Pinhome

Tips Properti

3 Krriteria Rumah Ideal Untuk Keluarga

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 23 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Kriteria rumah ideal adalah mempunyai struktur yang kuat, memerlukan biaya bangun rumah yang murah, serta memiliki nilai estetika yang baik. Ketiga kriteria tersebut perlu dilaksanakan secara beriringan. Sehingga dapat dihasilkan rumah ideal.

Bisa jadi, sebuah rumah dibangun sekuat mungkin. Namun akan sangat disayangkan jika ternyata perkuatan tersebut justru menjadi penyebab pemborosan biaya bangun rumah.

Sehingga perlu dilakukan perhitungan struktur yang kuat dan ekonomis untuk menentukan ukuran dan material yang digunakan. Pada situasi lain, rumah yang indah tentu akan percuma jika tidak diimbangi dengan struktur kuat agar terhindar dari resiko kerusakan atau bahkan kerobohan.

Baca juga: Apa Saja Kriteria Rumah Ideal?

Kriteria Rumah Ideal

kriteria rumah ideal
(Shutterstock)

Berikut ini, keterangan lebih lengkap tentang 3 kriteria rumah ideal yang bisa kamu terapkan saat membangun rumah.

Bangunan Kuat

Bagian inti dari bangunan yang harus kuat dinamakan sebagai struktur, contohnya pada bangunan rumah tinggal yang termasuk bagian struktur yaitu:

  • Pondasi sebagai tempat berdirinya rumah.
  • Sloof untuk meratakan beban bangunan dari yang diterima dari kolom ke seluruh bagian pondasi
  • Kolom sebagai tiang rumah.
  • Ring balok untuk menyatukan kolom bagian atas sekaligus sebagai dudukan berdirinya rangka atap.
  • Rangka atap untuk membuat bentuk dan menahan beban penutup atap.
  • Pada rumah bertingkat terdapat juga struktur tangga, balok lantai dan plat lantai.

Bangunan Murah

Mengutamakan kualitas maksimal, namun dengan diimbangI upaya penghematan serendah mungkin, misalnya dengan menggunakan alternatif material bangunan yang fungsi dan kekuatanya sama dengan bahan bangunan rencana semula.

Misalnya, dinding batu bata dapat digantikan dengan batako untuk mengehmat adukan sebagai perekat. Upaya mewujudkan syarat bangunan murah juga dapat dilakukan dengan mencari alternatif metode pelaksanaan yang memerlukan biaya paling kecil, namun tetap menghasilkan kualitas bangunan bagus.

Nilai Estetika

Mempunyai nilai-nilai seni arsitektur yang mampu memberikan nuansa keindahan bagi pemilik rumah serta nyaman dalam melakukan bermacam aktifitas didalamnya.

Keindahan menurut seseorang atau kelompok tertentu bisa jadi bukan merupakan suatu kriteria keindahan bagi yang lainya. Namun hal ini justru akan menciptakan bermacam variasi bentuk bangunan yang membuat indah suatu wilayah.

Sekian ulasan tentang 3 kriteria rumah ideal untuk keluarga. Semoga bisa menjadi referensi dan pertimbangan sebelum membangun rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel