Kamus Istilah Properti

Off-Market

istilah properti

Off-Market

Off-market adalah properti yang dijual tanpa iklan atau pemasaran secara publik.

Apa itu Off-Market?

off-market
Sumber: Pixabay

Off-market adalah properti yang dijual tanpa iklan atau pemasaran secara publik. Arti dari off-market itu sendiri adalah di luar pasar, yang berarti properti tersebut belum menjadi listing di manapun. Pada pasar ini, biasanya pembelinya tidak ingin propertinya sampai diketahui oleh publik. Sehingga, muncul beberapa pengembang dengan sasaran off-market. Peluang ini tentu membuat pengembang yang menawarkan properti off-market memiliki keuntungan besar untuk menemukan pembeli yang tepat.

Alasan Munculnya Properti Off-Market

sumber: Gerd Altmann dari Pixabay

Mungkin sebagian dari Pins bingung mengapa ada properti off market, terlebih properti yang satu ini tidak dipasarkan melalui media komunikasi publik. Sebenarnya, properti off-market telah banyak digunakan sejak dahulu. Mengingat teknologi yang belum canggih, jadi properti biasanya dijual hanya dari mulut ke mulut. Namun, saat ini terjadi perubahan pasar yang mana banyak sekali orang dengan status kelas bergengsi menginginkan properti off -market dengan privasi yang terjaga, karena permintaan yang meningkat tentunya memunculkan agen-agen properti off -market.

Bagaimana Mencari Real Estate Off-Market?

off market
sumber: Pixabay

Hunian yang nyaman dengan privasi yang terjaga tentu sangat diminati oleh banyak orang. Jika Pins ingin memiliki properti off-market, penting sekali untuk mencari daftar agen-agen properti di area yang ingin Pins tinggali. Carilah datar agen properti sedetail mungkin agar memudahkan Pins dalam menemukan hunian impian.

Biasanya pengembang properti yang menjual real estate dengan properti off market cukup dekat dengan pembelinya. Mereka menjalin hubungan baik dengan para pembelinya agar agen propertinya direkomendasikan dari mulut ke mulut pada pasar dengan kelas yang sama. Meski begitu, agen-agen properti off-market ini masih cukup sedikit keberadaannya. Kebanyakan pemilik properti lah yang secara langsung menjual propertinya. Sehingga, bagi Pins yang ingin memiliki properti off market, penting untuk bertanya pada kerabat dan teman-teman dekat.

Meski kini cukup banyak diminati, mencari tahu nilai rata-rata properti dan kondisi lingkungan tempat Pins akan membeli properti sangat penting loh! Biasanya nilai properti tergantung dari lingkungan properti itu dibangun. Semakin lengkap fasilitas di area properti dan terjaganya privasi, maka akan semakin tinggi juga nilai properti. 

Dalam mencari properti off-market, Pins juga diharuskan bersabar karena properti yang tidak dipasarkan dengan media publik tentu tidak akan semudah mencari properti biasa. Selain itu, biasanya dalam mencari properti hunian akan memerlukan waktu panjang karena kecocokannya dengan keinginan dan kebutuhan Pins. Jadi, jangan terpaku hanya pada satu agen properti saja, carilah daftar agen seluas mungkin melalui internet dan kerabat.

Alasan Mengapa Properti Off-Market Cukup Menjanjikan

off-market
sumber: Pixabay

Sebagian dari Pins mungkin merasa pasar dari properti off market tidak banyak dan kurang menjanjikan. Mengingat pemasarannya yang tidak dilakukan dengan media publik. Ya, pendapat ini memang sering bermunculan pada properti off-market, meski kenyataannya tidak sepenuhnya benar. 

Dengan menjual properti off-market Pins sebagai pengembang atau pemilik properti menghemat biaya iklan yang dapat memakan biaya cukup besar. Selain itu, properti off market dapat dibilang cukup menjanjikan. Properti off market cukup laku di kalangan bergengsi, karena pembelinya biasanya menerima penawaran meski dengan harga yang cukup tinggi. Pada umumnya, properti ini cenderung cepat sekali terjual.

Kelebihan penjualan properti off market lainnya adalah Pins tidak perlu bersaing harga dengan penjual lainnya. Pada banyak kasus, penjualan properti terjadi persaingan yang cukup ketat sehingga pengembang harus menurunkan harga jual. Nah, pada properti off-market, Pins sebagai pengembang tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Namun beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga jual yang rendah adalah alasan pemilik properti menjual propertinya, misalnya pemilik yang membutuhkan uang dengan cepat. Hal ini dapat menurunkan harga jual properti.

Itulah informasi mengenai apa itu off market, alasan munculnya properi jenis ini, cara mencari real estate dalam market ini, dan alasan mengapa properti seperti ini cukup menjanjikan. Apakah kamu tertarik memiliki properti off market? Atau kamu lebih menyukai properti on market yang sudah ada di pasaran?


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.