Kamus Istilah Properti

Dipan

istilah properti

Dipan

Dipan adalah penopang kasur yang terletak di bagian bawah berbentuk bangku panjang rendah.

Apa Itu Dipan? 

Dipan
(Janpafurniture)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dipan adalah bangku panjang rendah (untuk duduk-duduk atau berbaring); tempat tidur terbuat dari papan yang tidak berkelambu. 

Istilah dipan dikenal sebagai spring box ini memiliki pengertian sebagai penopang kasur yang terletak di bagian bawah berbentuk bangku panjang rendah. Kata dipan berasal dari bahasa Belanda, divan, yang berasal dari bahasa Parsi, devan yang merujuk pada ruang kerja para dewan.

Umumnya, spring box terbuat dengan kerangka kayu yang dilengkapi foam atau busa kemudian dibalut dengan kain atau kulit sintetis. Pada bagian bawah, terdapat bed leg alias kaki dipan yang memberikan jarak antara dipan dengan lantai.

Bentuk dipan bervariasi bisa berupa tempat duduk panjang pada sebuah kasur yang ditaruh di tepi ruangan. Letaknya bisa di lantai atau di bingkai, disertai dengan bantal untuk bersandar. 

Jenis-jenis Dipan

Spring box yang pun memiliki berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan modelnya. Berikut ini beberapa jenis yang umum ditemukan: 

Box Spring Canopy Bed  

dipan Kanopi
(amazon)

Dipan jenis ini memiliki kanopi yang sebagai tudung di atasnya. Kanopi ini disangga oleh empat tiang dengan ketinggian minimal 1,2 meter dari atas kasur. Kelebihan dipan kanopi adalah bisa dibuat penuh ornamen sehingga lebih menarik dari sisi desainnya.  

Pada bagian sisi-sisinya biasanya terdapat kain dekoratif yang dirancang saling silang antar tiang. Lalu, kain ini akan menjulur ke bawah mengikuti tiang dan membentuk kelambu yang diikat dengan tali.  

Dipan Platform Bed 

(US Mattress)

Kalau Pins mengusung konsep minimalis, maka jenis satu ini cocok diterapkan di kamarmu. Dipan platform bed dikenal sebagai ranjang panggung atau ranjang kabin. Karakteristiknya lebih sederhana dan bersih.

Rangka dipan pun cenderung lebih sederhana berbentuk kotak dengan papan kayu berpola geometris. 

Dipan Panel Bed

(Living Space)

Jenis panel yang terbuat dari material kayu dan hampir serupa dengan dipan platform. Perbedaanya dipan ini memiliki empat papan yang dibingkai kasur pada empat sisinya. 

Selain itu, panel ini juga dapat diisi dengan kasur pegas yang mana pada bagian headboard dibuat tinggi dengan dihiasi dengan ukiran atau kain pelapis (upholstery). Lalu, pada bagian footboard sengaja dibuat lebih rendah dari pada bagian headboard.

Dipan Sleigh Bed 

(Kassa Mall)

Tipe sleigh bed memiliki ciri khas bentuk headboard dan footboard yang memiliki lengkungan ke arah luar. Bentuknya yang seperti ini ternyata mirip sleigh atau kereta luncur salju. Bentuknya lengkungannya manis dan ramping, terinspirasi dari gaya Romawi dan Yunani yang pertama kali diperkenalkan oleh Perancis di Amerika pada abad ke-19. 

Box Spring Trundle Bed

(Ubuy Indonesia)

Selanjutnya sping box dengan laci tingkat yang terdiri dari dua ranjang bersusun di atas bawah. Pada jenis ini kasur bagian bawahnya dibuat sedikit lebih kecil dibandingkan kasur di bagian atasnya.

Tujuan penataan ini agar dipan dapat didorong masuk ke kolong selayaknya laci kabinet. Pins bisa memilih jenis ini jika memiliki ruang terbatas. Bahkan, pada bagian bawahnya bisa difungsikan sebagai laci.

Kelebihan Memakai Dipan

(Carousell)

Meskipun saat ini pemakaian penopang kayu semakin meredup popularitasnya, ternyata ada berbagai manfaat jika memakai sping box memiliki manfaat. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Mencegah kasur langsung bersentuhan dengan lantai yang dapat menyebabkan kurangnya sirkulasi udara. 
  • Tanpa spring box, udara panas bisa menyerap dan menimbulkan risiko tumbuhnya jamur. 
  • Jika kasur langsung menyentuh lantai, maka membuatnya lebih dingin sehingga menimbulkan risiko permasalahan pada paru-paru.
  • Membantu mengurangi penumpukan debu.
  • Mempermudah dalam membersihkan ruangan kamar.
  • Terdapat pilihan model yang bisa membuat kamar menjadi lebih cantik.
  • Kasur lebih awet dan tidur pun menjadi lebih nyaman.

Pilihan Kayu Terbaik untuk Dipan

Ada beberapa jenis kayu yang cocok dipakai untuk spring box, diantaranya:

Jati 

Kayu jati memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik. Spring box yang terbuat dari kayu jati bisa digunakan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan baik. Kandungan minyak alami pada kayu jati juga menjadikannya lebih tahan terhadap rayap dan serangga lain yang akan merusak furnitur kayu. 

Jati memilliki warna khas coklat keemasan dengan serat lurus membuatnya tampak menarik jika digunakan sebagai spring box di tempat tidur. Tetapi dari sisi harga, dipan dari kayu jati cenderung lebih mahal.

Oak

Selanjutnya jenis kayu oak yang dikenal sangat serbaguna. Bicara soal kualitas dan daya tahan kayu oak pun tidak kalah awet. Dari sisi tampilannya pun kayu oak memiliki serat dan warna yang bervariasi. Kayu oak memiliki ciri khas serat kayu yang berbentuk indah. Pins bisa memilihnya untuk menambah keindahan dekorasi kamar menjadi kebih estetik. Untuk hasil yang lebih maksimal, lebih baik jika dipernis untuk mengeluarkan butiran alami kayunya. 

Mahoni 

Jenis kayu mahoni paling banyak dipakai sebagai bahan untuk penopang tempat tidur. Karakteristik kayu mahoni Warnanya yang pekat adalah salah satu ciri khas kayu mahoni. Selain itu, daya tahan kayu mahoni teruji kuat untuk berbagai furnitur rumah, termasuk penopang kasur. 

Rosewood 

Warna cerah dengan rona merah dan tekstur yang indah, membuat kayu rosewood cocok dipakai sebagai penopang kasur yang menghadirkan kemewahan. Jenis kayu ini kerap dipakai sebagai material furnitur yang rumit atau perlu kehati-hatian. Jika kamu berencana membuat dipan yang dapat menolerir banyak keausan maka kayu rosewood adalah pilihan yang tepat.  

Kenari

Terakhir kayu kenari atau walnut yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik. Keunggulan dari kayu kenari adalah warna dan teksturnya yang indah. Kayu ini keras sehingga pilihan yang tepat untuk furnitur yang tahan lama. Warna kayu coklat terang dan kekuningan memiliki daya tarik yang memukau.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.