkan lah doa untuk keselamatan dunia dan akhirat supaya kamu selalu dilindungi dan juga selalu mendapat ridho dari Allah SWT.

Setelah Melaksanakan Sholat Malam

Waktu sepertiga malam adalah waktu yang baik untuk mengerjakan salat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat serta sholat sunnah yang lainnya. Waktu sepertiga malam ini antara pukul 01:00 dini hari hingga sebelum masuknya waktu subuh.

Setelah mengerjakan sholat malam, waktu tersebut juga menjadi waktu yang mustajab untuk mendapatkan memanjatkan doa. pada waktu tersebut sangat spesial karena pada umumnya semua orang tertidur pada jam jam malam tersebut.

Waktu Malam 23 Bulan Ramadhan

Bacaan Doa Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah
(Shutterstock)

Bulan Ramadan adalah bulan terbaik dari bulan bulan yang lain. Hal tersebut dikarenakan pada bulan ini semua umat muslim di dunia diwajibkan untuk mengerjakan puasa pada bulan Ramadan. Pada bulan ini terdapat banyak sekali keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada para hamba-Nya.

Pada malam ke-23 di bulan Ramadhan diyakini bahwa setiap doa yang kita panjatkan yang berjumlah 23 akan dikabulkan apabila kamu dapat beribadah pada malam jam di waktu tersebut.

Waktu Malam Lailatul Qadar

Setiap umat muslim pastinya mengetahui dari malam Lailatul Qadar, dan jarang sekali seseorang dapat benar-benar menemui malam seribu Bulan. Seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk dapat memperoleh keistimewaan dari malam Lailatul Qadar.

Baik dengan beri’tikaf di masjid atau membaca Al-Qur’an, berdzikir serta hal-hal kebaikan yang lainnya. Apabila kamu termasuk kedalam orang yang beruntung untuk menemui malam seribu bulan, maka jangan lupa untuk melepaskan doa keselamatan dunia dan akhirat.

Itu dia pembahasan tentang bacaan doa keselamatan dunia akhirat dan artinya. Semoga bacaan ini bisa membantumu untuk berdoa memohon keselamatan. Kamu bisa membacanya sehabis sholat atau kapan saja selama kamu ingin berdoa akan keselamatanmu. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT di dunia maupun di akhirat nanti. Aamiin.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia