Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ini Dia! Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Kerja Kick Starter
kick starter
Otomotif

Ini Dia! Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Kerja Kick Starter

  • 2 Dec, 2022 oleh Putra
  • 5 menit membaca

Semua orang pasti sudah mengetahui yang namanya kick starter. Khususnya kamu yang memiliki motor dirumah. Kick starter merupakan komponen yang sangat penting untuk ada di motor. 

Karena tanpa adanya komponen ini kamu tidak dapat menyalakan kendaraan jika starter elektrik kamu rusak. Ternyata selain itu, masih banyak lagi yang dapat dibahas mengenai kick starter ini.

Baca juga: Fungsi Motor Starter dan Komponen Motor Starter

Apa yang dimaksud Dengan Kick Starter?

Bagian yang digunakan untuk menghidupkan mesin kendaraan adalah pengertian garis besar dari kick starter. Kick starter terdapat pada kendaraan jenis motor. 

Bukankah kita bisa memakai starter otomatis yang mudah digunakan dibanding kick starter? Mungkin inilah pertanyaan yang sering dilontarkan ketika membahas pentingnya kick starter ini.

Ternyata starter kaki penting digunakan sesekali untuk menghindari adanya kemacetan yang disebabkan oleh karat. Karat ini dapat mengganggu kinerja starter elektrik. Penggunaan starter kaki juga dapat memperpanjang usia dari starter elektrik.

Biasanya agar kamu tidak kerepotan untuk menggunakan starter ini pada motor. Kamu bisa rutin memanaskan mesin tiap pagi hari. Dengan menyalakan motor menggunakan starter kaki. 

Karena dengan penggunaan starter ini setiap pagi. Kamu dapat merawat motor kamu menjadi lebih awet dan mengurangi biaya pemeliharaan. Lalu apakah fungsi menggunakan starter kaki hanya sebatas itu saja?

Baca juga: Pengertian Immobilizer Lengkap Dengan Cara Kerjanya

Fungsi dan Manfaat Kick Starter

kick starter
(cnnindonesia)

Selain untuk menghidupkan mesin motor secara manual. Ternyata kick starter perlu digunakan untuk membuat motor makin awet. Biasanya penggunaan kick starter lebih mudah dilakukan pada motor non matic.

Karena pada motor matic starter terhalangi oleh standar tengah. Maka dari itu kamu harus menurunkan terlebih dahulu standarnya baru menggunakan starter.

Penggunaan kick starter  memang lebih melelahkan dibanding starter elektrik. Karena kamu harus menginjak engkol menggunakan kaki yang membutuhkan tenaga yang cukup besar. Disarankan juga untuk menggunakan alas kareka biasanya starter terbuat dari  bahan yang keras. Ini akan membuat telapak kaki sakit.

Untuk manfaatnya sendiri, kick starter memiliki beragam manfaat untuk menjaga usia motor kamu.

Baca juga: Fungsi Sistem Starter dan Komponen-komponennya Pada Mobil

Menghemat Penggunaan Aki

Starter elektrik menggunakan aliran listrik yang dihasilkan oleh aki. Dengan rutin menggunakan kick starter kamu dapat menghemat penggunaan aki. Ini juga akan berdampak pada biaya pemeliharaan nantinya.

Menjaga Starter Elektrik Agar Tahan Lama

Penggunaan starter elektrik yang berlebih dapat membuat kemacetan pada starter. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan starter kaki. Bahkan meskipun starter elektrik sudah rusak, starter kaki tetap dapat menghidupkan mesin motor dengan lancar.

Melancarkan Perputaran Oli Pada Mesin

Ketika menggunakan kick starter, kamu akan mengeluarkan tenaga yang besar untuk meng engkolnya. Ini akan berdampak pada peredaran oli pada mesin motor. 

Oli sendiri berfungsi untuk melumasi bagian motor agar tidak macet dan berisik. Kamu juga harus mengganti oli tiap bulannya agar tidak kering.

Mencegah Per Selah untuk Berkarat

Jarangnya penggunaan starter kaki. Dapat membuat karat muncul pada bagian per selah motor. Per selah sendiri berfungsi untuk memberi tekanan saat kamu mengengkol starter motor. 

Jika per selah berkarat dan macet. Kamu akan kesulitan untuk menggunakan starter kaki untuk kedepannya.

Banyak sekali fungsi dan manfaat yang dapat diambil ketika menggunakan komponen kecil ini. Tentunya kamu juga harus melakukan pemeliharaan secara berkala untuk mengecek kondisi motor kamu. 

Setidaknya dengan cara ini kamu dapat mengurangi bagian yang rusak saat sedang melakukan pemeliharaan. Ini juga dapat menghemat biaya pemeliharaan karena sedikitnya komponen yang diganti.

Baca juga: Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya

Jenis-jenis Kick Starter Motor

kick starter
(autofun)

Ternyata starter kaki memiliki jenis yang dibedakan menjadi dua. Jenis ini memiliki sistemnya sendiri dengan cara kerja yang sedikit berbeda.

Primary Starter

Jenis ini terdapat pada motor yang menggunakan kopling. Dimana roda gigi starter terhubung dengan gigi motor yang berada di ruang kopling. Untuk menghidupkannya kamu perlu menekan kopling terlebih dahulu agar gigi tidak ikut berputar saat mengengkol. 

Starter ini juga memiliki kelebihan. Dapat digunakan ketika motor sedang dalam kecepatan tertentu. Tentunya sambil menekan kopling.

Konvensional Starter

Starter ini adalah jenis biasa yang juga digunakan pada motor kopling. Stater ini juga memiliki fungsi sebagai gigi pertama pada motor. Karena itulah starter ini tidak dapat digunakan jika sedang dalam kecepatan tertentu, meski kopling sudah ditekan.

Kamu harus mengalihkan terlebih dahulu gigi motor pada kondisi netral untuk menggunakan starter ini

Baca juga: Cara Memeriksa dan Menyetel Kekencangan Fan Belt atau V Belt

Perbedaan Kick Starter Pada Motor Sport, Matic dan Bebek

Jika dilihat secara sepintas. Bentuk dari starter motor bebek, sport dan matic terlihat sama. Ternyata perbedaan starter pada ketiga motor ini ada terutama pada penggunaannya.

Kamu sudah tahu bahwa jika jarangnya penggunaan starter pada motor dapat membuat kemacetan pada starter. Ternyata ini hanya berlaku pada motor matic saja.

Karena pada motor matic, starter kaki biasanya ditempatkan dekat dengan ruang CVT motor. Jarangnya pemakaian dapat membuat menumpuknya debu dan menempel pada gigi starter.

Debu dapat ditimbulkan dari gesekan CVT saat motor sedang digunakan. Maka dari itu pemeliharaan starter penting dilakukan. Minimal setiap per 8.000 km ketika digunakan. Juga perlu diingat rutin memanaskan motor dengan menyalakan mesin menggunakan starter kakisetiap pagi.

Sedangkan pada motor bebek dan sport. Starter terletak jauh dari CVT. Namun posisi starter malah berada didalam bak oli yang dapat terlumasi oleh oli. Penggunaan yang jarang tidak masalah pada motor jenis tersebut. 

Akan tetapi juga penting untuk merawat starter pada motor ini. Karena jika sewaktu-waktu starter elektrik rusak. Kick starter dapat diandalkan untuk menyalakan motor.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Featured Image Source: Otosia


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.