BlogPemilik PropertiDesain HunianSuka Terganggu Dengan Bau Cat Kayu? Terapkan 7 Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu Ini!
0
0

Suka Terganggu Dengan Bau Cat Kayu? Terapkan 7 Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu Ini!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghilangkan bau cat kayutop-right-banner

Tahap finishing dari membuat furnitur berbahan kayu adalah pengecatan. Penggunaan cat kayu ini bertujuan untuk menjadikan tampilan furnitur kian estetik dan mengkilap. Namun, bau cat yang menyengat kadang mengganggu pernafasan bukan, Pins? Untuk itu kamu perlu mengetahui cara menghilangkan bau cat kayu demi kenyamanan bersama.

Dalam ulasan ini, kami akan membeberkan beberapa cara cepat dan aman untuk membantu menghilangkan ataupun meminimalisir bau yang timbul karena cat kayu ini. Simak penjelasannya sampai akhir ya Pins!

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu di Rumah

Saat tahap pengecatan perabot berbahan kayu selesai, diperlukan waktu untuk perabot tersebut siap dipakai. Selain memang harus menunggu hingga kering, bau yang dikeluarkan pun terkadang dapat membuat perih mata. Bila didiamkan terlalu lama bisa menyerang kepala dan mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Untuk itu, coba kamu simak beberapa cara menghilangkan bau cat kayu di rumah berikut terlebih dahulu ya!

Baca juga: Mengenal Kayu Mindi: Ciri Khas, Kekurangan, dan Kelebihannya

Pilihlah Cat dengan Kualitas Terbaik

cara menghilangkan bau cat kayu
Source : Indigo Paints

Bau cat kayu sebenarnya dapat Pins minimalisir dengan memilih cat kayu yang berkualitas. Semakin baik kualitas merek yang dipilih, maka bisa meminimalisir munculnya bau menyengat yang mengganggu pernafasan.

Beberapa merek cat juga sudah terbukti baik bagi kesehatan bahkan aman jika dihirup oleh balita sekalipun. Maka dari itu, sebaiknya Pins memilih merek terbaik dan disesuaikan dengan penggunaannya ya!

Pengecatan Sebaiknya Dilakukan di Luar Ruangan

Source : The Family Handyman

Nah, tips selanjutnya adalah usahakan untuk melakukan pengecatan di luar ruangan. Hal ini bisa berlaku untuk beberapa perabot interior seperti meja, kursi, lemari berbahan kayu yang finishingnya dilakukan di ruangan terbuka.

Selain cepat kering karena bantuan dari sinar matahari secara langsung, bau menyengat yang keluar dari cat kayu akan menyebar dan tidak terbatas dalam ruang. Kamu pun juga bisa bernafas dengan baik tanpa gangguan.

Baca juga: 10 Warna Cat Pintu Kayu yang Bagus untuk Kesan Lebih Mewah

Beri Kopi Bubuk Pada Ruangan

Source : Indiamart

Pemberian kopi bubuk dalam ruang memang sudah tidak asing lagi di telinga. Bubuk kopi yang ditaruh di beberapa sudut ruang terkenal mampu menyerap bau tak sedap. Tidak hanya bau menyengat dari cat kayu saja, pemberian bubuk kopi pada ruang juga menjadi salah satu opsi untuk membuat pengharum ruangan secara alami.

Tidak heran pemakaiannya sering ditemukan di berbagai hunian. Bubuk kopi yang mampu menyerap aroma menyengat pada cat dapat membuat bau dari cat hilang dengan sendirinya.

Baca juga: 12 Rekomendasi Coffee Maker (Mesin Kopi) Terbaik

Buka Jendela Maupun Pintu

cara menghilangkan bau cat kayu
Source : Schools Week

Pengecatan yang dilakukan di luar ruangan memang memiliki manfaat lebih baik dibandingkan pada ruang tertutup. Namun bila tidak ada pilihan untuk melakukan pengecatan luar ruangan karena lahan atau halaman terbatas, maka Pins bisa mengakalinya kok.

Untuk meminimalisir bau menyengat yang keluar dari cat kayu, kamu bisa membuka pintu maupun jendela yang ada di ruang saat proses pengecatan dilakukan. Hal tersebut berguna agar aliran udara yang berada di dalam ruang dapat berputar dan pelan-pelan akan menghilangkan bau cat kayu.

Baca juga: 10 Merk Cat Kayu Mengkilap Dan Hasil Bagus

Nyalakan Kipas Angin

Source : Home Stratosphere

Kipas angin yang berada di rumah tidak serta merta hanya membuat udara di dalamnya terasa lebih dingin, Pins. Alat elektronik tersebut juga bisa membantu menghilangkan bau cat dalam ruangan. Hal ini dapat dilakukan khususnya bila ruangan tidak memiliki ventilasi yang cukup.

Kipas angin ini akan mendorong bau cat menuju ke luar ruangan, sehingga baunya tidak terlalu menyengat dalam ruangan.

Baca juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu yang Unik dan Kekinian

Gunakan Bawang

Source : Medical News Today

Cara termudah lainnya untuk menghilangkan bau cat kayu yang menyengat adalah menggunakan segala jenis bawang. Bawang terkenal memiliki bau menyengat yang mampu meresap bau menyengat lain di sekitarnya.

Kamu cukup mengiris salah satu jenis bawang dan campurkan dengan air. Tempatkan pada sudut-sudut ruangan untuk hasil maksimal. Air berguna pula untuk meredam rasa perih pada mata akibat gas yang keluar dari bawang.

Manfaatkan Arang

Source : Besthealthmagz

Tidak hanya kopi bubuk, arang atau charcoal juga dikenal mampu menyerap bau menyengat yang berasal dari cat kayu. Walaupun kekuatan penyerahannya tidak semaksimal bubuk kopi, namun arang dapat digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan bau cat kayu secara perlahan.

Cukup mudah bukan Pins? Beberapa cara menghilangkan bau cat kayu di atas bisa menjadi langkah-langkah sederhana dalam meminimalisir bau menyengat yang mengganggu kesehatan. Selain itu usahakan pula dalam proses pengecatan, kamu menggunakan pelengkap keamanan seperti masker dan sarung tangan ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Kayu Kamper Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download