Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Menanam Kabel Instalasi Listrik Didalam Dak Lantai Beton

Cara Menanam Kabel Instalasi Listrik Didalam Dak Lantai Beton

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Salah satu metode pemasangan instalasi listrik pada rumah bertingkat yaitu dengan cara ditanam didalam lantai. Tujuanya agar terlihat rapi, apalagi jika bagian bawah lantai hendak dimanfaatkan sekaligus sebagai plafond. Maka cara menanam kabel instalasi listrik di dalam dak lantai beton perlu diperhatikan.

Pinhome – Namun yang perlu diingat adalah dari sisi keamanan, karena yang namanya besi pada beton bertulang itu bersifat konduktor yang mampu menghantarkan arus listrik. Jika ada kebocoran maka bisa menyebabkan bahaya kesetrum. Oleh karena itu seluruh komponen instalasi harus dipasang secara aman.

Baca Juga: 

Cara Menanam Kabel Instalasi Listrik Didalam Dak Lantai Beton

cara menanam kabel instalasi listrik didalam dak lantai beton
(Dekoruma.com)

Terdapat beberapa cara menanam kabel instalasi listrik didalam beton yang mudah dan aman untuk dilakukan. Berikut selengkapnya:

  1. Pemasangan bekisting dan pembesian dilakukan sampai selesai.
  2. Memasang pipa conduit di atas besi tulangan bagian bawah.
  3. Memasukan kabel didalam pipa conduit, pastikan seluruh kabel tersambung dengan baik, kuat, dan tertutup aman sesuai dengan rencana tata letak instalasi.
  4. Memasang setiap sambungan pipa conduit dengan T-Dus, dan membungkus ujung sambungan dengan
  5. Setelah semua instalasi listrik yang akan ditanam didalam dak lantai sudah terpasang dengan baik dan benar, maka bisa dilanjutkan ke pekerjaan pengecoran.

Baca Juga: 

Alat Pengaman yang Bisa Digunakan

(Teknik-Listrik.com)

Beberapa bahan alat listrik berikut ini bisa dipakai untuk pengaman ketika melakukan pemasangan:

  • Pipa Conduit untuk membungkus kabel.
  • T-Dus sebagai penutup sambungan pipa conduit.
  • Lasdop membungkus ujung sambungan kabel.
  • Isolasi kabel pembungkus kabel.

sedangkan alat yang dipakai untuk memasangnya meliputi tang kabel, gergaji besi untuk memotong pipa conduit, isolasi hitam untuk membungkus sambungan kabel, serta alat-alat lain yang dibutuhkan.

Begitulah cara menanam kabel instalasi listrik didalam dak lantai beton dengan aman agar terhindar dari bahaya kesetrum dikemudian hari. memang kelihatanya sedikit merepotkan jika dibanding dengan hanya memasang kabel begitu saja tanpa pembungkus. 

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel