Kamus Istilah Properti

Originator

istilah properti

Originator

Originator adalah lembaga atau perseorangan yang menjadi penerbit atau penjual dari surat obligasi jenis Efek Beragun Aset (EBA).

Apa itu originator?

(First Ohio Home Finance)

Ada banyak aset investasi yang dapat di beli di pasaran. Salah satunya adalah Efek Beragun Aset, sebuah portofolio investasi yang berupa tagihan atas beberapa jenis kredit. Beberapa jenis kredit tersebut antara lain penjaminan surat properti, tagihan kartu kredit, dan tagihan atas penjaminan surat berharga jenis lainnya.

Jika kamu melakukan investasi obligasi di ranah pembelian Efek Beragun Aset, maka kamu akan menemukan beberapa istilah-istilah tertentu. Salah satu istilah yang dimaksud adalah originator.

Originator adalah penerbit atau penjual dari surat obligasi jenis Efek Beragun Aset (EBA). Menurut sumber Investopedia.com, originator di arena investasi ini bisa dari suatu lembaga tertentu ataupun perseorangan. Sementara itu, lewat tulisannya yang berjudul Strategi Pendanaan, Agung Yudiviantho (2010) menyatakan jika harga EBA akan ditetapkan berdasarkan nilainya kini dan estimasi arus kas yang dapat dihasilkan di masa mendatang.

Obligasi merupakan sertifikat yang menyatakan bahwa investor meminjamkan sejumlah uang kepada originator. Nantinya, originator wajib untuk membayarkan keuntungan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dua belah pihak.

Waktu jatuh tempo dari sebuah obligasi akan menjadi batas akhir untuk penerbit (originator) untuk melunasi pinjaman yang diberikan oleh investor. Besaran nilai yang akan diberikan kembali kepada investor akan tercantum pada surat obligasi.

Agar surat obligasi bisa melindungi pihak-pihak yang terkait dalam transaksi, maka ada aspek legal yang juga disepakati oleh dua belah pihak. Aspek legal ini biasa disebut dengan identure.

Setidaknya, ada tiga tipe originator yang dapat kita temui di pasar obligasi. Pihak-pihak tersebut antara lain adalah bank retail, bankir hipotek, dan broker.

Originator akan mendapatkan keuntungan dari biaya yang dibebankan pada transaksi yang mereka lakukan. Mulai dari sebagian persentase dari pembayaran kredit yang dilakukan oleh peminjam uang dan sebagian persentase keuntungan yang diperoleh investor.

Originator pinjaman beragun

(PT SMF)

Originator pinjaman beragun merupakan perusahaan atau lembaga vital dalam pemberian dana pinjaman. Saat menjadi originator, bank retail akan menggunakan sumber dana tradisional mereka untuk memberikan pinjaman pada kreditur.

Di Indonesia, pemerintah mempunyai alokasi dana khusus untuk mendanai pinjaman untuk keperluan KPR. Dana tersebut adalah salah satu sumber dana yang dipakai oleh bank-bank retail seperti BTN saat mencairkan pinjaman untuk debitur.

Khusus untuk di Indonesia, lembaga yang menjadi originator resmi surat obligasi efek beragun aset properti adalah PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). PT SMF juga sekaligus merupakan penerbit pertama dari surat obligasi efek beragun aset yang ada di tanah air.

Sebagai aset investasi, pembelian obligasi efek beragun aset ini terbilang aman dan menguntungkan. Selain dijamin dengan surat berharga, investasi ini dapat memberikan keuntungan dari 10 persen hingga 20 persen per-tahunnya.

Pasar primer dan pasar sekunder

(Investopedia)

Jika berniat membeli surat obligasi, maka kita akan dihadapkan dengan istilah lainnya yang berhubungan dengan originator. Istilah yang dimaksud adalah pasar primer dan pasar sekunder.

Menurut sumber Investopedia.com, pasar primer adalah area di mana peminjam dana bertemu dengan originator. Originator di sini bisa berupa bank, unit pemberi kredit, atau broker. Di pasar primer ini, transaksi kredit dengan agunan dilakukan.

Ketika dokumen dan kelengkapan sudah memenuhi persyaratan dan telah tervalidasi, maka peminjam akan mendapat dana yang mereka ajukan. Dana tersebut secara spesifik akan dipergunakan untuk melunasi pembayaran dari rumah atau apartemen yang mereka beli.

Sementara itu, pasar sekunder merupakan tempat untuk menjual surat obligasi dari pinjaman yang dilakukan oleh debitur. Pemilik surat obligasi yang telah diperdagangkan di pasar sekunder ini akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan keterangan dalam surat obligasi yang mereka dapatkan.

Perbedaan tipe-tipe originator

(Guardhill Financial)

Seperti yang dijelaskan di pembahasan pertama, ada tiga tipe originator yang secara umum dikenal dalam ranah ini. Dari bank retail, bankir hipotek, sampai broker. Masing-masing tipe tersebut memiliki detail peranan yang berbeda, walaupun posisinya sama-sama menjadi originator.

Ketika menjadi originator, bankir hipotek akan bekerja pada sebuah institusi tertentu. Institusi tersebut merupakan lembaga yang memberikan jasa pinjaman pada debitur untuk melunasi pembayaran KPR-nya. Sementara itu, saat bank retail menjadi originator, ia akan diwakili oleh bankir-bankirnya.

Hal ini bertolak belakang dengan tipe broker. Posisi broker ketika menjadi originator akan berada di tengah-tengah antara bankir dan debitur (peminjam) dana. Dalam pengajuan pinjaman, broker akan mengurus semua berkas yang dibutuhkan oleh pihak bank. Ia juga akan melakukan pengecekan histori kredit serta pemasukan debitur. Peran broker sebenarnya cukup terbatas dalam aktivitas pemberian pinjaman. Posisi yang lebih vital dalam aktivitas ini adalah posisi dari bank retail serta bankir yang membuat persetujuan dan memberikan dana.

Penjelasan di atas merupakan gambaran kecil dari apa itu originator hipotek (pinjaman beragun). Sebagai instrumen investasi, pembelian surat obligasi efek beragun aset merupakan satu langkah aman. Hal ini dikarenakan surat obligasi ini memiliki jaminan berupa surat-surat berharga.

Semoga apa yang sudah disampaikan di atas dapat membantu pencarianmu ya Pins! Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id selanjutnya ya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.