Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya
cara kerja silinder roda
Otomotif

Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder) dan Nama Bagian-Bagiannya

  • 5 Aug, 2017 oleh Budi Santoso
  • 2 menit membaca
Dalam rem tromol maka didalamnya terdapat wheel cylinder, wheel cylinder ini ada beberapa macam. Ada yang satu silinder roda didalamnya terdapat satu piston, ada juga yang dalam satu silinder rodanya terdapat dua piston. Tergantung dari jenis atau type rem tromol yang terdapat pada mobil tersebut. Bagaimana cara kerja silinder roda? Ini selengkapnya!
 
Nah, komponen dari wheel cylinder ini sangatlah simple. Didalamnya terdapat piston, yang di bagian kepalanya terdapat karet (atau seal). Karet belt ini yang paling rawan rusak sehingga menyebabkan kebocoran system. Selain piston dan karet, di bagian tengah terkadang juga ada pegas. Kemudian di bagian sisi luar, piston terdapat karet yang berguna untuk melindungi silinder roda, seperti mencegah kotoran dan air masuk ke silinder roda yang dapat menyebabkan karat.
 
Baca Juga:

Cara Kerja Silinder Roda dan Komponennya

 
Ada dua gambar dibawah, yang atas cara kerja silinder untuk langkah tekan. Sedangkan yang bawah adalah cara kerja silinder untuk langkah lepas. 
 
Dibawahnya adalah penjelasan singkat tentang cara kerja wheel cylinder. Nama bagian-bagiannya sudah ada di gambar.
Cara Kerja Silinder Roda (Wheel Cylinder)
(Researchgate)

Langkah tekan

Tekanan cairan rem yang di bangkitkan silinder master menekan sil karet silinder roda
 
Langkah lepas
 
Tekanan cairan rem tidak ada. Tegangan pegas pengembali sepatu rem tromol menekan sil karet silinder roda, cairan rem mengalir kembali ke silinder master.

Baca Juga:

Featured Image Source: Suzuki.co.id

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.