Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Pengertian Immobilizer Lengkap Dengan Cara Kerjanya
Otomotif

Pengertian Immobilizer Lengkap Dengan Cara Kerjanya

  • 5 Dec, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Pada kendaraan masa kini sering menyediakan fitur immobilizer sebagai sistem keamanan tambahannya. Lalu sebenarnya apa pengertian immobilizer dan seperti apa cara kerja fitur ini menjaga kendaraanmu? Cek disini jawabannya!

Pengertian immobilizer ialah sistem anti maling yang ada pada kunci mobil. Sistem ini bukan hal baru karena sudah ada sejak 1990-an yang awalnya digunakan mobil Amerika Serikat dan Eropa.

Asal Usul Immobilizer 

pengertian immobilizer pada kunci mobil Toyota
Wikimedia Commons

Setelah memahami pengertian immobilizer, Pins juga perlu tahu asal usul fitur ini. Sejak 1998, negara maju lainnya seperti Finlandia, Inggris hingga Jerman mewajibkan fitur ini sebagai standar keamanan mobil disana.

Pihak dealer akan memberikan sepasang kunci immobilizer, satu kunci cadangan, satu kunci utama dan plat kecil dengan tulisan kode kunci. Sistem ini tidak memiliki umur pemakaian selama masih mampu bekerja normal.

Sistem ini memakai perantara gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobil tersebut. Jika ada yang berusaha menggunakan kunci mobil yang sama maka kendaraanmu tetap aman.

Ada tiga komponen dalam immobilizer yakni transmitter, transponder dan theft deterrent system. Transmitter berguna mengirim gelombang radio dengan frekuensi tertentu menuju control module.

Transponder berfungsi menerima sinyal gelombang radio yang dikirimkan oleh control module untuk diidentifikasi. Theft deterrent system berguna untuk mengelola gelombang radio sesuai dengan identitas transponder.

Baca juga:

Fungsi Immobilizer

pengertian immobilizer pada kunci mobil
Pexels

Setelah memahami pengertian immobilizer kini saatnya Pins mengetahui fungsinya. Tujuan utamanya sistem ini adalah melindungi kendaraan dari tindak kriminal seperti pencurian.

Apabila ada tindakan yang mencurigakan maka transponder mengirimkan data ke engine control module. Rangkaian sistem pengapian akan aktif kemudian relay fuel pump hidup.

Kunci yang terhubung akan dikenali oleh ECU sehingga penggunanya bisa mengendarai mobil. Apabila terus dipaksa membuka pintu menggunakan kunci yang tidak sesuai maka mobil tetap tidak menyala. 

Walaupun Pins memakai pattern yang sama mobil tetap tidak akan menyala. Jika terjadi malfungsi atas sistem ini maka bisa menggunakan kunci manual.

Cara Kerja Immobilizer

wanita menunjukan pengertian immobilizer
Pexels

Cara kerja dari sistem ini adalah dengan memasang kunci kontak ke lubang kunci mobil. Setelah itu transmitter akan otomatis langsung mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

Lalu salurkan ke theft deterrent system untuk menerima dan mengidentifikasi gelombang radio. Saat frekuensi yang dikirimkan sesuai atau tak teridentifikasi mencurigakan maka transponder mengirimkan data ke engine control module.

Rangkaian sistem pengapian otomatis aktif lalu menghidupkan relay fuel pump. Artinya kunci kontak mobil terhubung dan dikenali oleh ECU, pengemudi baru bisa memutar kunci kontak ke posisi start engine yang berguna menyalakan mesin.

Kelebihan Immobilizer

Pengertian immobilizer ialah sistem keamanan yang mencegah adanya duplikasi kunci. Mobil hanya bisa dipakai dengan kunci aslinya saja namun beberapa pengguna mobil membuat duplikat kunci immobilizer sebagai cadangan.

Dalam pembuatannya memerlukan dokumen seperti fotokopi STNK, BPKB dan KTP. Dokumen tersebut sebagai bukti kepemilikan mobil agar bisa mendapatkan duplikasi kunci immobilizer.

Tidak semua kunci immobilizer sebab fiturnya terlalu canggih. Misalnya saja fitur blocking untuk mencegah penyusupan gelombang frekuensi yang tidak dikenal.

Baca juga:

Kekurangan Immobilizer

pengertian immobilizer untuk mobil modern
Pexels

Walaupun menawarkan banyak keunggulan namun immobilizer memiliki beberapa kekurangan yakni diantaranya adalah:

Kode Kadaluarsa

Fitur ini dilengkapi dengan chip yang menempel pada remote mobil dengan limit tertentu. Masa berlakunya kode ini hanya sampai 5 tahun saja sehingga setelah kadaluarsa perlu diganti kodenya.

Ciri dari kode kadaluarsa sudah mulai habis ialah remot mulai sulit merespon tindakan yang Pins inginkan.

Perbaikan Rumit

Jika kunci mengalami kerusakan maka akan membutuhkan perbaikan yang rumit. Masalah yang umum ditemui dari kunci immobilizer adalah baterai dan komponennya.

Misalnya saja jika melibatkan pemrograman ECU maka perlu servis dengan membongkar secara keseluruhan. Tentu dalam pembaikannya perlu riset ulang kode terlebih dulu.

Perbaikannya juga harus di tempat servis resmi yang biasa menangani masalah immobilizer. Dana yang dibutuhkan untuk perbaikan kunci immobilizer paling tidak menyediakan Rp2.000.000.

Sulit Mengurus Kunci Immobilizer Saat Hilang

Dalam mengurus kunci ini saat hilang cukup merepotkan sebab perlu menunjukkan plat kode immobilizer yang disertakan ketika pembelian. Selain dealer bisa pula membuat kunci immobilizer di beberapa toko spesialis.

Pengguna Keyless

Pins yang memakai keyless wajib berhati-hati serta memperhatikan lampu indikator immobilizer saat menyala secara berkala. Lampu ini menandakan Pins harus segera ganti baterai. 

Saat tidak memiliki kunci cadangan maka Pins tidak dapat menutup atau menyalakan mobil. Keyless akan sulit dalam menghantarkan sinyal lewat transmitter maupun transponder untuk disalurkan dan dibaca oleh ECU.

Gangguan Gelombang

Gangguan gelombang pada sistem ini bisa terjadi kapan saja secara alami. Apalagi jika berada di lokasi yang mampu mengganggu transmisi gelombang. Gangguan gelombang ini juga terjadi di dekat pemancar atau base transceiver station provider ponsel.

Pada posisi itu Pins akan tetap menggunakan remote keyless namun sulit untuk menghidupkan mobil. Saat berada pada kondisi tersebut maka solusinya adalah menginjak pedal rem sambil menekan tombol start engine sampai menyala.

Dengan memahami pengertian immobilizer, Pins bisa memahami fungsi dan cara kerjanya. Pahami juga kekurangan fitur ini agar bisa menghadapi berbagai kondisi yang terkait dengan immobilizer.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah