BlogLifestyleEdukasiTiga Macam-Macam Pekerjaan Tanah
0
0

Tiga Macam-Macam Pekerjaan Tanah

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips bangun rumah berkualitas dengan budget murahtop-right-banner

Macam-macam pekerjaan tanah adalah pekerjaan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembangunan rumah tinggal. Ada tiga macam pekerjaan tanah sebelum pembangunan rumah yaitu penggalian tanah, pengurugan pasir, dan perataan atau pangurugan tanah.

Pinhome – Pekerjaan ini dilakukan dalam tahap awal kegiatan membangun rumah. kokohnya sebuah bangunan akan sangat dipengaruhi oleh pekerjaan tanah. Disinilah letak sebuah pondasi yang kokoh dapat berdiri dengan baik. Berikut beberapa macam pekerjaan tanah yang saling berhubungan satu sama lain.

Baca Juga :

Pekerjaan Penggalian Tanah

Source : Kompasiana.com

Jenis pekerjaan ini merupakan pembuatan lubang galian untuk pondasi. Di sesuaikan dengan jenis pondasi yang akan dibuat, kalau misalkan pondasi dibuat dari batu kali maka penggalian tanah dilakukan disepanjang denah bangunan.

Bila akan dibuat pondasi tapak atau pondasi sumuran maka penggalianya hanya di sudut-sudut bangunan. Atau pada tumpuan yang merupakan tempat pemasangan kolom. Bila akan dibuat pondasi pancang maka pekerjaan penggalian tanah tidak dilakukan karena pondasinya langsung dipancang ketanah atau di bor ketanah.

Baca Juga :

Macam-Macam Pekerjaan Tanah – Pekerjaan Pengurugan Pasir

macam macam pekerjaan tanah
Source : Anvilthemovie.com

Macam-macam pekerjaan tanah lainnya adalah penggurugan pasir. Sebelum pekerjaan pondasi dilakukan perlu dilakukan penaburan pasir urug ketanah (disepanjang penggalian). Pekerjaan ini dilakukan karena untuk manghindari tercampurnya adukan-adukan dan tanah liat. Untuk minimal ketebalan pasir urug yaitu 5cm.

Untuk lantai kerja dari adukan 1 semen : 2 pasir : 5 koral minimal ketebalan 5 cm, ketebalan ini untuk jenis pondasi beton plan atau pondasi beton lajur, pekerjaan ini selain di taburkan pasir urug.

Baca Juga :

Pekerjaan Urugan Atau Perataan Tanah

macam macam pekerjaan tanah
Source : Radarlamsel.com

Jenis pekerjaan ini dilakukan setelah pekerjaan pondasi sudah selesai dilakukan. Pekerjaan ini merupakan pengurugan kembali tanah galian pondasi sehingga tanah bekas galian pondasi tidak tampak lagi. Kalau misalkan tanah tersebut masih sisa kemudian tanahnya digunakan untuk meratakan bagian dalam bangunan.

Meskipun terkesan sederhana namun ternyata membutuhkan keahlian khusus yang menentukan kekuatan sebuah bangunan. Misalnya pada pembangunan gedung bertingkat tinggi, akan dilaksanakan tes sondir untuk mengetahui jenis dan kualitas tanah. Sehingga dapat dihitung kedalaman tiang pancang yang kuat menahan beban bangunan diatasnya.

Baca Juga :


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download