BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiMudah dan Gratis! Ini 4 Cara Cek BI Checking Secara Online
0
0

Mudah dan Gratis! Ini 4 Cara Cek BI Checking Secara Online

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Mudah dan Gratis! Ini Cara Cek BI Checking Secara Onlinetop-right-banner

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) atau lebih dikenal dengan istilah BI Checking umumnya dilakukan saat seseorang hendak mengajukan permintaan pinjaman atau kredit. Ini termasuk kredit rumah (KPR), kredit usaha rakyat (KUR), kredit kendaraan (KKB), dan kredit tanpa agunan (KTA). Sekarang, tak harus ke kantor cabang, sebab kamu bisa melakukan cek BI Checking secara online. 

Tentunya, cara cek BI Checking secara online jauh lebih mudah dan praktis daripada harus pergi ke kantor cabang. Tak hanya itu, melakukan pengecekan BI Checking secara daring ini juga tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Penasaran bagaimana caranya? Pastikan kamu membaca ulasan ini sampai akhir, ya, Pins! 

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Cek BI Checking dan Tujuannya

Cek BI Checking Secara Online: Apa Itu BI Checking?

Source : Pikiran Rakyat

Seperti disebutkan pada website resmi Sikapi Uangmu milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking adalah pengecekan histori kredit atau pinjaman pada Sistem Informasi Debitur (SDI) milik Bank Indonesia. Pengecekan ini dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman alias debitur maupun lembaga finansial lainnya. 

Saat permohonan pinjaman atau kredit yang diajukan oleh kreditur mendapatkan penolakan berulang kali dari pihak bank atau lembaga finansial lain, ini dapat terjadi karena histori kelancaran agunan atau kolektibilitas pada SID yang tidak bagus. Sekarang ini, SID telah resmi berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). 

Sistem tersebut adalah suatu bentuk sistem informasi yang diatur langsung oleh OJK. Hingga bulan Juli 2022 lalu, OJK telah mencatat jumlah perkembangan total permintaan informasi debitur (iDeb) dari pelapor SLIK sampai pada angka 14,43 juta. Bank umum konvensional (BUK) menjadi pelapor yang paling banyak dalam perkembangan permintaan iDeb tersebut, yaitu sampai 9,26 juta. 

Cara Cek BI Checking Secara Online

Menariknya, sekarang kamu tidak lagi harus berkunjung ke kantor OJK pusat maupun cabang untuk melakukan pengecekan BI Checking. Sebab, kamu dapat melakukan cek BI Checking secara online, begitu pula dengan pengecekan SLIK. Adapun cara cek BI Checking secara online adalah sebagai berikut:

Lakukan registrasi

Source : Pinterest

Sebagai langkah awal, kamu dapat melakukan pendaftaran dari halaman konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Supaya prosesnya jadi lebih mudah, pastikan kamu melakukan pendaftaran melalui laptop dengan jaringan koneksi internet yang memadai. 

Pilih layanan dan isi data

Source : DetikFinance

Selanjutnya, kamu pilih menu “Jenis Pemohon”, lalu tanggal antrean. Ketika sampai pada tahap ini, kamu dapat memilih antrean pada tanggal dan waktu yang masih tersedia. Jika sudah memilih, kamu dapat melanjutkan dengan klik tombol “Lanjut”. Berikutnya, isi semua kolom dengan benar dan lengkap sesuai dengan data yang kamu lampirkan.

Adapun data yang dimaksud seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NIK, telepon, email, dan alamat lengkap yang sesuai dengan kartu identitas. Sementara itu, alamat lainnya dapat diisi dengan alamat yang pernah menjadi tempat tinggal. Lalu, cukup ikuti instruksi selanjutnya. 

Lakukan pengecekan ulang dan periksa email

Source : Pinterest

Tahapan cek BI Checking secara online berikutnya adalah membaca dengan baik apa saja hal yang disertakan dalam kolom persetujuan. Jangan lupa salin captcha pada kolom yang tersedia. Jika sudah, kamu dapat melakukan pengecekan email yang dikirimkan oleh OJK.

OJK akan melakukan pengecekan semua data yang sudah kamu masukkan. Jika datanya sudah sesuai, kamu selanjutnya akan mendapatkan email validasi dari OJK setidaknya antara 1-3 hari berdasarkan tanggal antrean yang kamu pilih.

Baca juga: BI Checking Kol 1 2 3 4 5 Artinya Apa? Simak Yuk!

Kirimkan dokumen yang dibutuhkan

Source : Detikcom

Langkah cek BI Checking secara online yang terakhir adalah melakukan verifikasi melalui WhatsApp menuju nomor yang sudah diberikan. Lalu, kamu akan diminta untuk mengirim semua dokumen yang dibutuhkan. Dokumennya yaitu scan atau foto formulir dan tanda tangan. Selanjutnya, kamu juga dapat melakukan pengambilan swafoto bersama kartu identitas. 

Selain itu, jika pihak pemohon SLIK sudah memenuhi semua syarat dan tenor yang sudah ditetapkan, maka pemohon bisa mendapatkan hasil iDeb yang diajukan secara email. Adapun email tersebut sudah didaftarkan saat melakukan pendaftaran. 

Manfaat Melakukan Pengecekan BI Checking

Source : DetikFinance

Tentunya, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan pengecekan BI Checking sebelum kamu mengajukan permohonan untuk pinjaman atau kredit dana lainnya. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Melancarkan proses penyediaan anggaran sesuai jumlah yang diajukan oleh kreditur.
  • Sebagai salah satu aspek penilaian kualitas debitur.
  • Implementasi manajemen pembiayaan maupun risiko kredit.
  • Verifikasi untuk tujuan kerja sama antara pelapor SLIK dengan pihak ketiga.
  • Meningkatkan disiplin dalam lingkup industri keuangan.
  • Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pelapor SLIK.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Via Hp

Hindari Kredit Macet

Source : Ekbis SINDOnews

Selain mengetahui bagaimana cek BI Checking secara online, pastikan saja kamu tidak memiliki tunggakan alias kredit macet, Pins. Sebab, itu akan sangat berpengaruh terhadap nilai BI Checking kamu. Bukan tidak mungkin, pihak perbankan atau lembaga penyedia pinjaman lainnya tidak meloloskan kredit yang kamu ajukan. 

Oleh karena itu, kamu harus menaksir kemampuan finansial terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit, apapun bentuknya. Sebisa mungkin, selesaikan tunggakan yang sudah berjalan sebelum mengajukan kredit lainnya. Jika kamu berniat untuk mengajukan kredit lain dengan adanya angsuran berjalan, pastikan besar angsurannya tidak melebihi 45% dari total pendapatan bulanan kamu.

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Serpong Lakeville dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download