BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Kriteria Rumah Ideal untuk Keluarga
0
0

3 Kriteria Rumah Ideal untuk Keluarga

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

3 kriteria rumah ideal adalah mempunyai struktur yang kuat, memerlukan biaya bangun rumah yang murah, serta memiliki nilai estetika yang baik. Ketiga kriteria tersebut perlu dilaksanakan secara beriringan sehingga dapat dihasilkan hunian yang nyaman dan berkualitas.

Kamu bisa menemukan rumah idealmu lewat fitur PinValue yang disesuaikan dengan budgetmu. Temukan rekomendasi rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama melalui aplikasi Pinhome. Kamu bahkan bisa menemukan hunian dekat tempat wisata seperti Kota Lama Semarang.

Keunggulan Miliki Rumah Ideal

Source : Pexels

Rumahku Istanaku menjadi ungkapan tepat yang menegaskan pentingnya rumah bagi pribadi ataupun keluarga. Rumah tempat untuk berlindung sekaligus yang dituju usai menjalani rutinitas.

Pengertian rumah ideal sendiri adalah hunian yang dipenuhi nilai sentimental dan segala hal yang kamu butuhkan. Ada keunggulan yang kamu dapatkan jika memiliki 3 kriteria rumah ideal diantaranya adalah:

  • Keunggulan mempunyai rumah ideal adalah memenuhi keinginan yang diimpikan mulai dari model rumah, tampilan fasad hingga desain interiornya
  • Rumah ideal mempertimbangkan material berkualitas tinggi dan proses pembangunannya tergolong memakan banyak waktu lama. Alasannya karena pembangunannya memenuhi kesempurnaan denah yang dirancang. Ini artinya rumah ideal tak hanya memenuhi seleramu saja namun juga memiliki daya tahan tinggi
  • Hunian mampu memenuhi kenyamanan yang dibutuhkan dan meningkatkan kualitas hidup penghuninya
  • Struktur bangunannya mampu menghadapi berbagai jenis cuaca baik saat musim kemarau dengan suhu panas tinggi atau musim hujan
  • Rumah bisa menunjang gaya hidup penghuninya sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman

Baca juga: Apa Saja Kriteria Rumah Ideal?

Standar Rumah Ideal Indonesia

Source : Pxhere

Pada dasarnya rumah ideal di Indonesia sudah pernah diatur dalam Standar Nasional Indonesia. Khususnya dalam hal luas minimal hunian yang menjadi indikator kualitas pembangunan rumah di negeri ini. Indikator ini juga mempertimbangkan jumlah penghuni dari rumah tersebut nantinya.

Umumnya standar minimal kebutuhan ruangan per orang yaitu 7.2 meter persegi. Apabila dihuni oleh tiga orang, bangunannya minimal mempunyai luas 21.6 meter persegi.

Berdasarkan standar internasional kebutuhan ruangan per orang yakni 12 meter persegi. Jika ditinggali oleh tiga orang membutuhkan luas lahan 36 meter persegi. Jika menganut SNI 03-1733-2004 juga diatur luas lahan yang menjadi rujukanmu diantaranya sebagai berikut:

  • Apabila bangunan dihuni oleh tiga orang maka luas bangunannya minimal 27 meter persegi
  • Rumah dengan kapasitas empat orang membutuhkan luas minimal 36 meter persegi
  • Rumah ideal diperlukan luas lahan minimal 60 meter persegi, paling efektif 72-90 meter persegi, serta yang paling ideal seluas 200 meter persegi
  • Tinggi rata-rata langit-langit sebaiknya berkisar 2.8 meter

Dalam membuat rumah ideal pada dasarnya mempertimbangkan beberapa ketentuan. Misalnya saja kebutuhan luas per jiwa, kebutuhan luas per kepala keluarga, luas bangunan per kepala keluarga dan luas lahan per unit bangunannya.

Rumah tersebut juga harus memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan. Kedua hal ini bisa diukur dari pencahayaan, suhu udara dan kelembaban dalam ruangan. Dengan begitu rumah dikatakan ideal bisa sudah memenuhi kebutuhan penghuni baik ruang, kenyamanan, kesehatan maupun sisi anggaran yang dimilikinya.

Baca juga: 14 Syarat Rumah Sehat yang Wajib Dipenuhi

Kriteria Rumah Ideal

kriteria rumah ideal
Source : Shutterstock

Lalu seperti apa kriteria rumah ideal yang dimaksud di atas? Kamu bisa menemukan penjelasan selengkapnya pada list yang ada di bawah ini!

1. Bangunan Kuat

Bagian inti dari bangunan yang harus kuat dinamakan sebagai struktur, contohnya pada bangunan rumah tinggal yang termasuk bagian struktur yaitu:

  • Pondasi sebagai tempat berdirinya rumah.
  • Sloof untuk meratakan beban bangunan dari yang diterima dari kolom ke seluruh bagian pondasi
  • Kolom sebagai tiang rumah.
  • Ring balok untuk menyatukan kolom bagian atas sekaligus sebagai dudukan berdirinya rangka atap.
  • Rangka atap untuk membuat bentuk dan menahan beban penutup atap.
  • Pada rumah bertingkat terdapat juga struktur tangga, balok lantai dan plat lantai.

Sebuah rumah memang wajib dibangun sekuat mungkin. Namun akan sangat disayangkan jika ternyata hal tersebut justru menjadi penyebab pemborosan biaya bangun rumah. Inilah yang melatarbelakangi dilakukan perhitungan struktur yang kuat dan ekonomis untuk menentukan ukuran dan material yang digunakan.

2. Bangunan Murah

Mengutamakan kualitas maksimal, namun dengan diimbangi upaya penghematan serendah mungkin, misalnya dengan menggunakan alternatif material bangunan yang fungsi dan kekuatannya sama dengan bahan bangunan rencana semula.

Misalnya, dinding batu bata dapat digantikan dengan batako untuk menghemat adukan sebagai perekat. Upaya mewujudkan syarat bangunan murah juga dapat dilakukan dengan mencari alternatif metode pelaksanaan yang memerlukan biaya paling kecil, namun tetap menghasilkan kualitas bangunan bagus.

3. Nilai Estetika

Mempunyai nilai-nilai seni arsitektur yang mampu memberikan nuansa keindahan bagi pemilik rumah serta nyaman dalam melakukan bermacam aktivitas didalamnya.

Keindahan menurut seseorang atau kelompok tertentu bisa jadi bukan merupakan suatu kriteria keindahan bagi yang lainnya. Namun hal ini justru akan menciptakan bermacam variasi bentuk bangunan yang membuat indah suatu wilayah.

Sekian ulasan tentang 3 kriteria rumah ideal untuk keluarga. Semoga bisa menjadi referensi dan pertimbangan sebelum membangun rumah. Seberapa bagusnya sebuah bangunan jika tidak memenuhi kebutuhanmu maka bukanlah menjadi kandidat rumah idealmu selama ini.

Baca juga: 7 Cara Membuat Rumah dengan Konsep Hemat Energi

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download