Kamus Istilah Properti

Lessor

istilah properti

Lessor

Lessor adalah suatu pihak yang menyewakan properti, merek dagang, objek kekayaan intelektual, atau barang/hak guna tertentu.

Apa itu lessor?

(Unsplash)

Ranah properti bukan hanya soal jual beli saja, namun kita juga akrab dengan sistem sewa menyewa. Ada beberapa istilah khusus yang digunakan dalam aktivitas sewa menyewa formal dan turunannya. Salah satu istilah yang mungkin akan ditemui adalah lessor.

Lessor adalah suatu pihak yang menyewakan properti, merek dagang, objek kekayaan intelektual, atau barang/hak guna tertentu. Dalam ranah properti, lessor merupakan orang yang memiliki hak kepemilikan dari suatu properti yang disewakan.

Pihak yang menjadi lessor bisa jadi perorangan maupun badan hukum tertentu. Biasanya, badan hukum yang berperan sebagai pihak lessor antara lain bank, lembaga finansial yang selain bank, dan perusahaan leasing.

Istilah ini berdampingan lessee dan lease. Lessee merupakan pihak yang menyewa barang atau hak guna dari lessor. Sementara lease adalah aktivitas sewa menyewa yang dilakukan oleh kedua pihak yang telah disebutkan sebelumnya.

Aktivitas sewa menyewa merupakan jawaban atas problem keterbatasan dana untuk membeli suatu barang atau hak. Aktivitas ini juga menjadi sumber penghasilan dari pemilik barang atau hak untuk mendapatkan pundi-pundi per periode tanpa harus melepaskan hak kepemilikan.

Umumnya, risiko dari penggunaan sebuah barang atau hak guna akan menjadi tanggung jawab dari pemilik properti. Akan tetapi, hal ini sebenarnya masih fleksibel. Semua tergantung dari kontrak sewa dari pihak-pihak yang terkait. Namun, jika kerusakan properti terjadi karena kesalahan pihak penyewa, maka kerugian tersebut sudah seharusnya menjadi tanggung jawab dari pihak penyewa.

Peran-peran lessor

(Corporate Finance Institute)

Dalam aktivitas sewa menyewa, pihak lessor akan melakukan beberapa peranan. Beberapa poin yang tertulis di bawah ini setidaknya menjadi peranan-peranan yang akan dicakup oleh lessor.

  • Lessor menyewakan suatu barang atau hak yang menjadi kepemilikannya secara sah.
  • Properti yang akan disewakan kepada lessee tidak berpindah hak kepemilikannya. Hanya hak gunanya saja yang berpindah tangan kepada lessee. Secara spesifik, hak guna yang diperoleh oleh lessee ini masa berlakunya temporer.
  • Lessor melakukan transfer barang atau hak guna tertentu kepada pihak penyewa untuk digunakan. Masa berlakunya penggunaan properti tersebut temporer sesuai dengan perjanjian ataupun kontrak yang telah disepakati.
  • Ketika masa perjanjian atau kontrak berakhir, pihak lessee akan mengembalikan properti yang disewakannya kembali.

Ketentuan sewa menyewa

(Unsplash)

Dalam aktivitas sewa menyewa, ada beberapa ketentuan yang akan diberlakukan. Umumnya, ketentuan-ketentuan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Selama kontrak sewa menyewa berlaku, kepemilikan properti masih menjadi hak kepemilikan pihak lessor.
  • Ketika pembayaran sewa mengalami kendala, maka lessor bisa membebaskan properti dari lessee. Pihak lessor juga bisa melakukan kelonggaran pembayaran jika hal tersebut mungkin untuk dilakukan.
  • Pemeliharaan barang yang disewakan akan menjadi kewajiban dari pihak lessor.
  • Jika terjadi kerusakan karena keteledoran penyewa, maka pihak lessee akan melakukan ganti rugi.

Bagaimana cara menjadi lessor?

(Unsplash)

Untuk menjadi lessor, kamu membutuhkan properti yang legal secara hukum. Kepemilikan suatu properti yang dimaksud harus dalam posisi klaim tunggal. Hal ini perlu digaris bawahi agar tidak terjadi klaim-klaim dari pihak di luar lessor saat proses sewa menyewa berlaku.

Pembelian sebuah aset properti merupakan salah satu cara untuk berinvestasi. Dengan menjadi lessor untuk properti tersebut, maka investasi yang dilakukan dapat berjalan lebih produktif ketimbang hanya menunggu nilai properti tersebut naik.

Beberapa lessor ada yang membeli sebuah aset dengan cara kredit dan kemudian menyewakan barang tersebut kepada pihak lain. Nantinya, uang sewa yang didapatkannya akan digunakan sebagai uang pembayaran kredit.

Hal ini banyak dilakukan pada konteks industri. Misalnya membeli mobil baru untuk disewakan ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kendaraan operasional.

Ada juga yang menggunakan cara tersebut untuk membeli properti. Baik jenis rumah, apartemen, ruko ataupun perkantoran.

Keuntungan menjadi lessor

(wallstreetmojo)

Akad sewa menyewa yang dilakukan mengharuskan lesse untuk membayarkan sejumlah uang pada lessor sebagai harga sewa properti. Periode pembayaran dari aktivitas sewa menyewa yang dilakukan cukup fleksibel. Ada yang diberlakukan bulanan maupun tahunan, semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Apabila pembayaran yang dilakukan molor, maka lessor bisa mendapatkan ganti rugi. Tentunya hal ini dapat berlaku apabila dalam perjanjian awal telah disepakati ketentuan seperti ini.

Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan, pihak yang menyewakan properti bisa memberlakukan ketentuan khusus di awal perjanjian. Akan tetapi, pastikan untuk membuat ketentuan yang sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

Keuntungan menjadi lessee

(wallstreetmojo)

Sebagai pelengkap, kami akan menjelaskan keuntungan apabila kamu berposisi sebagai lessee dalam aktivitas sewa menyewa. Yang pertama, kamu tidak perlu menunggu untuk memiliki sejumlah uang dalam nominal yang besar untuk menggunakan properti. Kamu hanya perlu menyewa pada pihak yang menyediakan sewa untuk properti yang kamu inginkan.

Sesudah melakukan akad, kamu secara penuh dapat menikmati fasilitas dari properti yang kamu sewa. Yang perlu digaris bawahi, fasilitas yang dapat digunakan secara penuh adalah objek-objek yang telah disepakati dalam akad. Lessee juga tidak perlu melakukan pemeliharaan serta biaya-biaya seperti pajak dan sejenisnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.