Pinhome

Contoh Teks MC Acara Halal Bihalal

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 5 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Contoh Teks MC Acara Halal Bihalal – Halal bihalal merupakan sebuah acara yang biasa dilaksanakan dalam waktu sebulan atau setahun sekali.

Diadakan-nya acara halal bihalal yakni untuk sebagai tanda berkumpulnya serta untuk menghubungkan saudara atau kelurga besar kita.

Sehingga dengan begitu keluarga kita dapat berkumpul dan dapat menjalin hubungan erat serta untuk menjaga hubungan silahturrahim kita terhadap saudara dan keluarga besar kita yang biasanya sudah memiliki kehidupan masing-masing.

Di dalam acara halal bihalal, agar acara dapat berjalan dengan lancar tentunya kita membutuhkan seorang MC atau seorang pembawa acara yang nantinya berperan sebagai pemandu dari jalan-nya sebuah acara tersebut.

Berikut contoh teks mc halal bihalal yang dapat kita gunakan dalam mengatur sebuah acara, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Contoh MC Acara Halal Bihalal Keluarga

Contoh Teks MC Acara Halal Bihalal

Sebagai keluarga yang besar, tentunya kita nanti akan mengadakan acara halal bihalal dalam rangka untuk menjalin hubungan serta untuk menjaga hubungan erat terhadap sesama keluarga.

Itulah salah satu mengapa umat muslim sering mengadakan acara tutinan halal bihalal dalam waktu sebulan atau setahun sekali.

Selain untuk manjaga hubungan sesama keluarga acara halal bihalal pun dapat membawakan keberkahan dan kekaruniaan terdap kita semua kapada Allah SWT.

Contoh Teks MC Pengajian

Agar suatu acara dapat berjalan dengan lancar, maka tentunya kita membutuhkan yang namanya seorang mc atau seorang pembawa acara, yang nantinya sekaligus sebagai pemandu dalam acara.

Berikut Contoh tekc mc halal bihalal untuk acara keluarga.


1. Muqodimah

Bismillah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati kepada Ustadz ………. Selaku Ketua Pembina acara Keluarga Bani ……..
  2. Yang saya hormati kepada bapak ………. Selaku tuan rumah dalam acara Keluarga Bani ……
  3. Yang saya hormati kepada seluruh panitia penyelenggara acara halal bihalal kelurga besar Bani ……..
  4. Dan yang saya hormati kepada seluruh keluarga besar Bani ……. Yang Insya Allah penuh dengan kebahagiaan ini.

Segala puja dan puji syukur mari kita haturkan kapada Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahNya kepada kita semua.

Sehingga pada kesempatan kali yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih dipertemukan di dalam acara rutinan kelurga besar Bani …….. dalam rangka Silaturahim Akbar yang ke 7.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabihullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabat-nya. Kerena berkat beliaulah kita dapat menikmati kehidupan yang penuh dengan kemuliaan ini, Amiin Ya Robbal Alamin.

Untuk mempersingkat waktu, sebelum acara halal bihalal Kelurga besar Bani ……. Yang ke 7 ini, Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan-sunanan acara kali ini yakni.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  3. Sambutan dari wakil panitia keluarga besar Bani …….
  4. Sambutan dari tuan rumah kelurga besar Bani ………
  5. Tusyiah yang akan di bawakan oleh Bapak …….. selaku ketua Pembina keluarg besar Bani …….
  6. Doa
  7. Makan Bersama
  8. Penutupan, yang akan di isi dengan silahratuhim bersama antar keluarga, antar saudara, dan antar orang tua.

2. Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu marilah kita buka bersama sesi acara halal bihalal ini dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan membaca Surat Al-fatihah.

3. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara selanjutnya yakni pembacaan Ayat suci Al-qur’an yang akan dibacakan oleh saudara ……….. waktu dan tempat kami persilahkan.

4. Sambutan-sambutan

  • Sambutan Panitia

Acara selanjutnya yakni sambutan yang akan disampaikan oleh panitia kelurga besar Bani ……… waktu dan tempat kami persilahkan.

  • Sambutan Tuan Rumah

Acara yang selanjutnya yakni sambutan yang akan disampaikan oleh bapak ………. Selaku tuan rumah kelaurga besar Bani ………. waktu dan tempat kami persilahkan.

5. Acara Inti Tausyiah

Yang selanjutnya Tausyiah yang akan dibawakan oleh Bapak ……… sekaligus ketua Pembina kelurga besar Bani ..……. waktu dan tempat kami persilahkan.

6. Doa Bersama

Alhamdulillah acara demi acara sudah selesai, selanjutnya doa bersama yang akan di pimpin oleh bapak …….. waktu dan tempat kami persilahkan.

7. Makan Bersama

Memasuki acara selanjutnya yakni :

Acara makan-makan bersama, dan sesudah selesai akan dilanjutkan dengan acar silahturrahim bersama antar keluarga, antar saudara, dan antar orang tua.

8. Penutupan Silahturrahim Keluarga

Sebelum acara makan-makan bersama dimulai, saya selaku MC pembawa acara dalam rangka halal Bihalal kelurga besar Bani …….. yang ke 7.

Memohon undur diri mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya ada tutur kata yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu dan saudara-saudara.

Dan sekalian mari kita tutup bersama acara halal bihalal yang ke 7 kali ini dengan membaca Alhamdulillaahirobil ‘alamin, Sekian.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Contoh MC Acara Halal Bihalal RT

Contoh MC Acara Halal Bihalal RT

Selain acara halal bihalal untuk keluarga, ada juga acara kecil yakni halal bihalal untuk RT, yang biasa diselenggerakan dalam waktu 1 bulan sekali ataupun lebih.

Biasanya diadakan-nya acara ini sebagai tanda rasa cintanya kita terhadap sesama sudara atau tentangga, dalam sebuah acara tentunya kita memerlukan seorang mc yang mampu mengatur dan membina dari suatu jalan-nya acara.

Contoh MC Lamaran Pernikahan

Berikut contoh teks MC halal bihalal untuk RT, yang tentunya dapat kita pakai dalam menyusun dan mengatur darii jalan-nya suatu acara.


Bismillah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin syaidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du.

  1. Yang saya hormati kepada Bapak ………. Selaku Ketua RT …….. Ds ….. Kec …. Kab ……
  2. Dan yang saya hormati kepada seluruh warga RT ………. Ds …… Kec ………. Kab …….. yang Insya Allah selalu di Rahmati Allah SWT,

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya.

Sehingga pada kesempatan yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih dipertemukan di tempat yang Insya Allah berkah ini. Amiin Amiin Ya Robbal Alamin.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabihullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabat-nya.

Kerena berkat beliaulah kita dapat menikmati kehidupan yang penuh dengan kemuliaan ini, Amiin Ya Robbal Alamin.

Untuk mempersingkat waktu, sebelum acara halal bihalal RT …… Ds ….. Kec …….. Kab ….. di buka. Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan-sunanan acara kali ini yakni.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  3. Sambutan dari Ketua RT …… Ds …… Kec …… Kab …….
  4. Tusyiah yang akan di bawakan oleh Ustadz ……..
  5. Doa
  6. Penutup

Alhamdulillah acara demi acara sudah selesai hingga tibalah diujung penantian yakni penutupan, sebelum acara kita tutup bersama. Saya selaku pembawa acara halal bihalal RT ……. Ds ….. Kec ……. Kab ….. memoh untuk undur diri.

Sebelum undur diri saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya ada tutur kata yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu dan saudara-saudara semua.

Sekalian mari kita tutup bersama acara halal bihalal kali ini dengan membaca Alhamdulillaahirobil ‘alamin, Sekian.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Tips Menjadi Seorang MC Halal Bihalal

Contoh Teks MC Muhadhoroh Pondok Pesantren

Untuk menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara, maka kita harus memiliki bekal yang cukup. Agar nanti kita dapat menyampaikan isi dari acara tersebut dengan baik dan benar serta mudah difahami.

Contoh Teks MC Seminar

Sebelum acara halal bihalal di mulai, maka alangkah baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatakan teks MC atau jika perlu menghafalkan-nya. Sehingga nanti kita tidak salah dalam menyampaikan susunan-susunan acara tersebut.

Tips Menyampaikan Susunan Acara Halal Bihalal

Contoh Teks Mc Pengajian

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan Halal Bihalal, agar ketika didepan nanti tidak salah dalam berucap, Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tenang dan santay (Kuasai suasana panggung)
  2. Tidak usah kaku dalam menyampaikanya
  3. PD (Percaya Diri) saja (Anggap panggung milik sendiri)
  4. Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai

Nah, itulah salah satu tips yang dapat kita pakai dalam menyampaikan susunan acara seperti halal bihala, pengajian, rapad, maupun acara seminar-seminar lain-nya.

Demikianlah teks susunan acara halal bihalal. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat terutama dalam mempersiapkan segala acara apapun.

Sekian, TerimaKasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tags :

Bagikan Artikel