Pinhome

9 Barang yang Harus Dibawa saat Pindah Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Membawa barang-barang saat proses pindah rumah berlangsung memang bukan perkara yang mudah. Kamu bisa saja merasa bingung menentukan barang yang harus dibawa saat pindah rumah mana.

Untuk mempermudah proses pindah rumah, kamu harus pintar memilih jasa pindah rumah yang tepat dan aman. Selain itu, perhatikan pula 9 barang penting ini saat proses pindahan. Apa saja barangnya, lihat langsung yuk dalam ulasan Pinhome berikut.

Baca Juga: Pindah Ke Rumah Baru? Lakukan 7 Hal Ini Agar Pindahan Jadi Menyenangkan

Berkas-Berkas Penting

Barang yang harus dibawa saat pindah rumah paling utama adalah berkas-berkas penting. Hal ini menjadi bagian dari proses perpindahan sebagai barang wajib yang harus dibawa.

Walaupun kini sudah banyak akses untuk dokumen digital, namun beberapa dokumen pasti masih banyak yang berbentuk salinan cetak. Dokumen ini juga menjadi berkas pendukung legalitas saat kamu dan keluarga berada di lingkungan yang baru.

Berbagai Perlengkapan Keadaan Darurat

Selanjutnya adalah berbagai perlengkapan untuk keadaan darurat. Proses pindah rumah mungkin akan terasa sangat mudah bila area perpindahan masih dalam area yang sama atau memiliki jarak yang cukup dekat.

Namun, bagaimana keadaannya bila area perpindahan tergolong jauh dan tidak memungkinkan untuk kembali. Itulah mengapa ragam keperluan darurat harus dipersiapkan.

Contohnya seperti obat-obatan pribadi, alat P3K, senter dan beberapa perlengkapan emergency lainnya.

Kamu tentu belum memahami dengan benar lingkungan baru milik kamu, untuk itu ada baiknya untuk mempersiapkan penanganan pertama untuk keadaan berbahaya.

Alat-Alat Dapur dan Kamar Mandi

Bila barang berharga dan keperluan darurat sudah dibawa, kini saatnya untuk mempersiapkan peralatan dapur dan kamar mandi. Peralatan tersebut sebenarnya bisa kamu beli di tempat baru.

Namun bila kamu memiliki keterbatasan dalam segi dana, cara ini menjadi cara yang tepat. Bawalah beberapa keperluan dapur dan kamar mandi yang masih layak pakai. 

Utamakan untuk membawa peralatan yang fungsional dan bukan berasal dari barang-barang bekas pakai. Untuk kamu yang memiliki kegemaran memasak pun tentu akan memiliki alat dapur andalan yang ingin selalu dipakai saat memasak.

Tempat Tidur

Bagi keluarga yang sudah membeli beberapa peralatan sebelum pindah rumah, tempat tidur menjadi barang utama yang biasanya dibeli. Hal ini tidak memungkinkan pula untuk membawanya saat pindah rumah.

Bila kamu memilih tempat tidur dengan kasur yang berkualitas, tentu akan tahan lama dan layak untuk digunakan kembali.

Namun, tetap perhatikan lagi Pins, bila dirasa tempat tidur serta kasur milik kamu sudah tidak layak pakai. Sebaiknya tidak perlu dibawa.

Baca Juga: Loyal Dan Pengertian, Inilah 3 Jasa Pindahan Rumah Terbaik Untukmu!

Peralatan Elektronik

(Unsplash)

Lain hal lagi dengan peralatan elektronik, Pins. Peralatan satu ini sebaiknya diikutsertakan pada proses perpindahan agar tidak harus lagi membeli yang baru.

Hal tersebut dikarenakan harga peralatan elektronik pun terbilang tidak murah.

Selain itu peralatan satu ini sangat mendukung keperluan rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja televisi, kulkas, laptop, setrika dan masih banyak lagi.

Barang-Barang Berharga

Barang yang harus dibawa saat pindah rumah lainnya adalah barang-barang yang dianggap berharga, Pins! Salah satunya adalah perhiasan. Jangan sampai hal yang paling berharga ini tertinggal, pasti kamu akan menyesal kemudian.

Ada baiknya saat kamu dan keluarga pindah rumah, buat daftar tertulis apa saja barang yang harus dibawa. Hal ini untuk meminimalisir adanya barang yang tertinggal maupun barang usang yang tidak seharusnya kamu bawa.

Jangan sampai barang dari mantan kamu juga ikut kamu bawa pindah. Saatnya move on, Pins!

Foto atau Benda Koleksi Lainnya

Koleksi magnet kulkas dari berbagai negara milik kamu apa ingin ditinggal? Tentu tidak. Maka dari itu, semua koleksi yang kamu anggap menyimpan berbagai macam memori ditempatkan dalam satu kotak khusus dan jangan lupa diberi label.

Foto keluarga dan kerabat pun bisa kamu kumpulkan dalam satu kardus pribadi. Barang tersebut akan menumbuhkan memori dikemudian hari yang pastinya tidak dapat kamu lupakan.

Pakaian dan Peralatan Pribadi

barang yang harus dibawa saat pindah rumah
(Unsplash/SarahBrown)

Untuk peralatan pribadi seperti pakaian, ataupun barang-barang fashion lainnya sebaiknya masuk dalam daftar barang yang harus dibawa saat pindah rumah.

Walaupun barang satu ini pun bisa kamu dapatkan di lingkungan yang baru, barang-barang ini akan sangat kamu butuhkan di waktu awal perpindahan. Usahakan membawanya seperlunya sesuai kebutuhan dan tidak berlebih. 

Waktu perpindahan ini pun menjadi saat yang tepat pula untuk kamu melakukan decluttering. Pilih pakaian yang masih kamu pakai dan berikan kepada orang yang membutuhkan bila ada barang yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Perabotan Terpilih

barang yang harus dibawa saat pindah rumah
(Unsplash/nathanrjliving)

Terakhir adalah perabot terpilih ataupun furnitur yang memang masih dalam kondisi bagus dan memungkinkan dibawa saat melakukan perpindahan.

Kamu bisa memilih mulai dari lemari baju ataupun lemari kecil, kursi, meja dan perabot lainnya yang kiranya cukup fungsional.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu penghematan saat kamu tinggal di rumah yang baru. Sehingga kamu hanya perlu membeli berbagai keperluan lainnya yang memang tidak kamu miliki.

Itulah beberapa rekomendasi barang yang harus dibawa saat pindah rumah. Intinya adalah tinjau kembali lokasi dan lingkungan tempat kamu pindah untuk mengetahui apa saja barang yang bisa dibawa atau tidak.

Baca Juga: Tips Pindah Rumah Agar Tetap Bersih Dan Nyaman


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Uncategorized
Uncategorized Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa jadi alternatif menarik.

Memasang keramik di dinding teras akan memberi wajah baru pada desain rumahmu. Alhasil, rumah minim

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia