Pinhome

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 13 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Tahap finishing dari membuat furnitur berbahan kayu adalah pengecatan. Cat kayu yang digunakan bertujuan untuk menjadikan tampilan furnitur kian berestetika dan terlihat mengkilap. Namun, bau cat yang menyengat kadang mengganggu pernafasan bukan Pins? Untuk itu perlunya mengetahui cara menghilangkan bau cat kayu demi kenyamanan bersama.

Baik perabot baru maupun dalam rangka perawatan memerlukan cat sebagai penunjang tampilan. Namun sayangnya bau yang timbul dari setelah pengecatan memang terkadang sangat menyengat dan membuat tidak nyaman. Apabila tidak diatasi dengan cepat, bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan Pins!

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu di Rumah

Saat tahap pengecatan perabot berbahan kayu selesai, diperlukan waktu untuk perabot tersebut siap dipakai. Selain memang harus menunggu hingga kering, bau yang dikeluarkan pun terkadang dapat membuat perih mata dan bila didiamkan terlalu lama akan menyerang kepala. Untuk itu, coba kamu simak beberapa cara menghilangkan bau cat kayu di rumah berikut terlebih dahulu ya!

Baca Juga: Mengenal Kayu Mindi: Ciri Khas, Kekurangan, dan Kelebihannya

Pilihlah Cat dengan Kualitas Terbaik

cara menghilangkan bau cat kayu
(Indigo Paints)

Cara menghilangkan bau cat kayu sebenarnya dapat diminimalisir dengan pemilihan cat kayu yang berkualitas. Semakin baik kualitas merek yang dipilih maka, akan meminimalisir adanya bau menyengat yang mengganggu pernafasan. Beberapa merek diantaranya memang sudah terbukti baik bagi kesehatan bahkan dihirup oleh balita sekali pun. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah merek terbaik dan disesuaikan dengan penggunaannya ya!

Pengecatan Sebaiknya dilakukan di Luar Ruangan

(The Family Handyman)

Nah, tips selanjutnya adalah usahakan untuk melakukan pengecatan di luar ruangan. Hal ini bisa berlaku untuk beberapa perabot interior seperti meja, kursi, lemari berbahan kayu yang finishing pada bagian akhirnya dilakukan di ruangan terbuka. Selain cepat kering karena bantuan dari sinar matahari secara langsung, bau menyengat yang keluar dari cat kayu akan menyebar dan tidak terbatas dalam ruang. Kamu pun juga bisa bernafas dengan baik tanpa gangguan.

Pemberian Kopi Bubuk Pada Ruangan

(Indiamart)

Untuk pemberian kopi bubuk dalam ruang memang sudah tidak asing lagi di telinga. Bubuk kopi yang ditaruh di beberapa sudut ruang sudah terkenal mampu menyerap bau tak sedap. Tidak hanya bau menyengat dari cat kayu saja, pemberian bubuk kopi pada ruang juga menjadi salah satu cara membuat pengharum ruang secara alami. Tidak heran pemakaiannya sering ditemukan di berbagai hunian. Bubuk kopi yang mampu menyerap aroma menyengat pada cat dapat membuat bau dari cat hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Coffee Maker (Mesin Kopi) Terbaik

Membuka Jendela Maupun Pintu

cara menghilangkan bau cat kayu
(Schools Week)

Pengecatan yang dilakukan di luar ruangan memang memiliki manfaat lebih baik dibandingkan pada ruang tertutup. Namun bila tidak ada pilihan dalam melakukan pengecatan luar ruangan, Pins pasti harus melakukannya di dalam ruang. Salah satu contohnya adalah hunian dengan lahan terbatas yang tidak memiliki halaman.

Untuk meminimalisir bau menyengat yang keluar dari cat kayu, kamu bisa membuka pintu maupun jendela yang ada di ruang saat proses pengecatan dilakukan. Hal tersebut berguna agar aliran udara yang berada di dalam ruang dapat berputar dan pelan-pelan akan menghilangkan bau cat kayu.

Baca Juga: 10 Merk Cat Kayu Mengkilap Dan Hasil Bagus

Cara Menghilangkan Bau Cat dengan Kipas Angin

(Home Stratosphere)

Kipas angin yang berada di rumah tidak serta merta hanya membuat udara di dalamnya terasa lebih dingin Pins. Alat elektronik tersebut juga membantu menghilangkan bau cat dalam ruangan. Hal ini bisa dilakukan khususnya bila dalam ruangan tidak memiliki ventilasi yang cukup. Memanfaatkan kipas angin sebagai cara menghilangkan bau cat dapat digunakan untuk mendorong bau cat menuju ke luar ruangan, sehingga baunya dalam ruangan tidak terlalu menyengat.

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu dengan Bawang

(Medical News Today)

Cara termudah lainnya dalam menghilangkan bau cat kayu yang menyengat adalah menggunakan segala jenis bawang yang tersedia di rumah. Bawang yang memang terkenal memiliki bau yang menyengat akan mampu meresap bau menyengat lainnya di sekitarnya. Kamu cukup mengiris salah satu bawang dan campurkan dengan air. Tempatkan pada sudut-sudut ruangan untuk hasil maksimal. Air berguna pula untuk meredam rasa perih pada mata yang keluar dari bawang.

Arang

(Besthealthmagz)

Arang pun juga merupakan salah satu bahan yang berfungsi untuk menyerap bau tidak sedap. Tidak hanya kopi bubuk, arang atau disebut juga sebagai charcoal mampu menyerap bau menyengat yang berasal dari cat kayu. Walaupun kekuatan penyerahannya tidak semaksimal bubuk kopi, arang dapat digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan bau cat kayu secara perlahan.

Cukup mudah bukan Pins, beberapa cara menghilangkan bau cat kayu di atas bisa menjadi langkah-langkah sederhana dalam meminimalisir bau menyengat yang mengganggu kesehatan. Selain itu usahakan pula dalam proses pengecatan, kamu menggunakan pelengkap keamanan seperti masker dan sarung tangan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Mengenal Kayu Kamper Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia