Pinhome

Berita Pinhome

Apa itu Kartu Prakerja? Simak Selengkapnya di Sini

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pandemi Covid-19 sangat berimbas buruk pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sampai tanggal 11 April tercatat 1,5 juta karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan. Sebanyak 1,2 juta pekerja berasal dari sektor formal dan 265.000 dari sektor informal. Karena krisis ini, Presiden mempercepat realisasi program Kartu Prakerja. Mari pelajari apa itu kartu prakerja dan manfaatnya.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia, Pins. Pemerintah sendiri telah merilis program ini pada bulan April 2020 dan telah menaikkan anggaran yang semula 10 triliun rupiah menjadi 20 triliun rupiah.

Nah, dari program ini masing – masing peserta akan mendapatkan bantuan dengan jumlah Rp. 3.550.000 selama program berlangsung. Dana bantuan tersebut meliputi biaya pelatihan sebesar Rp. 1.000.000 (tidak dapat dicairkan), dana intensif sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan selama pelatihan berlangsung dan Rp. 150.000 untuk dana intensif survey.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk Pins yang mau memiliki Kartu Prakerja, kamu harus membuat akun di laman website https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan nomor handphone kamu yang aktif. Sementara syarat dasar untuk mendaftar di antaranya:

  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang kuliah atau sekolah

Bagaimana cara mendaftar kartu prakerja?

Setelah Pins membuat akun Kartu Prakerja, selanjutkan Pins harus mendaftar untuk program Kartu Prakerja dengan cara berikut ini:

  • Buka laman  prakerja.go.id
  • Login dengan akun yang sudah kamu buat
  • Klik daftar Kartu Prakerja
  • Isilah formulir pendaftaran
  • Klik tombol Selanjutnya
  • Kerjakan tes kemampuan dasar yang telah tersedia
  • Setelah itu kamu tinggal tunggu notifikasi di akun masing-masing

Tes tersebut dilakukan saat pendaftaran Pins, jadi sebaiknya Pins bersiap jauh-jauh hari untuk mengikuti tes tersebut. Dan juga dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Peserta yang telah lolos akan mendapatkan kuota dari batch yang dipilih sebelumnya, dan yang perlu diingat adalah kuotanya juga terbatas Pins.

Untuk tahun 2020 ini program ini memiliki target sekitar 5,6 juta peserta. Jadi jika peserta sudah lolos namun kuota batch-nya sudah penuh maka bisa mendaftarkan ulang dirinya dan mengikuti batch selanjutnya.Tidak perlu mengisi data-data lagi ya Pins, karena data kamu masih terekam. Jika kamu kehabisan kuota di program yang diinginkan sebelumnya, kamu bisa mencoba program yang lain juga. Semoga bermanfaat ya!  

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Gambar muka diambil dari mediaindonesia.id

Bagikan Artikel