Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Agen Properti Adalah Pekerjaan Masa Kini yang Menjanjikan

Lifestyle

Agen Properti Adalah Pekerjaan Masa Kini yang Menjanjikan

Ditulis oleh Jay ∙ 20 July 2020 ∙ 6 menit membaca

Agen Properti adalah salah satu pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Tentunya menjadi seorang Agen Properti akan menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Tapi harus Pins ketahui kalau banyak orang yang belum bisa memahami lebih dalam untuk menjadi seorang Agen Properti.

Pinhome – Agen Properti adalah pekerjaan yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, Pins harus mempelajari secara mendalam mengenai apa itu Agen Properti dan bagaimana cara untuk melakukannya. Untuk itu, berikut ini adalah penjabaran yang lebih jelas mengenai pekerjaan ini:

Definisi Agen Properti

Agen properti adalah

Yang dimaksud dengan Agen Properti sebuah pekerjaan yang diperuntukkan untuk orang dengan keahlian khusus di bidang properti. Agen Properti tentunya harus membuktikan keahliannya dengan sertifikat yang terakreditasi. Rupanya, pemerintah mengakui bahwa Agen Properti merupakan pekerjaan yang resmi karena memiliki landasan hukum sendiri.

Penting untuk Pins ketahui, bahwa tugas utama Agen Properti yaitu untuk memasarkan sebuah properti. Oleh karena itu, orang tersebut harus memiliki keahlian untuk melakukan sebuah negosiasi yang hebat. Selain itu, seorang Agen Properti bisa bekerja di sebuah perusahaan atau bekerja secara independen.

Proses umum seorang Agen Properti membantu proses jual beli properti hingga tuntas dan membimbing klien dengan baik. Tujuannya agar proper jual beli tersebut diselesaikan dengan syarat dan harga yang sesuai dengan keinginan dua belah pihak. Oleh karena itu Pins harus bisa menganalisis kemampuan dan kebutuhan klien dalam membeli properti.

Kemampuan lainnya dari seorang Agen Properti adalah memahami informasi terbaru yang berkaitan dengan proses jual beli. Informasi tersebut diantaranya hipotek, pasar, aturan hukum, harga, dan syarat lainnya. Selain itu juga harus jeli dalam menganalisis pasar secara komparatif. Yang terakhir, Agen Properti juga harus menyiapkan dokumen yang diperlukan dalam proses jual beli.

Ilmu Dasar Untuk Menjadi Agen Properti

Kunci untuk menjadi seorang Agen Properti dengan mempelajari ilmu dasarnya. Agen atau broker properti memiliki ilmu dasar yang harus dikuasai orang yang akan bekerja dalam bidang tersebut.  Berikut adalah 5 ilmu dasar yang harus dikuasai oleh seorang Agen atau Broker properti.

1. Real Estate Finance

Ilmu dasar pertama untuk menjadi Agen Properti adalah real estate finance. Ilmu ini membahas bagaimana sebuah properti atau real estate di bayar. Mengajukan kredit adalah salah satu cara untuk membiayai pembelian real estate yang paling umum dilakukan oleh pembeli. Bahkan masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai proses pembelian rumah.

Yang paling penting dalam ilmu real estate finance Agen Properti adalah memahami segala sesuatu hal mengenai KPR secara mendalam. Ilmu ini akan sangat bermanfaat untuk Pins jika ingin menjadi seorang Agen Properti dalam meyakinkan calon pembeli.

2. Real Estate Tax and Law

Ilmu dasar selanjutnya untuk menjadi Agen Properti real estate tax and law. Tax and law merupakan aturan pajak dan hukum dari properti atau real estate yang Pins jual. Tentunya Pins harus mempelajari aturan dan prosedur dalam proses pembangunan dan penjualan properti di Indonesia.

Selain itu, yang tidak kalah penting dari ilmu tax dan law untuk menjadi Agen Properti adalah aturan pajak. Tentunya dalam ilmu ini Pins harus mempelajari aturan-aturan yang berkaitan dengan izin pendirian, lahan bangunan dan aturan pajak. Selain itu, dalam proses jual beli akan membutuhkan beberapa sertifikat yang berbeda sehingga Pins harus mempelajari jenis-jenis sertifikat.

3. Real Estate Investment

Selanjutnya ilmu dasar dalam Agen Properti adalah real estate investment. Tujuan utama seseorang melakukan jual beli tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, Pins harus mempelajari bagaimana untuk mencari keuntungan dari melakukan investasi pada real estate atau properti. Selain itu, Pins harus memahami fungsi dari seseorang yang melakukan investasi terhadap properti.

Oleh sebab itu, salah satu ilmu penting untuk menjadi seorang Agen Properti adalah ilmu real estate investment. Selain dari mempelajari keuntungan dari properti yang dijual, Pins juga harus memahami kerugiannya jika memang ada. Dengan begitu, Pins bisa membantu pembeli untuk meminimalisir kerugian dan mengoptimalkan kerugian saat membeli properti.

4. Property Appraisal

Ilmu selanjutnya yang penting dipelajari untuk menjadi Agen Properti yaitu property appraisal. Ilmu ini akan membantu Pins untuk memahami harga properti yang berlaku dalam pasar skala lokal dan nasional. Tentunya ilmu ini sangat bermanfaat untuk Pins untuk bisa menjadi seorang Agen Properti yang profesional dan handal.

Selain itu, yang terpenting untuk menjadi Agen Properti adalah bisa membuat kalkulasi yang tepat dari harga pasar properti tersebut. Tentu hal ini masih sangat bermanfaat untuk Pins agar tidak mendapatkan kerugian. Oleh sebab itu, pastikan harga properti yang berlaku di pasaran tidak berbeda jauh dengan yang akan Pins jual.

5. Real Estate Economic

Ilmu terakhir yang harus Pins pelajari untuk menjadi Agen Properti ialah real estate economic. Hal ini sangat berkaitan dengan demand dan alur supply dari properti yang akan Pins jual. Oleh karena itu, Pins harus memastikan kalau Pins sudah sangat memahami demand dan supply dari properti tersebut dan lingkungannya.

Kemudian yang terpenting dari ilmu Agen Properti adalah mencari tahu properti tersebut sebenarnya memiliki berapa penawaran. Selain itu cari tahu juga permintaan dari properti tersebut agar Pins bisa membuat rencana sesegera mungkin. Pastikan kalau properti itu tidak memiliki penawaran rendah dan permintaan yang tinggi.

Baca juga: Ini Rahasia Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online

Langkah Menjadi Agen Properti

Setelah mempelajari ilmu-ilmu dasar, kunci sukses lainnya untuk menjadi seorang Agen Properti adalah mengetahui langkah-langkahnya. Hal ini bertujuan agar Pins tidak salah saat memulai pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjadi Agen Properti yang baik.

1. Mendapatkan Izin

Langkah pertama untuk menjadi seorang Agen Properti adalah dengan mendapatkan izin. Izin tersebut berupa lisensi atau sertifikat yang bisa Pins dapatkan ke kantor sekretariat LSP Broker Properti. Dengan begitu, Pins akan mendapatkan legalitas untuk melakukan pekerjaan ini.

2. Mencari Kantor Agen Properti

Langkah kedua untuk menjadi seorang Agen Properti adalah mencari kantor Agen Properti. Hal ini bisa Pins lakukan jika Pins ingin bekerja dalam badan usaha. Untuk itu, Pins harus memastikan bahwa kantor atau perusahaan tersebut memiliki kredibilitas tinggi.

3. Siapkan Anggaran

Cara lainnya untuk menjadi seorang Agen Properti adalah menyiapkan anggaran. Pins harus menyiapkan dana awal untuk mendaftar di portal Agen Properti atau membuat kartu nama. Tentunya semua itu sangat penting untuk menunjang pekerjaan Pins sebagai seorang Agen Properti.

4. Membangun Portofolio dan Relasi

Selanjutnya, untuk menjadi seorang Agen Properti adalah Pins harus membangun portofolio dan relasi. Portofolio tersebut bisa Pins lakukan dengan cara menggunakan jaringan pribadi atau mencari mentor. Selain itu, relasi yang Pins bangun akan membantu Pins sebagai seorang Agen Properti pemula.

5. Aktif di Media Sosial

Cara terakhir untuk menjadi seorang Agen Properti yaitu dengan aktif di media sosial. Media sosial ini akan berfungsi sebagai sarana marketing atau mempromosikan daftar properti yang Pins jalankan. Oleh karena itu, Pins hanya membutuhkan smartphone dan kuota yang cukup untuk bisa melakukan hal tersebut.

Kesimpulannya Agen Properti adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan di era ini. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan masyarakat terhadap properti seperti rumah dan apartemen saat ini semakin tinggi. Oleh karena itulah mengapa Agen Properti sangat menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang luar biasa.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel