Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Memeriksa dan Menyetel Kekencangan Fan Belt atau V Belt
cara menyetel kekencangan fan belt
Otomotif

Cara Memeriksa dan Menyetel Kekencangan Fan Belt atau V Belt

  • 23 Jul, 2017 oleh Budi Santoso
  • 2 menit membaca
Pada beberapa kendaraan yang kipasnya belum menggunakan kipas elektrik, maka untuk menggerakkan kipas yang digunakan untuk mendinginkan mesin menggunakan belt yang terhubung dengan pully poros engkol. Lalu, bagaimana cara menyetel kekencangan fan belt dan mengeceknya?
 
Sebenarnya walaupun kipasnya sudah menggunakan kipas elektrik, tetap ada yang namananya v-belt atau fan belt ini, fungsinya untuk menggerakkan alternator, pompa air, pompa power steering ataupun kompresor ac. Lalu bagaimana caranya untuk memeriksa kekencangan tali kipas? dan bagaimana cara menyetelnya? Berikut ini kami jelaskan prosedurnya:
 
Baca Juga:

Cara Memeriksa Kekencangan Tali Fan Belt

 
Berikut bantuan penjelasan dari prosedur standar dari buku manual toyota, tapi secara prinsip di semua mobil sama caranya.
 
(Mitsubitshitechinfo.com)   
 
Untuk memeriksa ketegangan tali kipas dapat menggunakan tangan atau menggunakan alat yang bernama spring scale, namun untuk lebih akuratnya tentunya menggunakan alat. Sementara untuk menggunakan tangan hanya orang-orang tertentu saja yang memang sudah terbiasa atau familier dengan hal tersebut. 
Berdasarkan buku manual, apabila menggunakan spring scale maka ditekan/ditarik dengan beban 10 kg, dengan spesifikasi 7 – 11 mm.
 

Cara Menyetel Kekencangan Tali Fan Belt

 
Biasanya dalam satu mobil terdapat lebih dari satu belt, bila lebih dari satu biasanya penyetelannya yang pertama terletak pada alternator, dan yang kedua terletak pada pompa power steering. Di mobil avanza contohnya, beltnya hanya ada satu buah tapi panjang dan berkelok-kelok. Penyetelannya pun hanya terdapat satu buah.
 
Intinya jangan takut salah, selalu mencoba dan mencoba.

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.