BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini 7 Cara Memasang Granit yang Tepat Agar Awet
0
0

Begini 7 Cara Memasang Granit yang Tepat Agar Awet

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi sebagian orang mungkin saja penasaran bagaimana cara memasang granit yang tepat agar awet. Jika Kamu tertarik untuk mengetahui hal tersebut , pada artikel ini Pinhome akan menjelaskan beberapa cara memasang granit yang tepat agar awet. Simak artikel ini sampai habis ya.

Tidak hanya marmer ataupun keramik saja, salah satu jenis penutup lantai yang sering kali dijadikan pilihan oleh beberapa orang untuk menghiasi ruangan adalah granit. Granit mempunyai beberapa kelebihan seperti mempunyai kesan yang elegan, mewah, desain dan motif yang menarik, sampai harga granit yang dapat dikatakan cukup bervariasi.

Jika Kamu memakai granit lantai rumah maka terdapat beberapa hal yang harus Kamu perhatikan. Selain ukuran dari granit, hal lain yang dapat Kamu pertimbangkan yaitu cara pemasangannya. Walaupun pada umumnya nat dipakai ketika proses pemasangan granit akan tetapi terdapat beberapa orang yang tertarik untuk mencoba memasang granit tanpa nat untuk mendapatkan tampilan yang lebih indah.

Akan tetapi, proses pemasangan granit tanpa nat membutuhkan perhatian dan teknik yang benar agar tetap awet.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Cara Memasang Granit yang Tepat Agar Awet

(Quality Stines

Granit sudah lama menjadi favorit dalam dunia desain interior dan eksterior, apalagi sebagai penutup lantai, dinding, dan perabotan rumah tangga lainnya. Ketahanan, kekuatan, dan kilau dari permukaannya bisa membuat granit lebih unggul dan menjadi pilihan bagi banyak orang.

Akan tetpai, pemasangan granit bukan tugas yang mudah. Dibutuhkan perencanaan dan eksekusi yang hati-hati agar granit terpasang dengan tepat dan awet. Berikut ini beberapa cara memasang granit yang tepat agar awet.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan sebelum memasang granit yaitu menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang dimaksud disini yaitu alat yang biasa digunakan untuk proses pemasangan lantai. Mulai dari pasir, air, roskam, palu karet, semen, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

2. Menyiapkan Olahan Semen

Source : Work Tops

Cara memasang granit berikutnya yang harus Kamu lakukan yaitu menyiapkan olahan semen yang tepat agar granit tersebut dapat merekat dengan kuat. Komposisi pasir, semen, dan air juga harus sesuai. Artinya, semen tersebut harus pada terlebih dahulu ketika pemasangan granit dilakukan. Selain komposisi tersebut, Kamu juga dapat menggunakan semen yang instan.

Buatlah keduanya dengan komposisi masing-masing dapat dengan adukan semen setengah basah ataupun setengah kering. Hal in tergantung dengan kebutuhan diri Kamu sendiri. Untuk perbandingannya, kamu dapat menggunakan semen dan pasri dengan perbandingan 1:3 lalu siram dengan acian encer.

3. Cek Kondisi Granit

Sebelum melakukan proses pemasangan, Kamu harus mengecek terlebih dahulu kondisi dari granit tersebut. Kamu harus memastikan tidak adanya keretakan ataupun goresan pada permukaanya. Jika terdapat goresan dan keretakan maka berpotensi pecah ketika dilakukan pemasangan.

4. Menggambar Pola

Source : Pixabay

Gambar pola harus dilakukan agar memudahkan pengerjaan dalam pemasangan granit. Untuk memulainya, Kamu dapat menggambarnya dari bagian tengahnya. Sedangkan untuk bagian sisinya atau yang lainnya dapat Kamu lakukan pemotongan sesuai gambar pola tersebut.

5. Aplikasikan Adukan Semen

Cara memasang granit berikutnya yaitu mengaplikasikan adukan semen ke permukaan lantai yang ingin dipasangkan granit. Kamu dapat menggunakan roskam tertakik dan jangan lupa untuk memastikan jika olesan pada permukaan tersebut mempunyai ketebalan yang cukup. Sehingga, ujung takit tidak akan menyentuh permukaan lantai ketika membuat lubang garisnya.

Kamu juga harus memastikan pada pengaplikasian tersebut tidak membuat granit menjadi kopong. Sehingga jadi kurang awet.

6. Memasang Granit

Jika beberapa langkah di atas telah Kamu lakukan, Kamu sudah dapat memulai memasang granit ke permukaan lantai. Memasang granit tersebut dimulai dengan cara vertikal kemudian berlanjut ke arah horizontal. Cara pasang granit yaitu tidak memberikan sedikitpun jarak. Dengan kata lain, pasang granit tersebut secara rapai hingga tidak terlihat sambungannya.

Agar padat dan merata, Kamu dapat menggunakan palu karet dengan cara memukulnya secara perlahan agar posisinya tepat. Lakukan pemasang granit dengan cara hati-hati karena jika asal-asalan jika tidak, granit tidak akan menempel dengan sempurna. Kamu juga harus memastikan pemasangan granit tersebut telah padat, dengan cara pengetesan menggunakan sendok. Jika kurang padat maka suara yang akan timbul nyaring sehingga harus dipadatkan kembali.

7. Finishing

Source : Pixabay

Cara memasang granit telah selesai. Jika telah selesai, Kamu tinggal menunggu beberapa waktu hingga granit merekat secara sempurna. Lalu bersihkan permukaan granit dari sisi kotoran ataupun semen. Dan Kamu harus ingat bahwa memasang granit membutuhakan ketelitian pada setiap lembar granitnya.

Itu dia penjelasan cara memasang granit yang tepat agar awet. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download