Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Serta Maknanya

Lifestyle

Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Serta Maknanya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Dalam keseharian, adzan sudah menjadi panggilan lima waktu dalam sehari untuk kita sebagai umat muslim untuk menunaikan ibadah sholat.

Pinhome –  Tahukah kamu, Pins? Ternyata doa di antara adzan dan iqamah akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT lho. Selain itu, ada doa setelah adzan yang kamu baca. Mau tahu seperti apa bacaan doanya? Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu adzan. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Keluar Rumah Dan Masuk Rumah Beserta Artinya

Pengertian Adzan 

doa setelah adzan
(Republika)

Secara pengertian atau definisi, adzan berarti  pemberitahuan bahwa kita telah memasuki waktu sholat. Caranya ialah dengan mengumandangkan lafadz-lafadz tertentu. 

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

Tak hanya sebagai penanda waktunya sholat. Di waktu setelah adzan ini Allah memberikan keistimewaan dengan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan sehabis adzan. Karena itu, salah satu yang bisa kita amalkan ketika mendengar Adzan dan Iqamah ialah membaca doa setelah Adzan dan Iqamah.

Memangnya, apa keutamaan dari doa setelah adzan? Apa saja dalil yang mendasarinya? Simak penjelasannya berikut.

Keutamaan Doa Setelah Mendengar Adzan 

doa setelah adzan
(Sirap Ilmu)

Di waktu setelah adzan, Allah telah memberikan keistimewaan dengan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan sehabis adzan. Apa yang mendasarinya? Hal ini ada di dalam hadits di bawah ini. Rasulullah telah bersabda bahwa: 

“Barang siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafaat pada hari kiamat.” 

(H.R Bukhari)

Dari penjelasan di atas, terjelaskan bahwa waktu di antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang baik untuk berdoa ketika doa itu akan dikabulkan. Maka dari itu kita disunnahkan untuk memperbanyak doa pada waktu tersebut.

Hal ini pun juga ada di hadist lain yang artinya:

“Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqamah.”

(H.R Abu daud, Nasa’i dan Tirmidzi dan ia mengatakan: hadis ini hasan lagi sahih).

Karenanya, kita bisa memanfaat waktu tersebut untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT karena doa kita tidak akan ditolak oleh-Nya.

Sudah paham tentang pengertian adzan dan keutamaan doa setelah mendengar adzan? Kalau begitu, mari kita pahami seperti apa bacaan doa yang bisa kita panjatkan sehabis adzan.

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniai nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

 Doa Setelah Iqamah 

Ada juga doa setelah iqamah yang bisa kamu panjatkan dengan singkat, yaitu sebagai berikut.

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya: “Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Hikmah dari Membaca Doa Setelah Adzan 

doa setelah adzan
(Merdeka)

Bagi umat islam adzan merupakan tanda untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT. Karena itu, adzan diyakini memiliki keistimewaan tersendiri dibaliknya. Apalagi umat islam mempercayai bahwa setiap adzan terdapat doa yang dipanjatkan untuk menjawab adzan.

Dalam agama islam telah diajarkan bahwa ketika adzan berkumandang diusahakan bagi umat islam untuk berdoa setelah adzan berkumandang. Dengan membaca doa setelah adzan berkumandang maka muslimin yang melaksanakan akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Hadits adalah sebagai berikut :

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya.

(HR Muslim)

Mendapatkan Syafaat

Keistimewaan membaca doa setelah mendengar Adzan bagi yang melaksanakannya, maka ia akan mendapatkan syafaat (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah pada hari kiamat). Hal ini telah tertuang pada hadis seperti berikut dibawah ini:

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat.

(HR Bukhari – Muslim).

Membaca doa sesudah adzan memang membawa keutamaan tersendiri di baliknya. Namun, keutamaan yang diberikan ini bisa menjadi salah satu keistimewaan membaca doa setelah adzan. Berikut dibawah ini hadisnya:

Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat.

(HR. Bukhari)

Doanya Mustajab

Doa ketika selesai adzan merupakan doa yang dianjurkan, karena pada waktu adzan terdapat waktu-waktu mustajabah. Waktu mustajabah ini salah satunya bisa anda dapatkan ketika membaca doa setelah adzan. Berikut dibawah ini hadisnya:

Rasulullah pernah bersabda : Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

Surga bagi yang berdoa

Bagi umat muslim yang berdoa setelah adzan dengan penuh keyakinan maka akan memiliki keistimewaan yaitu akan masuk surga. Amalan masuk surge memang banyak salah satunya adalah berdoa. Berikut ini hadisnya:

Rasullullah pernah bersabda: Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini (Bilal bin Rabbah, Sang Muadzin dan Sahabat Rasulullah) dengan yakin akan masuk surga (HR Ahmad 8624,Nasai 674 & Syuaib Al-Arnauth).

Menjadi saksi kebaikan bagi yang berdoa

Bagi pendengar dan yang mengumandangkan adzan mereka termasuk dalam saksi kebaikan. Saksi kebaikan ini diberikan oleh Allah. Namun, jika dihubungkan dengan berdoa setelah adzan maka muslim yang berdoa telah mendengarkan adzan terlebih dahulu tentunya. Berikut ini hadisnya:

Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat (HR.Bukhari 609)

Allah Memberikan shalawat-Nya 10 Kali

Adzan memiliki keistimewaan salah satunya termasuk menjawab adzan disertai membaca shalawat ternyata mendatangkan kebaikan. Bahkan menurut hadis dengan menjawqb adzan disertai shalawat maka Allah akan memberi 10 kali lipat. Berikut hadisnya dibawah ini:

“Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku seklai maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali” (HR. Muslim 384 )

Nah, itu dia bacaan doa sesudah adzan. Pins bisa langsung membacanya ketika adzan selesai dan sebelum iqamah. Ada juga doa setelah iqamah yang bisa kamu amalkan.  Semoga bermanfaat, semoga doa Pins diijabah oleh Allah SWT. Aamiin. 


Temukan beragam pilihan rumah, tanah, dan apartemen terlengkap, seperti Apartemen Lotus Tower at CitraGarden City Garden Jakarta dan juga tanah di Ubud Bali di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel