BlogLifestyleEdukasi50+ Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Keluarga dan Sahabat
0
0

50+ Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Keluarga dan Sahabat

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 25, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
ucapan selamat ulang tahun islamitop-right-banner

Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang yang dianggap penting bagi mereka yang merayakannya. Di Islam, ada lho ucapan selamat ulang tahun yang islami dan cocok diucapkan kepada sesama kaum muslim.

Pinhome – Sebagai umat islam ketika memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada saudara, orang tua, teman, kerabat atau yang lainnya. Alangkah baiknya menggunakan ucapan yang Islami.

Dalam agama islam sendiri sudah mengajarkan bagaimana mendoakan atau memberi ucapan yang baik kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Maksud dari kata-kata tersebut adalah untuk mendoakan orang yang bersangkutan agar selamat lahir batin, sejahtera, bahagia dan sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah Swt.

Baca juga: 28 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ayah Tercinta

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Keluarga

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Keluarga
Source : iStock

Keluarga memiliki kedudukan yang tinggi di dalam dunia Islam. Pasalnya, keluarga adalah tempat pendidikan yang pertama dan utama. Melalui tempat tersebutlah seseorang mengetahui hak dan kewajiban sebagai hamba yang mempunyai tugas mengabdi kepada sang Khaliq.

Maka dari itu, salah satu anggota keluarga yang berulang tahun tentu wajib kamu rayakan atau sekadar memberi ucapan selamat ulang tahun yang Islami. Berikut ini contoh-contohnya.

Barakallahu Fii Umrik, semoga segala cita-cita segera tercapai, dan mendapatkan ridho Allah dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
*********
Ketaqwaan tidak harus bertambah saat usia bertambah. Namun ketaqwaan harus selalu bertambah di setiap detiknya. Barakallah Fii Umrik adikku. Semoga kamu menjadi umat Allah yang semakin taqwa.
*********
Barakallah Fii Umrik, Kakak. Semoga kamu selalu dalam lindungan Allah. Kesehatan selalu menyertaimu disertai keberkahannya.
*********
Barakallah adikku sayang. Semoga di ulang tahunmu tahun ini adalah penanda bahwa kamu semakin dekat dengan jodohmu. Keberkahan akan selalu menyertaimu.

*********
Barakallah fii Umrik ya Ayah. Perjuangan tulusmu demi keluarga tidak akan bisa dibalas dengan apa pun. Semoga Ayah selalu sehat, sukses dan bahagia.
*********
Untuk ibuku tercinta dan satu-satunya, selamat hari ulang tahun. Semoga bu selalu disayang Allah, diberi keberkahan umur dan kebaikan. Sehat selalu ya, Ibu.
*********
Miladuki saidah, barakallahu fii umrik. Semoga di sisa usia yang ada saat ini, selalu diberkahi dan diberi Rahmat serta karunia dari Allah SWT.
*********
Ibu..aku tidak mungkin sanggup membalas semua kebaikanmu. Engkau adalah malaikatku. Aku hanya bisa mendoakanmu, agar engkau selalu dalam kasih sayang dan lindungan Allah. Selamat ulang tahun ibundaku sayang.
*********
Hari ini ku ucapkan selamat ulang tahun untukmu, Ayah. Semoga ayah selalu dilimpahkan nikmat kesehatan da kebahagiaan oleh Allah. Aku bahagia menjadi anakmu.
*********
Selamat ulang tahun, kakakku, tetaplah menjadi pengajar dan pemberi nasihat bagi kami dalam menjalani kehidupan. Semoga menjadi wanita-wanita yang dirindukan surga.

Baca Juga:

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Pasangan

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Pasangan
Source : iStock

Pada saat seseorang berulangtahun, umur mereka bertambah. Itu sebabnya, Pins sebaiknya memanjatkan doa kepada Allah SWT agar pasangan diberikan panjang umur dan keberkahan dalam beribadah, serta dilapangkan rizkinya.

Berikut ini deretan contoh ucapan ultah dalam Islam yang bisa Pins berikan kepada suami maupun istri tercinta.

Puji syukur Alhamdulillah aku panjatkan sebagai wujud kebahagiaanku karena pertambahan usiamu hari ini. Barakallah Fii Umrik suamiku sayang. Semoga semua jerih payahmu adalah berkah untuk keluarga.
*********
Ya Allah, terima kasih Engkau telah mengirimkan lelaki terbaik dalam hidupku. Semoga hidupmu selalu dalam keberkahan dan keridhoan Allah.
*********
Selamat ulang tahun orang yang paling peduli denganku. Semoga kamu tetap menjaga imanmu, taqwamu, dan agamamu.
*********
Bersamamu adalah anugerah terbesar bagiku, Suamiku. Barakallah Fii Umrik ya, Sayang. Semoga kamu terus menjadi suami kebanggaanku.
*********
Dalam tiap hembusan napasku, aku selalu melantunkan doa terbaikku untuk kesehatan dan pencapaian hidupmu. Barakallah Fii Umrik suamiku. Bukan hanya rupa yang membuatku jatuh cinta padamu setiap saat, melainkan karena akhlakmu.
*********
Selamat ulang tahun suamiku tersayang, semoga selalu sehat dan berada dalam lindungan Allah SWT pada setiap rutinitasmu.
*********
Suamiku, kau adalah pelita dalam gelap, pembimbing untuk menggapai surga-Nya. Selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberimu umur panjang.
*********
Selamat hari kelahiran, suamiku tersayang, semoga setiap harinya, hatimu dipenuhi kesabaran, keikhlasan dan keteguhan dalam membina rumah tangga kita.
*********
Istriku tersayang, selamat ulang tahun ya buatmu, semoga selepas ini semua, kamu bisa menjadi wanita yang lebih dewasa, sehat selalu dan tetap menjadi yang terbaik buatku.
*********
Selamat ulang tahun istriku tercinta, terima kasih telah hadir dan menemaniku hingga berada di titik yang sekarang ini. Kaulah wanita terbaik yang ditakdirkan menemaniku hingga akhir hayatku.
*********
Tak banyak yang bisa kuucapkan di hari spesialmu ini, hanya untaian doa dan harapan terbaik untukmu, selamat ulang tahun istriku tercinta.
*********
Teruntuk kamu istriku tersayang, selamat berulang tahun ya, terima kasih sudah menjadi perempuan paling sabar dan tabah menghadapi sikapku yang kadang menyinggung perasaanmu, sayang.
*********
Selamat ulang tahun, istriku tersayang, terima kasih telah menjadi orang yang senantiasa mengubahku menjadi pria yang lebih baik dan bertanggung jawab dalam membimbing Keluarga.
*********
Aku tahu kau lelah, kau capek, kau letih melakukan berbagai aktivitas ibu rumah tangga setiap harinya. Aku merasakan semua itu. Aku ucapkan, selamat berulang tahun untukmu, dan semoga semua yang kau lakukan setiap hari mendapatkan ganjaran baik dari Allah SWT.
*********
Istriku tersayang, selamat ulang tahun ya untukmu, semoga semakin mencintaiku, sayang dengan anak-anak, dan tetap menjadi sosok istri serta ibu yang paling aku cintai.

Baca Juga:

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Teman dan Sahabat

Sahabat merupakan orang yang selalu ada dalam suka dan duka. Mereka menjadi penyemangat, pemberi inspirasi, dan suntikan gairah bagi Pins menghadapi segala macam masalah.

Pada saat sahabat atau teman ultah, Pins bisa mengirimkan ucapan ulang tahun Islami yang barakallah untuk memperlihatkan bahwa kamu perhatian dan peduli.

Dunia berbahagia dengan manusia paling berharga, selamat ulang tahun mudah-mudahan senantiasa dalam kebaikan”
*********
Selamat ulang tahun semoga selalu dalam kebaikan. Dan selamat berbahagia di hari ulang tahunmu. Setiap tahun, engkau adalah teman dekatku, sahabatku, dan orang yang paling berharga.
*********
Barakallah Fii Umrik ya sahabatku. Semoga kamu selalu berada dalam keberkahan.
*********
Barakallah Fii Umrik, sobatku. Tetaplah dan tambahlah kuat demi melanjutkan dakwah di Bumi Allah.
*********
Barakallahu Fii Umrik. Semoga menjadi pribadi yang semakin menawan dengan kecantikan yang terpancar dari kemurnian hati yang bening.
*********
Barakallahu Fii Umrik! Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat.
*********
Happy Milad, sahabat. Semoga di hari-hari berikutnya dapat menjadi lebih bijaksana. Semoga selalu mendapat berkah melimpah sepanjang tahun ini.
*********
Miladuki saidah mubarak sahabatku, (nama). Selamat sudah semakin dewasa. Aku doakan semua kebaikan dan keberkahan dalam hidupmu
*********
Met milad sahabat terbaikku, (nama). Semoga berkurangnya jatah usiamu di dunia, juga membuatmu semakin dekat dengan Allah dan taat atas perintahNya.
*********
Barakallah fii umrik, sahabatku. Tak terasa usiamu sudah semakin dewasa dan matang.
Doa khususku untukmu adalah semoga kita bisa selalu jadi sahabat yang saling mencintai karenaNya. Sahabat sesurga ya, insya Allah, aamiin

Baca Juga:

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Bahasa Arab

Pins tahu tidak kalau ucapan selamat dalam bahasa arab tentu berbeda-beda, tidak seperti di Bahasa Indonesia. Jika menggunakan bahasa Indonesia, pengucapan selamat cukup dengan menggunakan kata selamat + momen yang diselamati.

Sementara itu, jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun atau selamat yang lainnya, Pins tidak bisa menggunakan ungkapan سلامة + momen yang diselamati. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh ungkapan ulang tahun menggunakan bahasa Arab.

Ucapan Ulang Tahun Islami Romantis dengan Bahasa Arab

Jika ingin mengucapkan selamat hari milad buat orang tersayang dilengkapi dengan doa yang selama ini kita kenal, barakallahu fi ‘umrik, berikut ini contok ucapannya:

بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِكَ. وَعِيْدُ مِيْلَادِكَ جَمِيْلٌ عَلَيْنَا وَعَلَيْكَ يَا غَالِي

Barakallahu fii ‘umrik. Wa’idu miladik jamilun ‘alaina wa’alaik ya ghaalii.

Artinya kurang lebih: “Mudah-mudahan Allah memberikan berkah kepada umurmu. Dan hari ulang tahunmu, indah buat kami dan buatmu, wahai sayangku“.

Cocok nih buat ucapan ulang tahun untuk orang tercinta.

Ucapan Ultah Bahasa Arab dalam Islam untuk Orangtua, Anak, maupun Sahabat

Selanjutnya, jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ibu, Anak, Saudara, Tetangga, rekan kerja, atau siapa pun, Pins bisa juga menggunakan kalimat mabruk alfa mabruk yang artinya kurang lebih selamat dan sukses.

Hal ini tentu merupakan doa yang baik kepada yang sedang berulang tahun, merayakan milad.Berikut ini contoh ucapan doa selamat ulang tahun berbahasa Arab:

مَبْرُوْك اَلْفَ مَبْرُوْك. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتَ بِأَلْفِ خْيْرٍ

Mabruk alfa mabruk. Kullu ‘aam, waanta bialfi khairin.

Artinya: \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Selamat dan sukses. Mudah-mudahan setiap tahun kamu mendapatkan banyak kebaikan,\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Jika ingin mengucapkan untuk perempuan atau istri atau akhwat, bisa mengganti kalimat anta dengan anti. Pins bisa menyesuaikan saja dhamirnya.

Baca Juga: 70+ Kata Ucapan Belasungkawa | Sopan, Singkat, Menyentuh Hati

Doa Ulang Tahun untuk Orang Terdekat dalam Bahasa Arab

Doa Ulang Tahun untuk Orang Terdekat dalam Bahasa Arab
Source : Mind Institute

Jika ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk sahabat dan orang terdekat dalam bahasa Arab, bisa juga menggunakan ungkapan berikut ini:

فرحت الدنيا بأغلى البشر وأقول كل عام وأنت بخير

Farahatid dunya biaghlal basyar, wa aquulu kullu ‘aamin wa anta bikhairin.

Artinya: “Dunia berbahagia dengan manusia paling berharga, selamat ulang tahun mudah-mudahan senantiasa dalam kebaikan”.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Bahasa Arab untuk Sahabat

Jika ada teman dekatmu, atau sahabat akrab yang berulang tahun, bisa ucapkan kata-kata berikut ini juga:

كل سنة وأنت بخير، وعيد ميلادك سعيد، كل سنة وأنت رفيقي وصاحبي وأغلى البشر

Kullu sanatin wa anta bikhairin. Wa’idu miiladika sa’iidun. Kullu Sanatin Wa anta rafiiqii washaahibii wa aghlal basyar.

Artinya: “Selamat ulang tahun semoga selalu dalam kebaikan. Dan selamat berbahagia di hari ulang tahunmu. Setiap tahun, engkau adalah teman dekatku, sahabatku, dan orang yang paling berharga”.

Ucapan Ulang Tahun Dalam Bahasa Arab Singkat

Dalam bahasa arab yang singkat, Pins bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada sahabat, baik laki maupun perempuan. Ini contohnya:

  • ” ‘ied miilad sa’iid” (selamat ulang tahun).
  • “Kullu ‘aam wa anta / anti bikhair” (mudah-mudahan kamu selalu bahagia di setiap tahun yang lewat”.
  • “Kullu sanah, wa anta salim” كلّ سنة و انت سالم (semoga kamu bahagia setiap tahunnya).
  • “kullu sanah, wa anta thayyib” كلّ سنة و انت طيب
  • “Kullu ‘am, wa anta habibi” كلّ عام و انت حبيبي (semoga kamu jadi kekasihku di setiah tahun yang berlalu).
  • “Kullu sanah, wa anta hayaatii” كلّ سنة و انت حياتي (semoga kamu selalu jadi cintaku, di setiap tahun yang berlalu).
  • ” ‘aqbal el miyah” عقبال المية (semoga kamu hidup sampai 100 tahun), biasa diucapkan orang Mesir.
  • ” ‘aqbal el miyah ya habibi”
  • ” ‘aqbal el miyah ya hayati” (semoga kamu hidup 100 tahun, my dear).
  • ” ‘aqbal es-sanah el miyah” عقبال السنة المية
  • orang Mesir biasa menggunakan kalimat ini untuk menyanyikan lagu ulang tahun سنة حلوة يا جميل “Sanah Helwah Ya Gamiil” (selamat ulang tahun wahai yang Indah).
  • “Barakallahu fii ‘umrik.” (Semoga Allah memberikan berkah dalam umurmu).
  • “Yaumul milad, barakallahu fii umrik.” (Selamat hari kelahiran, semoga Allah memberikan keberkahan dalam umurmu.)
  • “Mabruk alfa mabruk, yaumu miladik mabruk” (Berkah seribu berkah, hari lahirmu penuh berkah!)
  • “Istamti’ bi ‘aidi milaadik.” (Selamat menikmati hari ulang kelahiranmu.”
  • “Miladuka sa’id, barakallahu fii umrik.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Untuk Kekasih

Bagi Pins yang sudah bersuami atau beristri bisa mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab di bawah ini:

  • kullu sanah wa anta thayyibun ya habibi (untuk laki-laki) كلّ سنة و انْت طيّب يا حبيبي
  • kullu sanah wa anta thayyibatun ya habibati (untuk perempuan) كلّ سنة و انْتِ طيّبة يا حبيبتي
  • ‘aqbal el miyah ya habibi (untuk laki)
  • ‘aqbal el miyah ya habibati (untuk perempuan)
  • ‘aqbal el miyah ya hayati
  • Kullu ‘am, wa anta habibi (untuk laki)
  • Kullu ‘am wa anti habibati (untuk perempuan)
  • Kullu sanah, wa anta hayaatii

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Puitis Bahasa Arab

Bila bosan dengan kata-kata biasa, Pins bisa menggunakan ucapan selamat ulang tahun Islami yang puitis di bawah ini. tentu saja, ini diucapkan dalam bahasa Arab!

يمر عام ويهل عام وأنت شعاع ينير قلوب الأصدقاء، وكل عام وأنت بخير

Yamurru ‘aam, wayahullu ‘aam. Wa anta syu’aa’un yuniiru quluubal ashdiqaai. Wakullu ‘aam Wa anta bikhairin.

Artinya: “Setahun berlalu dan setahun lagi datang. Dan engkau adalah cahaya yang menyinari hati-hati sahabatmu. Selamat ulang tahun, semoga selalu dalam kebaikan”.

Nah, itu tadi beragam ucapan selamat ulang tahun Islami yang Pins bisa ucapkan ke sesama kaum muslimin. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download