BlogLifestyleEdukasiKumpulan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap
0
0

Kumpulan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Agu 24, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Kumpulan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkaptop-right-banner

Selepas sholat, jangan buru-buru melipat sarung atau mukena. Sebaiknya Pins membaca bacaan berdzikir setelah sholat terlebih dahulu. Dalam sunah, dianjurkan untuk melakukan bacaan dzikir setelah sholat guna menyempurnakan ibadahnya. Khususnya ketika menjalankan sholat wajib. 

Ketika berdzikir, hendaknya kamu sedang berada di situasi yang tenang dan lingkungan yang tenang. Seperti rumah baru di kawasan kabupaten Bekasi, contohnya adalah Panorama Bekasi Residence. Situasi yang tenang akan menambah fokus dan kekhusyukan Pins ketika berdizikir. Jika Pins ingin mencari rumah lain dengan lingkungan yang menenangkan, Pins bisa mencarinya di aplikasi Pinhome melalui PinValue.

Pada pembahasan kali ini, Pinhome akan menguraikan bacaan dzikir setelah sholat yang dapat Pins panjatkan lengkap dengan keutamaan doa dan artinya. Berikut ini daftar bacaan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunah. 

Baca juga:

Hadist Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Source : Pexels

Berdzikir merupakan salah satu upaya untuk dekat dengan Allah SWT. Sebetulnya dzikir dapat dilakukan kapan saja, namun bila Pins ingin menyempurnakan ibadah sholat, maka disarankan untuk berdzikir setelahnya.

Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini:

 وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَٰرَ ٱلسُّجُودِ

Artinya:”Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat.” – QS. Qaaf ayat 40.

Terdapat beberapa keutamaan yang dapat diraih dengan rajin berdzikir. Dalam surah Al-Munafiqun ayat 9, Allah SWT berfirman: 


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berdzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi.”

Dalam potongan surah Al-Ahzab ayat 35, surah lainnya, Allah SWT pernah bersabda yang artinya demikian:

“Dan laki-laki maupun para wanita yang banyak berdzikir kepada Allah, sungguh Allah sediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Rasulullah SAW pun pernah bersabda yang artinya seperti berikut:

“Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib”. – HR. at-Tirmidzi.

Baca juga:

Bacaan Dzikir Sesudah Sholat

bacaan dzikir setelah sholat
Source : Pexels

Berikut bacaan dzikir sesudah sholat yang dapat Pins baca:

Membaca Istighfar

Pertama, kamu dapat membaca istigfar sebanyak tiga kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Lalu, lanjutkan dengan membaca kalimat berikut sebanyak 10 kali:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qodir.

Selain itu, baca pula doa berikut sebanyak tiga kali. Untuk sholat Magrib dan Subuh dapat dibaca sebanyak tujuh kali.

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minnaar

Guna memperkuat bacaan dzikirnya, lafalkan pula kalimat berikut:

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Allahumma a\\\’inni ala dzikrika wasyukrika wa husni ibadatika.

Lanjutkan bacaan tersebut dengan melafalkan kalimat pujian untuk Allah SWT. Berikut bacaannya: 

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta\\\’ala ita yaa dzal jalaali wal ikrom.

Baca juga:

Membaca Al-Fatihah dan Ayat Kursi

Source : Pinterest

Jika bacaan dzikir sesudah sholat di atas telah selesai, maka lanjutkan dengan membaca Al-Fatihah. Setelah Al-Fatihah, silakan membaca ayat kursi atau surah Al-Baqarah ayat 255. Berikut bacaannya: 

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ. 

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ilmihī illā bimā syā`, wasia kursi yuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal aliyul aẓīm 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca juga:

Membaca Surat Al-Ikhlas

dzikir setelah solat

Untuk bacaan dzikir yang selanjutnya adalah membaca doa Al-Ikhlas sebagai berikut:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

Membaca Surat Al-Falaq

dzikir setelah solat

Selain surat al fatihah dan al ikhlas, Pins juga bisa membaca surat al falaq yang berbunyi:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Membaca Surat An-Naas

dzikir setelah solat

Surat an naas juga biasa dibacakan sebagai doa dzikir setelah solat. Berikut ini bacaan surat an naas dan artinya:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Membaca Doa Tauhid dan Hauqolah

dzikir setelah solat

Setelah membaca doa-doa dzikir di atas, kamu bisa melanjutkannya dengan membaca doa tauhid dan hauqolah yang berbunyi:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Allaahu akbar Kabiiraan Wal Hamdulillaahi Katsiiraan Wasubhaanallaahi Bukratan Wa Ashiilaan, Laa Ilaaha illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumiitu Wahuwa ‘Alaa Kulli Syaiin Qodiir. Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahil ‘Aliyyil ‘Adziim.

