Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Benda-Benda Di Rumah Penyebab Gangguan Pernafasan

Kesehatan

Benda-Benda Di Rumah Penyebab Gangguan Pernafasan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Setiap rumah tentu memiliki banyak benda-benda, seperti perabotan, peralatan bersih-bersih, peralatan memasak dan dekorasi rumah. Benda-benda tersebut tentu membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat bersih dan bebas dari debu. Namun banyak juga benda-benda di rumah yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan jika menghirup baunya. Gangguan pernafasan tersebut ditandani dengan sasak nafas dan susah untuk bernafat. Hal tersebut tentu akan mebuat kesehatan Anda menjadi terganggu. Nah, berikut benda di rumah yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan, antara lain :

Sepatu

Sepatu dapat membuat Anda mengalami gangguan pernafasan. Partikel yang menempel di dasar sepatu, seperti tanah maupun debu dapat membuat Anda terkena alergi. Apalagi jika sepatu tersebut selalu digunakan di luar rumah setiap harinya, tentu tanah dan debu yang menempel pada sepatu semakin banyak dan dapat membahayakan kesehatan. Sebaiknya lepaskan sepatu yang sudah Anda gunakan, lalu simpan di luar ruangan. Jika ingin memasukkan sepatu ke dalam rumah, pastikan sepatu Anda bersih terlebih dahulu.

Kemoceng

Benda lain yang menyebabkan gangguan pernafasan yaitu kemoceng. Kemoceng sering digunakan untuk mebersihkan jendela, kursi teras, meja bahkan dashboard. Hal tersebut tentu akan membuat kemoceng menjadi sarang debu. Sebaiknya segera bersihkan kemoceng Anda setelah digunakan untuk membersihkan benda-benda lainnya, agar kemoceng tidak menjadi sarang debu yang dapat membuat pernafasan terganggu.

Pembersih Toilet

Pembersih toilet cenderung memiliki kandungan klorin dan desinfektan. Kedua kandungan tersebut memiliki aroma yang sangat menyengat. Aroma yang ada pada klorin dan desinfektan dapat menganggu pernafasan, sehingga oksigen dan darah yang menuju ke paru-paru dapat terganggu. Agar Anda terhindar dari gangguan pernafasan akibat dari klorin dan desinfektan, Anda dapat menggunakan air panas untuk membersihkan toilet rumah Anda. Air panas terbukti mampu mematikan kuman-kuman yang ada di kamar mandi.

Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner selalu digunakan untuk membersihkan benda-benda yang ada di rumah, seperti karpet dan lainnya. Hal tersebut tentu akan membuat vacuum cleaner menjadi tumpukan debu. Debu-debu yang terdapat di vacuum cleaner akan menyebabkan munculnya tungau dan akan menyebabkan Anda terserang batuk bahkan asma. Setelah menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya langsung bersihkan dengan menggunakan sarung tangan serta masker, agar debu di vacuum cleaner tidak menempel di tangan Anda.

Bulu Kucing

Apabila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, seperti kucing sebaiknya jangan biarkan hewan tersebut masuk ke dalam rumah. Berilah tempat yang nyaman untuk hewan peliharaan Anda di luar rumah. Selain terjaga kebersihannya, bulu-bulu kucing juga tidak akan menempel di dalam rumah, terlebih di dalam kamar dan tempat makan. Bulu kucing dapat menyebabkan Anda terserang batuk hingga alergi.

Bersihkanlah benda-benda yang ada di dalam rumah secara teratur, agar debu yang menempel di benda tersebut tidak akan menganggu pernafasan dan kesehatan Anda.selain membuat rumah menjadi bersih, Anda juga akan terhindar dari penyakit.

Tags :

Bagikan Artikel