Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Sebaiknya Ganti Oli Motor Berapa Km Sih? Simak!
Otomotif

Sebaiknya Ganti Oli Motor Berapa Km Sih? Simak!

  • 14 May, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Apakah Pins tahu ganti oli motor berapa km ? Mengetahui berapa km ganti oli motor dianggap penting bagi semua pengguna sepeda motor. Baik motor matic atau manual wajib untuk melakukan ganti oli.

Pasalnya oli berguna sebagai pelumas mesin agar performa motor selalu optimal. Terkait kapan sebaiknya melakukan ganti oli sudah direkomendasikan dalam setiap buku service brand motor masing-masing.

Cara paling gampang mengetahui pertanyaan atas berapa km ganti oli motor bisa dilihat dari speedometer. Pada speedometer terlampir berapa jarak yang telah dilalui motor tersebut.

Ganti Oli Motor Berapa KM?

(Pexels)

Terlambat mengganti oli bisa memperpendek usia mesin motor. Mesin bisa rusak total bahkan biaya untuk memperbaikinya jauh lebih besar dari ganti oli itu sendiri. Itulah mengapa penting mengetahui ganti oli motor berapa km.

Oli memiliki beberapa fungsi diantaranya mampu menghindarkan komponen mesin dari korosi. Polusi dan cuaca mampu menyebabkan mesin motor mudah berkarat. Oli sendiri berfungsi memberikan lapisan menyeluruh pada tiap komponen mesin.

Lapisan ini akan melindungi mesin dari partikel polusi berbahaya. Oli juga berguna sebagai peredam daya kalor ketika mesin melakukan pembakaran. Tak hanya itu saja hasil pembakaran juga dibersihkan oleh oli.

Komponen mesin dirancang khusus namun untuk merekatkannya diperlukan oli. Oli inilah berfungsi sebagai lapisan yang meminimalisir celah akibat renggangnya komponen mesin.

Getaran yang timbul ketika mesin bekerja dapat pula diredam oleh pelumas tersebut. Ia juga bermanfaat untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin.

Lalu ganti oli motor berapa km ?pada buku servis dianjurkan setiap 4.000 km atau sekitar 4 bulan sekali. Bila berdasarkan anjuran mekanik ganti oli juga dapat dilakukan setiap 2.000 km atau sebulan sekali.

Tidak hanya berdasarkan berapa km ganti oli motor saja melainkan mengacu pada engine hour. Engine hour adalah waktu kerja mesin motor karena saat macetpun oli masih tetap bekerja walaupun kilometer tidak berjalan.

Ketika motor sudah tidak nyaman dikendarai maka oli perlu diganti. Cara cek kondisi dan kualitas oli dapat diketahui melalui oil stick di motor tersebut. Bila ketika dipegang oli ada gramasi atau kotoran pelumas maka perlu segera diganti.

Baca Juga:

Tanda Motor Harus Ganti Oli

(Pexels)

Jika speedometer milik motormu ternyata tidak berfungsi sehingga tidak bisa mengetahui berapa km ganti oli motor maka cermati saja tanda-tanda ini!

Oli Encer

Ciri pertama adalah pelumas mulai berwarna hitam pekat dan encer. Awalnya oli motor berwarna kuning keemasan. Seiring penggunaannya dalam waktu lama maka warna akan berubah pekat. 

Oli baru bertekstur kental namun kondisinya akan berubah menjadi encer. Kondisi tersebut terjadi karena daya lumas mulai menurun. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat mesin cepat aus.

Suhu Mesin Panas

Kondisi oli yang semakin buruk akan membuatnya kurang maksimal dalam menghantarkan panas. Pins bisa merasakan hawa panas di area mesin pada kaki. Penyebaran panas terjadi tidak merata di seluruh komponen mesin.

Suara Mesin Kasar

Tanda oli perlu diganti selanjutnya ketika suara mesin sudah terasa kasar. Fungsi oli adalah meredam getaran dan membuat suara mesin jadi lebih halus.

Jika suara mesin sudah terasa kurang enak segera datangi bengkel untuk melakukan pengecekan. Ganti oli bila memang diperlukan.

Volume Oli Mesin Berkurang

Oli perlu diganti jika volumenya sudah berkurang. Untuk mengeceknya cukup posisikan motor dengan standar tengah. Buka tutup oli mesin dan gunakan tang untuk memudahkan membukanya jika sulit.

Angkat sampai tongkatnya keluar semua lalu bersihkan memakai lap. Masukan lagi dipstick ke dalam mesin motor lalu cabut kembali. Bila bagian dipstick berada di batas minimal maka segera ganti oli

Baca Juga :

Dampak Motor Tidak Ganti Oli

(Pexels)

Penggantian oli ini merupakan hal yang wajib untuk semua jenis kendaraan. Dampaknya bila Pins tetap tak mau mengganti oli diantaranya adalah sebagai berikut :

Overheat

Fungsi oli adalah sebagai pelumas sekaligus pendingin mesin. Bila tidak diganti maka mesin akan semakin berat dan menyebabkan overheat. Overheat merupakan kondisi panas yang berlebih pada mesin.

BBM Boros

Tak hanya itu saja bahan bakarpun semakin boros. Penggunaan bahan bakar akan lebih banyak karena kinerja mesin yang berat. Motor sangat beresiko kehabisan bensin secara tiba-tiba. Inilah mengapa oli harus rutin diganti.

Gerakan Mesin Kasar

Oli yang tidak melumasi komponen motor dengan baik akan membuat gerakannya semakin kasar. Suara kurang halus dan tarikannya tidak nyaman saat digunakan di jalan raya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Kinerja Mesin Turun

Resiko turun mesin bisa dialami motor. Hal ini karena semakin pendeknya umur dan ketahanan mesin motor. Oli berfungsi sebagai pelindung mesin dan bila sudah berkurang volumenya maka akan semakin turun perlindungan yang diberikan.

Mogok

Potensi mesin mati tiba-tiba sangat mungkin terjadi jika oli jarang diganti. Tidak hanya karena kehabisan bensin namun kinerja mesin yang semakin lama menurun.

Sebagai pengguna sepeda motor penting untuk melakukan penggantian oli secara rutin. Pins wajib tahu  ganti oli motor berapa km. Bila tidak tahu pasti jarak minimal ganti oli ketahui cirinya.

Tidak hanya motor yang perlu perawatan namun berlaku pula bagi roda empat. Gunakan layanan Pinhome Home Service yang menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.