BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Bahan Dinding Rumah yang Paling Murah
0
0

7 Jenis Bahan Dinding Rumah yang Paling Murah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Bahan dinding rumah paling murahtop-right-banner

Ada beberapa material yang bisa dipilih untuk finishing dinding rumah. Masing-masing jenis tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, baik secara kualitas maupun harga. Bagi kamu yang memiliki budget minim, beberapa bahan dinding rumah yang paling murah berikut mungkin bisa jadi pilihan. 

Bahan dinding rumah paling murah berikut bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merenovasi rumah bekas di rumah bekas di Bandung. Kamu yang ingin beli rumah eksklusif Pinhome seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain juga akan menemukan material ini di sudut tertentu.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wallpaper Kantor Yang Terkesan Profesional

Bahan Dinding Rumah Paling Murah

Bahan dinding rumah paling murah
Source : Pixabay

Dalam hal material bangunan, maka akan berlaku hukum pasar yaitu ada harga ada kualitas. Bahan dinding dengan harga yang murah tentu memberikan kualitas yang lebih rendah ketimbang material dengan harga yang lebih tinggi.

Hal itu sudah seperti default sehingga tidak bisa diperdebatkan lagi. Meskipun di sisi lain ada material dengan harga yang terjangkau atau murah tapi tetap memberikan kualitas yang bisa diadu dengan harga yang lebih mahal. 

Berikut ini beberapa bahan dinding rumah dengan harga yang murah namun dengan jaminan kualitas yang mencukupi. Namun jika keuangan kamu mencukupi, ada baiknya untuk memilih jenis bahan atau material lain yang lebih baik. 

1. Papan Semen Fiber

Bahan dinding rumah
Source : Pinterest

Material pertama yang bisa kamu pilih adalah papan semen fiber. Ini adalah jenis papan yang terbuat dari semen fiber atau semen berserat. Material ini bisa diterapkan sebagai pelapis dinding, partisi, lantai, plafon, bahkan hingga pagar rumah. 

Bahan utama material ini adalah semen dan serat selulosa atau fiberglass. Campuran kedua bahan tersebut menghasilkan papan yang kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu, bahan ini juga tahan terhadap air maupun panas, serta dianggap lebih baik dibanding papan kayu. 

Harga papan fiber untuk dinding ini beragam tergantung merk dan ukuran serta ketebalannya. Namun kamu bisa mempersiapkan anggaran sebesar Rp 200 ribu untuk ukuran 1,22 x 2,44 M, dengan ketebalan 8 milimeter. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Wallpaper Dinding Kamar Tidur dengan Biaya Murah

2. PVC

Bahan dinding rumah
Source : Pinterest

Material PVC atau polyvinyl chloride tidak hanya digunakan untuk plafon saja. Bahan ini ternyata juga bisa dijadikan opsi untuk pelapis dinding yang baik dan terjangkau. Dinding PVC tersedia dalam bentuk 3D sehingga bisa dipakai sebagai dekorasi ruangan.

PVC ada yang dimanfaatkan sebagai panel dinding serta bisa ditambahkan lapisan offset atau laminasi. Pada bagian permukaannya dapat ditutupi dengan lapisan glossy. Material ini memberikan banyak kelebihan, mulai dari multifungsi, tahan jamur dan air, tahan panas, hingga kuat dan memiliki motif yang banyak. 

Harga material ini juga beragam tergantung merk dan ukuran. Untuk PVC dinding berukuran 122 x 244 cm dengan ketebalan 12mm, kamu perlu membayar dengan harga Rp 400.000. 

3. Panel Dinding Kayu

Bahan dinding rumah
Source : PInterest

Opsi bahan dinding berikutnya adalah panel dinding kayu. Bahan ini cocok untuk kamu yang suka nuansa rumah alami dan hangat. Selain itu, pelapis dinding ini tidak memerlukan cat secara berkala, karena tampilannya sudah artistik. 

Panel dinding kayu adalah lembaran papan yang diproduksi dengan motif tertentu. Kamu bisa memasang panel ini untuk menutupi cat dinding yang sudah memudar, lubang yang muncul di dinding, atau kerusakan lapisan dinding lainnya. 

Satu lembar panel dinding kayu dengan ukuran panjang 2,9 meter dan lebar 12,2 cm dibanderol dengan harga mulai dari Rp 215.000. Panel ini juga memiliki beberapa motif yang menarik dan klasik.

4. Veneer

Bahan dinding rumah
Source : Pinterest

Veneer adalah lembaran kayu yang berasal dari proses pengupasan jenis kayu tertentu. Bahan ini sering dijadikan sebagai material finishing untuk perabot maupun papan lapis, termasuk dinding. 

Harga veneer biasanya diklasifikasikan berdasarkan jenis kayu yang digunakan. Untuk veneer dari kayu jati berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 13 cm, kamu harus membayar harga mulai dari Rp 40.000. Veneer dengan jenis kayu atau ukuran yang berbeda bisa saja membuat harganya berbeda. 

Baca juga: Cara Menghitung Volume Dinding dan Kebutuhan Material

5. Wallpaper

Bahan dinding rumah
Source : Pinterest

Kamu yang ingin mendekorasi ruangan dengan hiasan yang lebih estetik, maka memilih wallpaper dinding sebagai pelapisnya adalah solusi terbaik. Dengan wallpaper, kamu bisa memilih gambar atau hiasan apa yang ingin dipasang, tanpa khawatir kantong jebol. 

Harga wallpaper dinding sangat terjangkau dengan hasil akhir yang memuaskan. Untuk wallpaper polos berwarna abu-abu dengan panjang 4 meter dan lebar 45 cm, harganya adalah Rp 30.000. Sementara wallpaper yang memiliki gambar tertentu bisa saja lebih mahal. 

6. Kayu Sintetis

Bahan dinding rumah
Source : iStock

Material kayu sintetis yang biasanya digunakan untuk lantai ternyata juga bisa digunakan untuk dinding. Salah satu alasan utama menggunakan bahan ini adalah sifatnya yang tahan lama, memiliki banyak motif yang unik, serta tahan terhadap rayap dan serangga. 

Bahan dinding rumah ini juga cukup terjangkau di pasaran. Untuk kayu sintetis dengan tebal 8 mm, lebar 200 mm, dan panjang 3000 mm, kamu hanya diminta untuk membayar sebesar Rp 65.000. Murah, bukan?

7. Panel Kaca

Bahan dinding rumah
Source : Pinterest

Material panel kaca bisa memberikan nilai estetika tersendiri pada dinding di rumah kamu. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kamu bisa memilih panel kaca biasa maupun cermin, sehingga dinding bisa menjadi lebih serbaguna. 

Salah satunya adalah material tempered glass yang biasa dijadikan sebagai bahan untuk dinding. Material ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 165.000 untuk ukuran lebar 35 mm dan panjang 45 mm dengan tebal 6 mm. 

Itulah beberapa pilihan bahan dinding rumah paling murah yang bisa kamu jadikan alternatif. Semoga membantu!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Kertamukti Sakti Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download