Artinya: “Tidak ada yang berhak di sembah dengan sebenarnya kecuali Allah SWT, satu-satunya dan tidak ada sekutu bagi-Nya, miliknya adalah segala kerajaan, segala pujian hanya bagi Allah, Maha Berkuasa atas segala sesuatu, tiada daya dan kekuatan, Melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Agung.”

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil

Setelah membaca al-fatihah dan ayat kursi, Pins bisa melanjutkan dengan membaca kalimat tasbih, tahmid, takbir dan tahlil masing-masing sebanyak 33 kali.

  • Subhanallah –  33 kali
  • Alhamdulillaah – 33 kali
  • Allaahu Akbar – 33 kali
  • La Ilaha Illallah – 33 kali

Baca juga:

Bacaan Doa Setelah Dzikir

Source : Pinterest

Terakhir, kamu dapat membaca bacaan doa setelah dzikir berikut ini: 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Arab latin: Bismillaahirrahmaanirrahiim.Alhamdu lillahi rabbilalamin, hamdan yuwaafii ni\\\’amahu wa yukafi maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa\\\’azi imi sulthaanika.

Baca pula doa berikut: 

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Arab latin: Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammadin wa\\\’alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Dan, doa berikut ini: 

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

Arab latin: Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu\\\’anaa wasujuudanaa waqu\\\’uudanaa watadlarru\\\’anaa, watakhasysyu\\\’anaa wata\\\’abbudanaa, wa tammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal\\\’aalamiin.

Bacaan Allohumma Antassalam Waminkas Salam

Allahumma Antassalam dalam bahasa arab dituliskan sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Arti Allahumma Antas Salam Waminkas Salam Tabarakta Ya Dzal Jalali Wal Ikram, kurang lebih:

Ya Allah, Engkaulah As-salam (keselamatan, keberkahan, kemulian, ketenangan), dari-Mu keselamatan, Maha Suci Engkau, Wahai Dzat Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan

Sedangkan untuk versi panjangnya:

اللَّهُمَّ أَنتَ السَّلاَم، وَمِنْكَ السَّلاَم ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَم، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَم، وَأَدْخِلْنَا الجَنَّةَ دَارَالسَّلاَم، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ

Allohumma antassalam waminkassalam wa ilaika ya’udussalam fahayyina rabbanaa bissalam, wa adkhilna jannata daarassalaam, tabarakta rabbana wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikram.

Ya Allah Engkaulah As-Salam (keselamatan, keberkahan, kemulian, ketenangan), keselamatan dari-Mu, keselamatan kembali padaMu, maka berilah keselamatan dalam hidup kami, dan masukkan kami ke dalam surga Darussalam, Maha Suci Engkau ya Tukan kami, Maha Luhur Engkau Duhai Yang Maha Agung dan Maha Mulia“.

Baca juga: Tulisan Innalillahi yang Benar.

Manfaat Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Allah berfirman dalam Al Quran “Hanya dengan berdzikir kepada Allah, hati akan menjadi tenang”. Oleh karena itu, hendaknya, setelah sholat, janganlah kita terlalu buru-buru langsung berdiri. Apalagi selepas ucap salam langsung pergi. Tentu kurang beradab.

Ada pepatah bahasa arab “man laysa lahu wirdun fahuwa kirdun”. Artinya, siapa yang tidak punya wirid, maka dia seperti monyet. Manusia itu harusnya sering mengingat siapa Tuannya, karena itu yang membedakan kita dengan hewan. Hewan yang tidak berakal, misalnya monyet, tentu tidak akan menyebut-nyebut Tuannya.

Tak lupa, panjatkan pula doa pribadi yang sedang kamu minta dan harapanku. Doa tersebut bisa kamu baca atau ucapkan dalam hati. Demikian bacaan dzikir setelah sholat fardhu yang dapat Pins panjatkan. Mulai sekarang, jangan terburu-buru melipat mukena dan sarung setelah melaksanakan sholat. Usahakan untuk berdzikir walau hanya sebentar dan belum sempurna. 

Baca juga:

Featured Image Source: Muslim.or


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Gryia Cibinong Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download