BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini Cara Pasang Paving Block dengan Benar dan Mudah
0
0

Begini Cara Pasang Paving Block dengan Benar dan Mudah

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Paving block merupakan bahan yang sering kali digunakan untuk membuat halaman pada rumah, jalanan, dan lain sebagainya. Cara pasang paving block juga terbilang cukup mudah. Berbeda dengan mengerjakan bagian rumah lainnya, cara pasang paving block dapat dilakukan oleh orang awam sekali pun.

Cara pasang paving block yang rapi dan tepat tentunya akan membuat tampilan taman atau halaman rumah Kamu menjadi lebih estetik. Keindahan eksterior akan lebih bertambah dengan keberadaan jalan setapak yang disusun mengikuti polanya. Halaman rumah yang biasanya menggunakan aspal atau tanah akan menjadi lebih menarik jika disusun menggunakan paving block yang senada satu sama lainnya.

Paving block atau yang biasa dikenal dengan sebutan conblock sebenarnya merupakan bangunan yang sama seperti batu bata, akan tetapi paving block didesain sedemikian rupa sehingga memiliki beraneka raga bentuk dan rupa dan mempunyai variasi warna. Bahan penyusunannya tetap sama, yaitu terbuat dari campuran pasir, air, dan semen.

Sebelum lanjut kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harga rumah di Bekasi. Kamu yang ingin menjual rumah second di Kota Bandung juga bisa memanfaatkan titip jual rumah di Pinhome

Baca juga: Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Cara Pasang Paving Block dengan Benar dan Mudah

Source : Pixabay

Cara pemasangan paving block hampir mirip dengan cara pemasangan ubin atau keramik di lantai interior rumah. Perbedaannya berada pada bahan bangunan pendukung dan peralatan yang digunakan. Bentuk paving block yang bervariasi membuat pekerjaan ini akan terlihat rumit jika dibandingkan dengan menyusun ubin yang terbilang lebih simetris.

Sebelum memasang paving block, Kamu harus paham terlebih dahulu bahwa ukuran paving block tergantung pada model materialnya. Ketika melihat galeri paving block di toko bangunan, Kamu dapat memilih salah satu model terlebih dahulu yang Kamu suka. Dengan begitu, Kamu dapat mengetahui ukurannya, lalu menentukan kuantitas pembeliannya agar dapat menutupi area halam rumah Kamu.

Lalu, bagaimana cara pasang paving block dengan benar dan mudah? Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Tata Letak

Area di mana Kamu ingin memasang paving block perlu mempunyai sedikit kemiringan sehingga air bisa melewatinya. Genangan air bisa membuat paving block lama-lama akan rusak dan berlubang. Jadi, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan untuk membuat tata area yang akan dipasang paving block.

Tandai dengan memasang pasak kayu dan membuat desain dengan tali atau benang tipis. Kemudian, gunakan cat penanda untuk menggambar garis luar 8 inci di luar area yang akan dieksekusi.

2. Perkirakan Jumlah Bahan yang Harus Dibeli

Source : Pixabay

Buatlah garis besar untuk membantu Kamu dalam menentukan jumlah paving block, pasir yang akan dibeli, dan bahan dasar. Ukur panjang dengan lebar untuk mendapatkan total luas persegi. Kemudia, tambahkan 10 persen dari hasil hitungan untuk berjaga-jaga jika kurang.

Jika ingin memasang paving block pada kurva atau meletakkanya secara diagonal, tingkatkan kelebihannya menjadi 15 sampai 20 persen.

3. Gali Area yang Ingin Dieksekusi

Langkah berikutnya dalam cara pasang paving block yaitu menggali area yang akan dieksekusi. Jika terdapat rumput, singkirkan rumput terlebih dahulu hingga mencapai tanah di bawahnya. Periksa juga ada kemiringan ke bawah sekitar 1 inci (vertikal) per 48 inci (horizontal).

Pada tahapan ini, Kamu perlu memindahkan tanah atau menambahkan pasir untuk membuat kemiringan. Agar paving block dapat rata dengan permukaan tanah, gali sekitar 5 inci ke bawah untuk memungkinkan bahan dasar 4 inci. Ditambah lapisan pasir 1 inci, dan tambahkan ketebalan paving block 1 inci.

4. Haluskan Area

Gunakan sekop dan tamper untuk menghaluskan area yang akan dipasangi paving block. Jangan lupa untuk memadatkan tanah dengan alat pemadatan.

5. Sebarkan Bahan Dasar

Dengan sekop dan gerobak, pindahkan bahan dasar (batu pecah) ke area yang akan dipasangi paving block. Sehabis setiap dua atau tiga beban, sebarkan material dengan sekop dan penggaruk. Kemudia, sebarkan bahan dasar di seluruh area.

Ratakan bahan dasar yang telah disebar dan dipadatkan dengan kuat. Dalam melakukan tahap dalam cara pasang paving block satu ini, Kamu dapat menyiapkan selang air untuk menyemprot bahan dasar sesekali. Hal ini akan membantu untuk memadatkan bahan dasar dan mengurangi butiran pasir yang bertebangan.

6. Tambahkan Tepi

Source : Pixabay

Tambahkan penahan tepi di atas bahan dasar. Beberapa jenis bahan untuk bagian tepi mungkin saja harus ditancapkan ke tanah.

7. Letakkan Pasir Kasar

Langkah berikutnya yaitu meletakkan pasir kasar setebal kira-kira 1 inci. Pastikan untuk menjaga ketinggian di seluruh area karena ini merupakan lapisan terakhir. Jadi, tingginya akan menentukan tinggi kahir teras paving block.

Salah satu cara untuk menjaga ketinggian agar tetap konsisten dengan meletakkan dua pipa ¾ inci. Kemudia tuangkan pasir di atas pipa. Pipa akan berguna sebagai pelindung yang mengehntikan screed agar tidak turun lebih jauh ke bawah.

Setelah pasir diletakkan, lepaskan pipa dengan hati-hati. Isi rongga yang ditinggalkan oleh pipa menggunakan pasir kasar. Lalu, ratakan dengan tangan secara hati-hati.

8. Memasang Paving Block

Langkah berikutnya yaitu memasang paving block di atas bahan dasar dan pasir yang telah disebar. Mungkin saja Kamu masih bertanya-tanya, bagaiman cara pasang paving block? Sebenarnya, cara memasangnya terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakkan satu persatu paving block di atas dasar pasir kasar.

Jaga paving block agar tetap rapat satu sama lain, karena celah yang terlalu lebar bisa membuat rumput liar akan tumbuh. Ketika meletakkan paving blcok, sesekali tekan paving block dengan mengetuknya dengan menggunakan palu secara perlahan.

Gunakan potongan kecil berukuran dua kali empat untuk melunakkan benturan dan untuk digunakan sebagai pengukur leveling. Cara ini akan membantu paving block berdekatan secara rata satu dengan lainnya.

9. Tambahkan Pasir Ke Sela-Sela Paving Block

Source : Pixabay

Langkah terakhir yaitu menambahkan pasir halus ke sela-sela paving block yang telah dipasang seluruhnya. Caranya, dengan menyebarkan pasir halus di atas paving block. Lalu, sapu pasir di seluruh permukaan agar pasir masuk ke sela-sela paving block.

Pada saat paving block telah cukup kokoh dan tidak lagi bergerak ketika diinjak, hal ini berarti Kamu telah berhasil memasang paving dengan benar dan tepat. Jika masih terdapat sisa pasir, Kamu dapat menyapunya saja lalu membuangnya.

Itu dia penjelasan tentang cara pasang paving block dengan benar dan mudah. Semoga informasi yang Pinhome dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download