BlogPemilik Properti3 Cara Mengusir Kucing dari Atap Rumah Tanpa Menyakiti
0
0

3 Cara Mengusir Kucing dari Atap Rumah Tanpa Menyakiti

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jan 1, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengusir kucing dari atap rumah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Kucing, dengan sifat penjelajahnya dan kegemarannya berada di tempat yang tinggi, sering kali membuat atap rumah menjadi tempat favorit untuk beristirahat atau sekadar mengamati sekitar. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa cara usir kucing di atap rumah tanpa menyakitinya.

Meskipun kehadiran mereka bisa menjadi menggemaskan, namun terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari atau bahkan membahayakan diri mereka sendiri. Untungnya, ada beberapa cara yang efektif untuk mengusir kucing dari atap rumah tanpa harus menyakiti atau mengganggu mereka secara berlebihan.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Cara Mengusir Kucing dari Atap Rumah Tanpa Menyakiti

Source : Pixabay

Cara mengusir kucing dari atap rumah harus dilakukan dengan cara yang hati-hati. Hal tersebut dikarenakan jika dilakukan dengan langkah yang tidak tepat, bukan tidak mungkin kucing malah merasa terganggu dan atap rumah bisa berpotensi rusak.

Atap rumah merupakan salah satu area yang disukai oleh para kucing. Terutama kucing juga suka membuang kotoran di atap rumah sehingga tentu saja akan mengganggu para penghuni rumah. Oleh karena itu, mengetahui cara mengusir kucing dari atap rumah sangat penting. Berikut ini beberapa cara mengusir kucing dari atap rumah tanpa menyakitinya.

1. Memanfaatkan Bau Tertentu

Source : Pixabay

Cara mengusir kucing dari atap rumah yang pertama yaitu memanfaatkan bau tertentu. Kucing memiliki indera penciuman yang sangat tajam, dan beberapa bau bisa membuat mereka enggan mendekati atau tinggal di suatu tempat. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa Kamu manfaatkan:

a. Jerami Jeruk atau Lemon

Jerami jeruk atau lemon memiliki aroma yang tidak disukai oleh kucing. Kamu dapat memotong jerami jeruk atau lemon kecil-kecil dan menaruhnya di sekitar atap rumah. Aroma dari bahan ini dapat membuat kucing enggan untuk tinggal di area tersebut.

b. Cuka Sari Apel

Source : Pixabay

Mencampurkan cuka sari apel dengan air dan menyemprotkannya di sekitar atap rumah bisa menjadi pengusir kucing yang efektif. Bau asam dari cuka sari apel akan membuat kucing merasa tidak nyaman dan meninggalkan area tersebut.

c. Serbuk Cabai atau Lada Hitam

Kucing juga tidak menyukai bau dan rasa pedas. Kamu bisa menyemprotkan air yang dicampur dengan serbuk cabai atau lada hitam di sekitar atap rumah. Pastikan untuk tidak menyemprotkan langsung ke arah kucing agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit mereka.

d. Pancing dengan Makanan

Cara mengusir kucing dari atap rumah yang terbilang cukup mudah dan ampuh yaitu dengan memancingnya dengan bau makanan. Makanan yang Kamu siapkan dapat berupa ikan ataupun makanan khusus kucing. Letakkan makana tersebut di dekat lubang plafon ataupun area keluar. Jika dirasa perlu, simpan makanan sedikit-sedikit di rute keluar sehingga kucing dapat pergi dari plafon dengan aman.

2. Membuat Perangkap Suara atau Gerakan

Source : Pixabay

Cara usir kucing di atap rumah yang berikutnya yaitu dengan membuat perangkap suara ataupun gerakan. Kucing cenderung sensitif terhadap suara tiba-tiba atau gerakan yang tidak terduga. Beberapa alat sederhana dapat digunakan untuk membuat perangkap suara atau gerakan yang akan membuat kucing merasa terganggu dan meninggalkan atap rumah.

a. Alat Pemantau Gerakan (Motion Sensor)

Letakkan alat pemantau gerakan di area di mana kucing sering muncul. Ketika kucing mendekati sensor, alat tersebut akan menghasilkan suara atau cahaya yang dapat membuat mereka terkejut dan pergi.

b. Pemancar Suara Ultrasonik

Pemancar suara ultrasonik menghasilkan suara frekuensi tinggi yang tidak terdengar oleh telinga manusia tetapi mengganggu bagi kucing. Letakkan pemancar suara ini di sekitar atap rumah untuk mengusir kucing.

3. Menggunakan Penghalang Fisik

Source : Pixabay

Cara mengusir kucing dari atap rumah yang terakhir dan termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kucing naik ke atap adalah dengan menggunakan penghalang fisik yang menghambat akses mereka. Berikut ini beberapa penghalang fisik yang dapat Kamu gunakan:

a. Pagar atau Rambu Penghalang

Pasang pagar atau rambu penghalang di sekitar area atap yang sering diakses oleh kucing. Pastikan penghalang tersebut cukup tinggi atau sulit bagi kucing untuk melompatinya.

b. Jaring atau Kawat Halus

Kamu juga dapat memasang jaring atau kawat halus di sekitar tepi atap rumah. Hal ini tentunya dapat  membuat kucing kesulitan untuk berjalan atau tiduran di atas atap. Sehingga kehadiran kucing di atap rumah dapat terhindarkan.

c. Potongan Potongan Ranting atau Dahan

Kamu juga dapat meletakkan potongan-potongan ranting atau dahan di sekitar atap rumah. Kucing tidak akan nyaman untuk melompat atau berjalan di atas benda-benda yang tidak rata atau tajam. Sehingga kucing enggan berjalan ke arah atap rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Mengusir kucing dari atap rumah memang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Tidak ada cara instan yang bisa langsung mengubah kebiasaan kucing untuk naik ke atap. Konsistensi dalam menerapkan cara-cara ini akan membantu mengajari kucing untuk menjauhi atap rumah tanpa harus menyakiti mereka.

Ingatlah, penting untuk memperlakukan hewan dengan baik dan tanpa kekerasan dalam mengusir mereka dari area yang tidak diinginkan. Dengan sedikit kesabaran dan usaha, Kamu dapat mencapai lingkungan rumah yang damai tanpa mengganggu kucing sekitar. Itu dia beberapa cara mengusir kucing dari atap rumah yang dapat Kamu terapkan. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download