BlogPemilik PropertiFinansialKetahui 7 Biaya Bulanan Apartemen Sebelum Menempatinya
0
0

Ketahui 7 Biaya Bulanan Apartemen Sebelum Menempatinya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi apartemen.top-right-banner

Seiring dengan pertumbuhan perkotaan yang pesat, banyak orang memilih untuk tinggal di apartemen sebagai opsi tempat tinggal yang praktis dan efisien. Bagi yang memilih gaya hidup ini, penting untuk memahami berbagai aspek yang terkait dengan biaya bulanan apartemen.

Biaya-biaya tinggal di apartemen tidak hanya mencakup sewa bulanan, tetapi juga berbagai elemen lain yang mungkin tidak terpikirkan pada awalnya. Dalam artikel ini, akan mengupas tuntas 7 biaya bulanan apartemen yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menempati ruang hunian tersebut.

Akan tetapi sebelum pembahasan lebih lanjut, Kamu juga perlu tahu tentang Rumah Ekslusif seperti Intan Residence. Dan Kamu akan mendapat informasi lebih lengkap jika mengunjungi PinValue. Fitur Pinhome yang dimaksud juga dapat membantu Kamu yang ingin mencari tahu rekomendasi perumahan di Jakarta Timur dan rumah second di Tangerang Selatan.

Baca juga: 9 Tips Memilih Apartemen di Jakarta yang Nyaman dan Aman

7 Biaya Bulanan Apartemen

Ilustrasi biaya bulanan apartemen.
Source : Freepik

Biaya bulanan apartemen dapat menjadi pertimbangan penting bagi para penyewa atau pemilik unit. Terdapat 7 biaya utama yang perlu diperhatikan agar penghuni dapat merencanakan keuangan mereka dengan baik, diantaranya adalah:

1. Biaya IPL atau Biaya Maintenance

Hal yang satu ini melibatkan pemeliharaan dan perbaikan fasilitas umum di dalam gedung seperti lift, tangga, koridor, dan fasilitas lainnya. Biaya maintenance dikenal juga sebagai IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan). Fungsi utamanya adalah untuk menjaga agar seluruh fasilitas umum tetap dalam kondisi baik dan aman.

2. Sinking Fund

Sinking fund merupakan dana yang dikumpulkan untuk mengatasi biaya pemeliharaan besar, seperti perbaikan struktural atau pembaruan besar. Dana ini bertujuan untuk memastikan bahwa apartemen tetap dalam kondisi yang baik dalam jangka panjang tanpa memberatkan penghuni dengan biaya besar secara tiba-tiba.

3. Biaya Parkir

Apabila apartemen menyediakan fasilitas parkir, biasanya penghuni harus membayar biaya parkir bulanan. Besarnya biaya ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis parkir yang disediakan.

4. Biaya Listrik

Penghuni perlu membayar tagihan listrik bulanan yang mencakup penggunaan listrik di dalam unit apartemen. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan peralatan listrik yang digunakan, dimana agar tidak terlewat, penting mengetahui cara bayar listrik online.

5. Biaya Air

Penggunaan air di dalam apartemen juga dapat menimbulkan biaya bulanan. Tagihan air mencakup pemakaian air bersih dan pemeliharaan sistem air di dalam gedung.

6. Biaya Internet

Dalam era digital, biaya internet menjadi hal yang esensial. Penghuni apartemen biasanya perlu membayar biaya bulanan untuk layanan internet mereka, yang mencakup koneksi broadband dan jasa lainnya.

7. Laundry

Beberapa apartemen menyediakan fasilitas laundry, tetapi biaya penggunaannya tidak selalu termasuk dalam biaya sewa. Penghuni perlu membayar biaya tambahan untuk mencuci pakaian di fasilitas laundry apartemen.

Baca juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya

Simulasi Menghitung 7 Biaya Bulanan Apartemen

Menghitung biaya bulanan apartemen.
Source : Freepik

Selanjutnya, penting untuk mengetahui seperti apa cara menghitung berbagai biaya bulanan apartemen. Perlu dicatat bahwa angka-angka di bawah ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran apartemen, dan kebijakan pengelola apartemen.

  • Biaya IPL atau Maintenance fee: Rp 500.000 per bulan
  • Sinking Fund: Rp300.000 per bulan
  • Biaya Parkir: Rp200.000 per bulan
  • Biaya Listrik: Rp400.000 per bulan (tergantung pada konsumsi listrik per unit)
  • Biaya Air: Rp150.000 per bulan (tergantung pada konsumsi air per unit)
  • Biaya Internet: Rp150.000 per bulan (biaya langganan internet
  • Laundry: Rp100.000 per bulan (tergantung pada kebiasaan dan kebutuhan laundry)

Total biaya bulanan apartemen dapat dihitung dengan menjumlahkan semua biaya tersebut. Rumusnya adalah:

  • Total Biaya = Biaya IPL + Sinking Fund + Biaya Parkir + Biaya Listrik + Biaya Air + Biaya Internet + Laundry
  • Total Biaya = 500.000 + 300.000 + 200.000 + 400.000 + 150.000 + 150.000 + 100.000
  • Total Biaya = Rp1.800.000 per bulan

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Dibandingkan dengan Rumah

Tips Hemat Biaya Bulanan Apartemen

Tips hemat biaya bulanan apartemen.
Source : Freepik

Melihat simulai biaya bulanan jika menjadi penghuni apartemen, tentu menjadi pertimbangan penting. Namun ada tips untuk menghematnya dengan cara:

1. Rencanakan Anggaran

Buatlah anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran, termasuk sewa apartemen, utilitas, makanan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Hal ini membantumu memiliki gambaran yang jelas tentang pengeluaran dan mengelolanya dengan lebih efisien serta jangan lupa mengikuti tips sewa apartemen.

2. Pilih Apartemen yang Sesuai

Pilih apartemen yang sesuai dengan anggaran. Jangan tergoda untuk memilih yang lebih besar atau mewah jika itu melebihi kemampuan keuangan.

3. Tawar Menawar Sewa

Jika memungkinkan, coba negosiasikan harga sewa dengan pemilik apartemen. Beberapa pemilik bersedia untuk memberikan diskon atau fasilitas tambahan tergantung pada kondisi dan masa sewa.

4. Manfaatkan Fasilitas Umum

Gunakan fasilitas umum yang disediakan oleh apartemen, seperti gym, kolam renang, atau ruang pertemuan. Ini dapat membantu mengurangi biaya tambahan yang mungkin Kamu keluarkan untuk kebugaran atau rekreasi.

5. Pantau Penggunaan Utilitas

Hemat biaya dengan memantau penggunaan utilitas seperti listrik, air, dan gas. Matikan peralatan elektronik saat tidak digunakan dan perbaiki kebocoran air segera untuk menghindari pemborosan.

6. Pilih Paket Internet dan TV yang Tepat

Pilih paket internet dan TV yang sesuai dengan kebutuhan. Mungkin Kamu tidak perlu paket yang paling mahal jika hanya menggunakan beberapa saluran atau memiliki kecepatan internet yang lebih rendah.

7. Belanja dengan Cermat

Berbelanja cerdas untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaatkan diskon, promo, atau kartu keanggotaan yang dapat memberikan potongan harga atau cashback.

8. Masak Sendiri

Menghemat biaya makanan dengan memasak sendiri di apartemen. Persiapkan makanan dan bawa bekal ke kantor untuk mengurangi pengeluaran di luar.

Itulah berbagai biaya bulanan apartemen yang perlu diketahui beserta simulasinya. Mengelola biaya-biaya tersebut menjadi kunci utama untuk menjaga kestabilan keuangan bulanan, dan ikuti berbagai tips di atas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download