BlogPemilik PropertiDesain HunianKelebihan dan Kekurangan Bondek untuk Dak Rumah
0
0

Kelebihan dan Kekurangan Bondek untuk Dak Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 1, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins tahu apa itu bondek? Bondek yang dikenal juga dengan nama floordeck merupakan material bangunan yang berbentuk seperti lembaran logam pipih. Bondek untuk dak rumah digunakan sebagai alternatif dari bahan triplek untuk konstruksi bangunan.

Sebelum mengetahui informasi lengkap mengenai bondek, tahukah Pins kalau kamu bisa menemukan berbagai rekomendasi rumah ekslusif dengan lokasi strategis seperti hunian dekat Universitas Trunojoyo dan lainnya lewat Pinhome?

Salah satunya adalah Panorama Bekasi Residence yang merupakan salah satu rumah baru di Kabupaten Bekasi. Hunian dengan lingkungan yang asri ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai 260 jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan Bondek Dek Rumah

Ketebalan cor bondek cukup bervariasi, namun ketebalan yang paling sering dipakai adalah 0,75mm dan 1mm. Nah, ada baiknya sebelum memutuskan untuk menggunakannya, kamu mencari tahu terlebih dahulu kelebihan bondek dan kekurangan bondek.

1. Menghasilkan Pengerjaan yang Lebih rapi

Source : Jualatapbangunan

Dalam proses pengerjaan bisa dikatakan cukup sulit, terutama pada bagian yang berhubungan langsung dengan dasar cor. Jika tidak dilakukan secara hati-hati bisa menyebabkan retak atau keropos.

Dengan menggunakan bondek untuk jenis dak rumah, bagian bawah dari plat lantai akan terlihat lebih rapi pengerjaannya, Pins.

Baca juga: 11 Macam-macam Merk Semen di Indonesia

2. Membantu Menekan Anggaran

Dalam hal pembangunan rumah atau properti, anggaran adalah salah satu hal yang memakan waktu untuk dipertimbangkan. Ketika menjatuhkan pilihan untuk menggunakan bondek, kamu dapat lebih menekan anggaran pembangunan cukup signifikan.

Alasannya karena bondek yang berfungsi sebagai floor deck dan juga formwork, dapat menghemat dari cetakan pondasi bangunan atau dikenal sebagai bekisting. 

3. Resisten Terhadap Api

Source : Pexels

Masih ada keunggulan bondek lainnya, yaitu resisten atau tahan terhadap api. Berdasarkan uji ketahanan api terhadap bondek selama 2 jam berturut-turut, hasilnya bondek memiliki daya tahan yang baik dengan api dan suhu panas yang tinggi.

Hal ini membuat bondek lebih aman untuk digunakan karena mutunya yang baik dan dapat diandalkan sebagai konstruksi bangunan.

4. Meminimalisir Penggunaan Besi

Selain berfungsi sebagai pelapis dari dasar cor, bondek juga bisa digunakan sebagai struktur untuk beton konvensional. Oleh karena itu, dengan menggunakan bondek, kamu dapat mengurangi penggunaan besi. Dengan memilih bondek, kamu bisa mengurangi material besi hingga satu lapisan saja! 

5. Memangkas Jumlah Tiang Penyangga

Source : Tokopedia

Dalam membangun dak beton rumah, tentu kamu perlu membuat tiang penyangga. Dengan menggunakan bondek yang diposisikan di atas beton tulang ring balok, kamu dapat lebih memangkas tiang penyangga, Pins.

Penggunaan bondek untuk dak rumah dapat dibuat lebar dengan jarak sekitar 1-1,2 meter untuk antar penyangga. Hal ini membuat penggunaan tiang penyangga pun bisa lebih dikurangi.

5. Memiliki Sifat Anti Karat

Material yang berbentuk seperti logam pipih dan terbuat dari bahan galvanis ini juga bersifat anti karat. Bukan hanya tahan terhadap api, bondek juga memiliki daya tahan yang baik untuk jangka waktu yang lama karena tidak akan mengalami kerusakan korosi. Dengan sifat anti karatnya ini, kamu pun dapat lebih yakin dengan keamanan penggunaannya.

Baca juga: Mudah! Berikut Tahapan Membangun Rumah Dengan Cepat dan Berkualitas

6. Mempercepat Proses Pengerjaan

Source : Hong’s Official

Kelebihan bondek selanjutnya adalah dapat mempercepat dari proses pengerjaan suatu proyek pembangunan. Dengan menggunakan sistem pengerjaan proyek konvensional dan bondek untuk dak rumah, akan lebih menguntungkan. Hal ini dikarenakan proses pengerjaannya akan berjalan lebih cepat sekaligus mengeluarkan biaya yang lebih murah.

7. Mempunyai Harga yang Cukup Fluktuatif

Dari segi harga, harga bondek terbilang cukup sering berubah-ubah atau fluktuatif. Oleh karena itu, harganya dalam beberapa bulan bisa saja berubah jauh lebih naik atau bahkan turun. Biasanya harga dari bondek dipengaruhi oleh perubahan harga dari material baja.

Dengan perubahan harga yang fluktuatif ini, kamu pun akan menjadi cukup sulit ketika membuat anggaran dari pembangunan rumah. 

8. Tidak Bisa Dipasang di Bagian Tepi

(

Bondek difungsikan sebagai alas dari pengecoran, namun sayangnya bodek tidak bisa digunakan untuk bagian tepi bangunan. Oleh karena itu, bondek tidak bisa dijadikan sebagai material dari pembuatan pelat kantivaler.

Untuk Pins yang belum tahu, Kantivaler merupakan elemen yang menjadi struktur dari bangunan yang berbentuk pelat atau balok yang menonjol. Untuk membuat pelat kantivaler, mau tidak mau kamu harus menggunakan metode konvensional. 

9. Memerlukan Keterampilan yang Sangat Baik

Kekurangan bondek selanjutnya adalah dari segi pemasangannya. Untuk dapat memasang bondek untuk dak rumah tidaklah mudah.

Diperlukan keterampilan dan kecermatan yang sangat baik agar bondek terpasang dengan rapi. Mengapa teknik pemasangannya diperlukan keterampilan tinggi? Alasannya karena jika tidak tepat, bisa mempengaruhi hasil beton yang kurang bagus, Pins.

Dengan mempertimbangkannya secara cermat, kamu juga dapat meminimalisir dari kemungkinan adanya sisa-sisa material yang terlalu banyak dan jadi terbuang.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari bondek untuk dak rumah. Setelah mengetahui lebih jauh mengenai bondek, apakah kamu tertarik untuk menggunakan material ini, Pins?

Baca juga: Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama

Source Feature Image: BLKP 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Opi Regency 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download