BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Rumah Tinggal Sekaligus Tempat Usaha
0
0

5 Desain Rumah Tinggal Sekaligus Tempat Usaha

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Semakin berkembangnya dunia bisnis membuat banyak orang mulai merencakan untuk membuka bisnisnya sendiri. Pada artikel kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa ide desain rumah tinggal sekaligus tempat usaha yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi.

Bagi seseorang yang mempunyai budget besar, tentunya permasalah lokasi bukanlah masalah karena dapat memilih lokasi yang sesuai target pasar mereka. Akan tetapi, jika Kamu mempunyai dana yang terbatas, namun tetap ingin membuka bisnis sendiri, menyewa toko dapat menjadi salah satu jalan keluar yang masuk akal. Tetapi, akan lebih baik lagi jika memiliki lahan dan membangun toko sendiri.

Salah satu jalan keluar terbaik lainnya yaitu dengan menggabungkan rumah tempat tinggal dengan tempat usaha Kamu. Tentunya selain mengehemat modal awal yang dikeluarkan, Kamu dapat menjaga tempat usaha Kamu sendiri.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Desain Rumah Tinggal Sekaligus Tempat Usaha

Membeli ataupun membuat tempat tinggal sekaligus tempat usaha dapat dikatakan susah-susah gampang. Untuk merancang rumah tinggal sekaligus tempat usaha, Kamu dapat berdiskusi dengan arsitek yang handal yang bisa memberikan masukkan ataupun ide untuk hal seperti itu.

Nah, untuk mempermudah Kamu dalam mewujudkan rumah tinggal sekaligus toko, Berikut beberapa desain rumah tinggal sekaligus tempat usaha yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi.

1. Desain Rumah 2 Lantai Sekaligus Tempat Usaha

Source : Leibal

Mempunyai rumah 2 lantai bisa menjadi salah satu kelebihan bagi Kamu yang mau mempunyai tempat usaha. Karena, seperti kebanyakan denah rumah 2 lantai minimalis pada umumnya, Kamu dapat mengalokasikan lantai bawahnya sebagai tempat usaha dan lantai dua Kamu sebagai tempat tinggal.

Jika Kamu menginginkan desain rumah tinggal sekaligus tempat usaha minimalis, Kamu harus memastikan memilih perpaduan cat dinding yang cocok. Kau dapat mengaplikasikan cat rumah dengan warna-warna yang netral, misalnya seperti abu, krem, cokelat, dan warna putih.

2. Desain Vintage

Source : Marie Claire

Desain vintage dapat menjadi satu pilihan yang menarik bagi Kamu yang menyukai estetika klasik dan ingin membuat suasana yang unik dan menarik di rumah Kamu. Pada desain ini, elemen-elemen vintage seperti aksesori klasik, furniture retro, dan perpaduan warna yang khas akan digunakan untuk menciptakan tampilan yang elegan dan nostalgik.

Salah satu ciri khas dari desain vintage yaitu penggunaan furnitur dan aksesori dengan gaya retro yang klasik seperti contoh di atas. Dalam memilih furniture, Kamu harus memperhatikan antara rumah dan warung untuk menciptakan kesan yang harmonis.

3. Desain Rumah Sekaligus Tempat Usaha 1 Lantai Modern dan Minimalis

Source : Behance

Jika Kamu ingin memadukan rumah dengan desain minimalis dengan tempat usaha, ada baiknya untuk membuat tempat usaha yang menggunakan gaya minimalis juga. Caranya Kamu dapat memanfaatkan bangunan pada sisi rumah dengan perpaduan warna cat yang natural, misalnya seperti abu-abu atau putih.

Untuk menghasilkan fasad yang lebih hidup, Kamu dapat meletakkan tanaman hias di depan tempat usaha. Rumah dan toko juga akan memberi kesan yang lebih nyaman dan asri untuk dilihat, sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Desain tempat usaha minimalis dapat digunakan untuk berbagai macam usaha seperti restoran cepat saji, kafe, salon, warung. Jika Kamu menyukai desain toko yang modern, Kamu dapat membuat tempat usaha dengan material alami seperti kayu, kaca, dan batu.

4. Desain Mungil

Source : BKK MENU

Desain mungil menjadi pilihan yang menarik bagi Kamu yang mempunyai lahan terbatas akan tetapi ingin mempunyai bisnis sampingan di dalam rumah. Di dalam desain ini ruang yang terbatas akan dimanfaatkan dengan sangat baik untuk membuat rumah yang nyaman sekaligus tempat usaha yang fungsional.

Salah satu keuntungan dari desain satu ini merupakan penggunaan ruang yang efisien. Dalam desain ini setiap ruangannya bisa dimanfaatkan dengan baik tanpa adanya pemborosan sehingga cocok bagi Kamu yang memiliki lahan yang mungil.

5. Konsep Simple

Source : Design Boom

Konsep simple merupakan pilihan yang tepat bagi Kamu yang menginginkan penggabungan antara hunian dan bisnis dengan gaya yang minimalis dan sederhan. Salah satu kelebihan dari desain rumah tinggal sekaligus tempat usaha satu ini yaitu kemudahan dalam pengaturan dan pengelolaan ruang.

Dalam deasin satu ini warung biasanya akan diletakkan pada bagian depan atau bawah rumah yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan. Ruang untuk kegiatan bisnis sederhana seperti minuman dan makanan, jajanan atau toko kecil bisa ditempatkan dengan sangat efisien tanpa mengorbankan ruang pribadi di dalam rumah.

Itu dia beberapa ide desain rumah tinggal sekali tempat usaha yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi. Bagi Kamu yang mau membuka tapi tidak memiliki lahan sendiri, dapat menjadikan beberapa contoh diatas sebagai referensi Kamu ya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download