Pinhome

Tips Properti

Cara Mendekorasi Kamar Bayi

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagi pasangan suami istri yang hendak memiliki baby, pasti sedang semangat-semangatnya membuatkan kamar sendiri untuk sang bayi kelak. Mendekorasi kamar untuk anggota baru dalam keluarga memang menjadi pengalaman paling menyenangkan. Apalagi jika itu adalah anak pertama, sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil. Mendesain kamar bayi memang tidak bisa dilakukan sendirian. Butuh ahli profesional yang bisa mendekor kamar bayi yang indah. Tapi, tak ada salahnya jika kita memiliki ide dalam mendesain kamar bayi. Meskipun hanya untuk bayi, setiap orang tua ingin memberikan kenyamanan dan tempat yang indah bagi sang anak. Sebelum membuat keputusan mendekorasi kamar, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Jenis Kelamin

Sebelum bayi lahir, tentu dari dokter pasti sudah memberi tahu kira-kira berjenis kelamin apa bayi yang dikandung lewat metode USG. Setelah mengetahui jenis kelamin, hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih tema atau desain kamar bayi. Pertimbangkan pula berapa luas yang akan digunakan, dan berapa banyak waktu luang yang akan diberikan oleh orang tua kepada bayinya. Warna-warna yang cocok bagi bayi yang baru lahir sebaiknya warna yang netral, misalnya biru, kuning, hijau atau putih.

desain kamar bayi
desain kamar bayi

Lokasi

Bayi yang baru lahir pasti lebih sering menangis. Sebaiknya lokasi kamar adalah lokasi yang tenang dan jauh dari keributan. Ketenangan sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru saja lahir. Hindari ruang tidur yang dekat dengan jalan atau area yang memungkinkan adanya keributan.

Tema Ruangan

Desain kamar pasti membutuhkan tema ruangan. Tema ruangan bisa didapat dari googling atau mencari tahu melalui toko-toko bayi yang dikunjungi. Selain itu, beberapa perlengkapan tidur yang akan dibeli bisa juga menjadi konsep untuk tema ruangan. Ada beberapa tema yang bisa diambil untuk dijadikan dekorasi kamar bayi, yaitu:

  1. Tema Hewan. Tema hewan sering sekali dijadikan tema ruangan untuk bayi yang baru lahir. Biasanya boneka beruangan adalah jenis hewan yang paling sering dijadikan tema. Bisa juga anak kucing, burung, dan lain sebagainya. Tema hewan ini mudah sekali dicari, tinggal googling atau berkunjung di baby shop, pasti akan langsung menemukan segala sesuatu  yang berhubungan dengan tema tersebut. Tema tersebut biasanya dijual dalam bentuk seprai, selimut, aksesoris kamar hingga wallpaper.
  2. Tema Kartun. Tema ini juga sering dijadikan tema untuk dekor kamar anak. Sebut saja kartun seperti Frozen, Hello Kitty, Winnie The Pooh, Snoopy, Aladdin, Donal Bebek, Micky Mouse, dan masih banyak lagi. Terkadang cerita dongeng seperti Cinderela juga menjadi tema yang populer untuk dipilih. Namun, karena kamar ini untuk bayi, sebaiknya gunakan tema ini ketika anak sudah mulai masuk PAUD atau TK.

Tags :

Bagikan Artikel