BlogKesehatan15 manfaat bunga lawang untuk kesehatan
0
0

15 manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Bunga Lawangtop-right-banner

Bunga lawang berasal dari China Selatan dan Vietnam. Di Indonesia, bung aini dikenal juga dengan bunga cengkeh.

Tidak hanya memberikan aroma yang harum pada masakan dan minuman, bunga ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah diakui sejak lama. Bunga lawang telah digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya, terutama karena kandungan senyawa aktifnya yang kaya akan zat antioksidan, antiseptik, dan antiinflamasi.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Bunga Lawang, Pinhome ingin memberitahu keunggulan aplikasi Pinhome. Kamu bisa mengajukan KPR untuk membeli rumah secara aman di aplikasi Pinhome. Misalkan kamu mencari rumah di kabupaten Bandung Barat, maka hanya lewat aplikasi kamu sudah bisa mendapatkan rumah impianmu. Sedangkan untuk kamu penjual rumah, kamu bisa pasang iklan rumah gratis di Pinhome.

Tidak perlu berlama-lama, berikut beberapa manfaat Bunga Lawang untuk kesehatan.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat Bunga Lawang
Source : Shutterstock

Ekstrak bunga lawang memiliki sifat karminatif yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan perut kembung. Konsumsi teh bunga lawang secara teratur dapat membantu meningkatkan pencernaan Kamu.

Meredakan Nyeri Gigi

Sifat analgesik atau pereda nyeri bunga lawang dapat membantu meredakan nyeri gigi dan gusi yang terkait dengan infeksi atau peradangan. Kamu dapat mengunyah bunga lawang segar atau menggunakan minyak cengkeh sebagai obat kumur.

Menyembuhkan Luka

Bunga lawang memiliki sifat antiseptik yang membantu melawan bakteri dan mencegah infeksi pada luka. Kamu dapat mengoleskan minyak cengkeh secara topikal pada luka atau goresan untuk mempercepat penyembuhan.

Meringankan Sakit Kepala

Minum teh bunga lawang dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain. Kandungan senyawa seperti eugenol dalam bunga lawang memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit.

Menyegarkan Napas

Kandungan eugenol dalam bunga lawang dapat membantu menyegarkan napas dan mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Mengunyah bunga lawang segar atau menggunakan pasta gigi dengan kandungan minyak cengkeh dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Mengatasi Infeksi Pernapasan

Manfaat Bunga Lawang
Source : Shutterstock

Bunga lawang memiliki sifat ekspektoran dan antiseptik yang membantu melawan infeksi pernapasan, seperti batuk, pilek, dan bronkitis. Mengkonsumsi teh bunga lawang dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut.

Sifat antipiretik atau penurun panas pada bunga lawang dapat membantu menurunkan demam dan mengurangi gejala-gejala demam seperti nyeri tubuh dan menggigil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam bunga lawang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mencegah Peradangan

Zat anti inflamasi dalam bunga lawang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis, radang sendi, dan kondisi inflamasi lainnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga lawang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Senyawa seperti eugenol dan flavonoid dalam bunga lawang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat Bunga Lawang
Source : Shutterstock

Aroma harum dari bunga lawang diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Menghirup aroma minyak cengkeh atau menggunakan minyak cengkeh sebagai aromaterapi dapat memberikan efek relaksasi.

Menyembuhkan Jerawat

Sifat antiseptik dan antiinflamasi bunga lawang dapat membantu mengobati jerawat dan mengurangi peradangan kulit. Kamu dapat menggunakan minyak cengkeh secara topikal sebagai pengobatan jerawat.

Mengatasi Gangguan Tidur

Teh bunga lawang memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Minum teh bunga lawang sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Kamu.

Meningkatkan Konsentrasi

Aroma bunga lawang dapat merangsang otak dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Menggunakan minyak cengkeh sebagai aromaterapi atau mengunyah bunga lawang segar dapat membantu meningkatkan daya ingat Kamu.

Meredakan Nyeri Haid

Kandungan eugenol dalam bunga lawang dapat membantu meredakan nyeri haid. Mengoleskan minyak cengkeh pada perut bagian bawah atau mengonsumsi teh bunga lawang dapat memberikan efek analgesik pada nyeri haid.

Penting untuk diingat bahwa meskipun bunga lawang memiliki banyak manfaat kesehatan, penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan efek samping. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan bunga lawang sebagai pengobatan alternatif.

Dengan memanfaatkan manfaat alami bunga lawang dengan bijak, Kamu dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Kamu secara holistik. Tetaplah menjaga gaya hidup sehat dan seimbang serta perhatikan saran medis yang tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bunga lawang dalam menjaga kesehatan Kamu.

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Secara Baik dan Benar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download