Kamus Istilah Properti

Water Heater

istilah properti

Water Heater

Water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan memanfaatkan sumber energi listrik sebagai pemanasnya. 

Apa Itu Water Heater

water heater
(Alamy)

Water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan air. 

Mesin pemanas air ini mulanya hanya digunakan untuk keperluan hotel atau penginap lainnya. Namun kini mulai banyak rumah-rumah yang menggunakan water heater untuk kebutuhan mandi sehari-hari. Khususnya mereka yang tidak dapat mandi dengan air dingin atau memiliki anak kecil. 

Fungsi Water Heater

fungsi water heater (pemanas air)
(Alamy)

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, water heater memiliki fungsi sebagai pemanas air. Alat ini berkerja dengan mengubah suhu normal menjadi panas. 

Masing-masing jenis dan merek water heater memiliki pemanas yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan energi listrik dan ada pula yang memakai pemanas dari gas. Walau demikian, keduanya sama-sama bisa memanaskan atau menghangatkan air. 

Dengan menggunakan water heater kamu tidak perlu lagi memasak air untuk mandi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lebih daripada itu, water heater pun aman digunakan untuk bayi. Jadi, kamu tidak perlu ragu bila ingin memandikan bayi menggunakan air yang dipanaskan dengan water heater.

Baca Juga:

Tipe Water Heater 

pemanas air
(Alamy)

Ada beberapa tipe water heater yang dijual di pasaran. Berikut di antaranya: 

Electric water heater

Pemanas air ini mengandalkan energi listrik sebagai sumber pemanasnya. Di pasaran ada banyak merek electric water heater yang dijual dengan harga bervariasi. Bila berminat kamu dapat mengunjungi toko sanitary untuk membelinya.

Gas water heater

Sesuai dengan namanya, alat pemanas air ini mengandalkan energi dari gas elpiji sebagai sumber pemanasnya. Water heater jenis ini dapat menjadi pilihan jika kamu ingin lebih hemat. Sebab biaya gas elpiji sendiri relatif murah dan kecepatan panasnya cukup tinggi. 

Boiler water heater

Boiler water heater adalah penghangat air yang mengandalkan energi boiler. Energi boiler sendiri adalah proses pemanasan air hingga menjadi uap. 

Biasanya, boiler water heater digunakan untuk kebutuhan air panas berkapasitas besar dengan suhu kisaran 80-100 derajat celcius. Oleh karenanya, wajar bila alat ini lebih sering digunakan di pabrik atau hotel besar. 

Solar water heater

Sama seperti namanya, alat ini mengandalkan energi matahari sebagai sumber pemanasnya. Konon solar water heater cukup mumpuni digunakan di Indonesia karena berletak di garis khatulistiwa dan beriklim tropis. Sayangnya pada waktu tertentu alat ini tidak dapat berfungsi maksimal karena tidak ada panas matahari.

Namun tak perlu khawatir, dalam kondisi tersebut kamu dapat menggunakan energi listrik sebagai pemanas penggantinya. Dengan catatan kamu membeli solar water heater yang memiliki electric heater

Selain keempat tipe di atas ada pula aircon water heater dan heat pump water heater yang memanfaatkan suhu tinggi dari buangan dari freon AC. 

Baca Juga: Hak Guna Bangunan

Pertimbangan Sebelum Membeli Water Heater

(Alamy)

Jika kebetulan Pins ingin membeli water heater, di bawah ini ada beberapa hal yang agaknya perlu menjadi pertimbangan. 

Baca Juga: Ability to Pay

Cek kapasitas listrik dan sumber bahan bakar

Water heater yang digunakan untuk keperluan rumah tangga umumnya menggunakan sumber energi listrik atau gas. Oleh karena itu, sebelum membeli kamu wajib mengecek kapasitasnya. 

Sebagai bahan pertimbangan, bila memilih electric water heater maka tagihan listrik bisa jadi bertambah. Sementara, bila menggunakan gas water heater, penggunaan gas elpiji sehari-hari pun akan meningkat. Jadi, pertimbangkan dengan matang mana sumber daya yang mumpuni tapi lebih hemat. 

Selain itu, bila menggunakan electric water heater, maka kamu perlu mengecek daya listriknya. Apakah bisa digunakan untuk memanaskan water heater atau tidak. 

Sesuaikan kapasitas penyimpanan dengan jumlah keluarga

Anggota keluarga juga mesti menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli water heater. Sebab, jumlah anggota keluarga akan memengaruhi kapasitas water heater yang dipilih. 

Jika tangki airnya terlalu kecil, kamu dan keluarga lainnya harus menunggu proses pemanasaan yang cukup lama. Untuk itu, pertimbangkan matang-matang kebutuhan air sehari-hari supaya dapat menemukan water heater dengan kapasitas yang sesuai. 

Ruang atau tempat menaruh water heater

Tempat meletakkan water heater juga harus dipertimbangkan. Jika luas rumahmu terbatas, pilihlah water heater dengan pemanasan air standar dan penampungan air berukuran sedang. Dua hal tersebut harus dipikirkan matang-matang karena tangki dan pemanasa air biasanya cukup memakan ruang. 

Perhatikan harga dan perawatan water heater

Salah satu pertimbangan penting yang tidak boleh terlewat yakni harga dan perawatannya. Dengan mengetahui harga, kamu dapat menyesuaikan produk yang dibeli dengan bujet yang dimiliki. Jangan lupa pikirkan juga biaya perawatannya. Hal ini penting dilakukan bilamana ternyata water heater mengalami kerusakan di waktu mendatang. 

Sebelum membeli pastikan Pins sudah melakukan riset produk terlebih dulu. Jangan lupa untuk mengecek spesifikasi produk dengan detail agar tidak keliru dalam pemilihan dan penggunaannya nanti. Tak perlu ragu untuk menanyakan spesifikasi secara lebih rinci jika memang Pins kebingungan. Semangat, Pins! Semoga segera menemukan water heater yang sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Baca Juga: Abodemen Listrik


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.