BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Setelah Adzan Serta Maknanya
0
0

Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Maknanya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
doa setelah azantop-right-banner

Dalam keseharian, adzan sudah menjadi panggilan untuk melaksanakan sholat wajib lima waktu. Namun, tahukah kamu? Ternyata melontarkan bacaan doa setelah adzan dan iqamah akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT.

Bacaan doa setelah adzan ini bertujuan agar Pins mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan yang dijanjikan-Nya. Mau tahu seperti apa bacaan doa setelah adzan? Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu adzan. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca juga: Bacaan Adzan, Iqomah dan Doanya

Pengertian Adzan

doa setelah adzan
Source : Republika

Pengertian adzan berarti pemberitahuan bahwa kita telah memasuki waktu sholat. Caranya ialah dengan mengumandangkan lafadz-lafadz yang mengandung makna tertentu. Tak hanya sebagai penanda waktunya sholat, setelah adzan ini Allah memberikan keistimewaan dengan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan.

Oleh karena itu, salah satu yang bisa kita amalkan ketika mendengar adzan dan Iqamah ialah membaca doa setelah Adzan dan Iqamah. Apa saja keutamaan dari doa setelah adzan dan apa saja dalil yang mendasarinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Maknanya
Source : Sirap Ilmu

Di waktu setelah adzan, Allah telah memberikan keistimewaan dengan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan sehabis adzan. Apa yang mendasarinya? Hal ini ada di dalam hadits di bawah ini. Rasulullah telah bersabda bahwa: 

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Barang siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’tshu maqamammahmudanilladzi wa\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafaat pada hari kiamat.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (H.R Bukhari)

Dari penjelasan di atas, menunjukan makna bahwa waktu di antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang baik untuk berdoa ketika doa itu akan dikabulkan. Maka dari itu, kita disunnahkan untuk memperbanyak doa pada waktu tersebut. Hal ini pun juga ada di hadist lain yang artinya:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqamah.” (H.R Abu daud, Nasa\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’i dan Tirmidzi dan ia mengatakan: hadis ini hasan lagi sahih).

Karenanya, kita bisa memanfaat waktu tersebut untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT karena doa kita tidak akan ditolak oleh-Nya. Sudah paham tentang pengertian adzan dan keutamaan doa setelah mendengar adzan? Kalau begitu, mari kita pahami seperti apa bacaan doa yang bisa kita panjatkan.

Baca juga: Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Lafal Adzan

Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Maknanya
Source : Liputan6

Berikut ini merupakan lafal adzan:

(٢x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(١x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ
(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya‘alashshalaah. (2x)
Hayya‘alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah. (1x)

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (2x)
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. (2x)
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. (2x)
Marilah Sholat. (2x)
Marilah menuju kepada kejayaan. (2x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)
Tiada Tuhan selain Allah. (1x)

Karena adzan memiliki makna yang tinggi dan mulia, setiap makhluk mendengarnya. Baik itu yang mati atau hidup, yang ghaib atau yang nyata, yang di bumi atau yang di langit semuanta tunduk  saat mendengar suara atau seruan adzan.

Semua menyaksikan kebenarannya dnegan perilaku dan cara masing-masing. Hanya syaitan durhaka yang takut dan lari saat mendengar seruan adzan, karena adzan juga bisa digunakan sebagai bacaan pengusir setan.

Baca juga: Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Menjawab Adzan

Source : Sis Hawa

Saat mendengar adzan, ada doa khusus untuk menjawab panggilan suara adzan. Oleh karena itu, aktivitas apapun yang tangah kita kerjakan (selain yang wajib) harus segera dihentikan saat mendengar adzan.

Bahkan saat kita membaca al-qur\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’an, berdzikir, wirid, semuanya harus segera dihentikan, dan menjawab adzan. Dalam keadaan apapun kita dianjurkan untuk menjawab seruan adzan. Untuk menjawab adzan sama dengan bacaan adzan itu sendiri.

Contohnya saja adalah saat muazzin mengucapkan اَللهُ اَكْبَر maka harus dijawab dengan bacaan yang sama, yakni اَللهُ اَكْبَر. Hal ini berlaku untuk semua bacaan adzan.

Namun ada 2 (dua) bacaan yang dijawab dengan bacaan yang berbeda, yakni saat muadzzin membaca حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ dan حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ maka dijawab dengan bacaaan لاحول ولاقوّة الاّ بالله (La khaula wa Laa khuwata illaa billaah).

Khusus untuk adzan shubuh, ada tambahan saat muadzzin membaca atau menyerukan الصّلاة خير من النّوم As shalaatu khairum minan naumi, maka dijawab dengan membaca \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Shadaqta wabararta wa anaa alaa dzaalika minasy syaahidiina\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Baca juga: Doa Untuk Orang Meninggal

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’aaliyatar raofii\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’ata wab\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’adtahu, innaka laa tukhliful mii\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya: \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniai nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Bacaan Doa Setelah Iqamah dan Artinya

Ada juga doa setelah iqamah yang bisa kamu panjatkan dengan singkat, yaitu sebagai berikut:

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya: \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Hikmah dari Membaca Doa Setelah Mendengar Adzan

doa setelah adzan
Source : Merdeka

Bagi umat islam, adzan merupakan tanda untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT. Karena itu, adzan diyakini memiliki keistimewaan tersendiri dibaliknya. Apalagi umat islam mempercayai bahwa setiap adzan terdapat doa yang dipanjatkan untuk menjawab adzan.

Dalam agama islam telah diajarkan bahwa ketika adzan berkumandang diusahakan bagi umat islam untuk berdoa setelah adzan berkumandang. Dengan membaca doa setelah adzan, maka umat muslim yang melaksanakan akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Hal ini dikuatkan oleh hadits sebagai berikut:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan (artinya): Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku. Maka akan diampunilah dosanya.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (HR Muslim).

Baca juga: Cara Mengganti Sholat yang Tertinggal, Begini Rupanya

Mendapatkan Syafaat

Keistimewaan membaca doa setelah mendengar Adzan bagi yang melaksanakannya, maka ia akan mendapatkan syafaat (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah pada hari kiamat). Hal ini telah tertuang pada hadis seperti berikut di bawah ini:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya): Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (HR Bukhari – Muslim).

Membaca doa sesudah adzan memang membawa keutamaan tersendiri di baliknya. Namun, keutamaan yang diberikan ini bisa menjadi salah satu keistimewaan membaca doa setelah adzan. Berikut ini hadistnya:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya): Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (HR. Bukhari).

Baca juga: Sholat Setiap Hari, Belum Tentu Kamu Paham Artinya. Pengertian Sholat Adalah

Doa Mustajab

Source : Pinterest

Doa ketika selesai adzan merupakan doa yang dianjurkan, karena pada waktu adzan terdapat waktu-waktu mustajabah. Waktu mustajabah ini salah satunya bisa anda dapatkan ketika membaca doa setelah adzan. Berikut ini hadistnya:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Rasulullah pernah bersabda: Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Bagi umat muslim yang berdoa setelah adzan dengan penuh keyakinan maka akan memiliki keistimewaan yaitu akan masuk surga. Amalan masuk surge memang banyak salah satunya adalah berdoa. Berikut ini hadisnya:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Rasullullah pernah bersabda: Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini (Bilal bin Rabbah, Sang Muadzin dan Sahabat Rasulullah) dengan yakin akan masuk surga\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”(HR Ahmad 8624,Nasai 674 & Syuaib Al-Arnauth).

Menjadi Saksi Kebaikan Bagi yang Berdoa

Bagi pendengar dan yang mengumandangkan adzan mereka termasuk dalam saksi kebaikan. Saksi kebaikan ini diberikan oleh Allah. Namun, jika dihubungkan dengan berdoa setelah adzan maka muslim yang berdoa telah mendengarkan adzan terlebih dahulu tentunya. Berikut ini hadistnya:

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”(HR.Bukhari 609).

Allah Memberikan Shalawat-Nya 10 Kali

Adzan memiliki keistimewaan salah satunya termasuk menjawab adzan disertai membaca shalawat ternyata mendatangkan kebaikan. Bahkan menurut hadist dengan menjawqb adzan disertai shalawat maka Allah akan memberi 10 kali lipat. Berikut hadisnya di bawah ini:

“Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku seklai maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali” (HR. Muslim 384 ).

Nah, itu dia bacaan doa sesudah adzan. Pins bisa langsung membacanya ketika adzan selesai dan sebelum iqamah. Sekian pembahasan Pinhome tentang bacaan doa setelah adzan beserta maknanya ini, semoga bermanfaat dan semoga doa Pins diijabah oleh Allah SWT.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download