Info Area

15 Makanan Khas Magelang, Kamu Harus Coba!

Kota Magelang merupakan sebuah daerah yang bisa dikunjungi untuk kulineran ketika berada di Jawa Tengah. Kota yang berdekatan dengan Yogyakarta ini menyimpan banyak pilihan makanan lezat yang patut untuk dicoba. Makanan khas dari Magelang pun sangat beragam dengan cita rasa yang juara.

Mencoba makanan khas Magelang bisa kamu lakukan di mana saja. Berbagai kedai makanan yang menjual hidangan khas daerah ini dapat kamu temukan dengan mudah, seperti di sekitar Rumah Dijual di Magelang. Tertarik mencicipinya? Yuk, cari tahu beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Nasi Goreng Magelangan

Jika sedang berkunjung ke Magelang, kamu bisa memilih untuk menyantap Nasi Goreng Magelangan yang lezat dan mengenyangkan. Makanan ini merupakan campuran antara nasi dan mie kuning yang telah diberi bumbu khusus. Rasanya pun gurih dan kamu bisa memilih tingkat kepedasan yang diinginkan.

Nasi Lesah

Nasi Lesah terkadang lebih dikenal sebagai Soto Magelang. Makanan ini dihidangkan dengan berbagai isian seperti suwiran daging ayam, kerupuk, dan lain-lain. Bahan tersebut lalu diberi kuah berbahan santan serta rempah-rempah pilihan. Rasanya pun gurih namun tetap segar, terlebih jika disantap saat masih panas.

Mangut Lele

makanan khas magelang
(Lifestyle Okezone)

Salah satu kuliner legendaris, Mangut Lele, tentu tidak boleh ketinggalan untuk dicoba ketika sedang berkunjung ke Magelang. Makanan ini memiliki bahan dasar berupa ikan lele yang dilah bersama kuah kuning dan santan. Pengolahan makanan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Namun, hasil akhirnya sangat tidak mengecewakan, Pins!

Buntil Daun Talas

Makanan khas Magelang berikutnya yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba yaitu Buntil Daun Talas. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan daun talas sebagai pembungkus makanannya. Isiannya sendiri berisi berbagai bahan makanan seperti parutan kelapa, udang rebon, dan biji pete. Daun talas yang dipakai pun akan memberi rasa segar.

Jemunak

Makanan tradisional tentu dapat kamu coba saat berkunjung ke Magelang, seperti Jemunak. Makanan ini biasanya dijajakan di pasar dan mudah ditemukan pada bulan puasa. Sekilas, Jemunak terlihat seperti bubur sumsum namun bahan dasar pembuatannya berbeda. Rasanya kenyal dan manis, cocok dipilih sebagai camilan penunda lapar.

Sego Megono

(Hipwee)

Pilihan makanan khas Magelang berikutnya yang bisa kamu coba yaitu Sego Megono. Sego Megono merupakan makanan dengan bahan utama berupa nasi putih yang telah diberi berbagai bumbu seperti cabai, jeruk parut, dan kencur. Walaupun sudah terasa gurih, makanan ini disajikan bersama pelengkap lain seperti kluban sehingga semakin nikmat.

Blendrang

Blendrang adalah bubur nasi yang diolah dan disajikan bersama tambahan kuah dan isian lainnya. Makanan ini terlihat seperti sup krim yang memiliki kuah kental dan teksturnya lembut. Berbagai isian seperti daging ayam dan iga sapi pun membuat makanan ini semakin terasa lezat. Sebagai salah satu makanan populer, kamu dapat dengan mudah menemukan makanan ini di mana saja.

Gudeg Poncol

Magelang memiliki hidangan gudeg yang khas dan berbeda dari gudeg Yogyakarta, yaitu Gudeg Poncol. Makanan ini memang terlihat mirip dan rasanya pun manis. Pada penyajiannya, Gudeg Poncol biasa dihidangkan bersama berbagai tambahan lauk seperti ceker ayam, kepala ayam, sambal, semur, dan kerupuk.

Kluban

makanan khas magelang
(difawisata.com)

Kluban dikenal juga sebagai urap di berbagai daerah lain di Indonesia. Makanan ini memiliki bahan utama berupa berbagai jenis sayuran seperti kangkung, tauge, kacang panjang rebus, kol rebus, dan wortel rebus. Makanan tersebut biasanya disajikan bersama berbagai lauk pauk seperti tahu goreng sebagai teman makan nasi.

Sego Godog

Sego Godog merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti nasi rebus. Sesuai dengan namanya, hidangan ini merupakan nasi yang direbus bersama bumbu-bumbu pilihan untuk memperkuat rasa. Pada penyajiannya, nasi ini dihidangkan bersama kuah serta berbagai makanan pelengkap seperti kerupuk, sayuran, dan mie.

Kupat Tahu

Kupat Tahu khas Magelang merupakan makanan berbahan dasar tahu dengan rasa lezat yang akan sayang untuk dilewatkan. Kupat tahu dari daerah ini memiliki kuah bening dan cita rasanya segar. Bahan dasar yang digunakan pada kuahnya yaitu tauge mentah sehingga menghasilkan rasa unik.

Tape Ketan Muntilan

(Cookpad)

Saat sedang berkunjung ke Magelang, akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak mencoba Tape Ketan khas dari daerah ini. Makanan ini dibuat dari beras ketan yang telah difermentasi sehingga menghasilkan rasa khas serta teksturnya lebih empuk. Kamu bisa menyantap makanan ini secara langsung, menggunakan emping melinjo, atau sebagai campuran minuman.

Sup Serenek

Makanan khas Magelang yang berikutnya yaitu Sup Serenek. Makanan ini memiliki pengaruh dari masa Belanda dan kini menjadi salah satu santapan populer. Bahan yang digunakan pada makanan ini berupa sayur segar yang tetap nikmat disantap baik dalam keadaan hangat atau dingin. Selain itu, tambahan bahan berupa kacang merah dan daging membuat sup ini terlihat berbeda.

Opor Enthok

Bahan utama yang digunakan pada Opor Enthok adalah enthok atau bebek manila. Makanan ini telah menjadi salah satu ikon Kota Magelang dan dapat dijumpai di berbagai tempat. Opor Enthok disajikan bersama kuah opor kental yang berwarna kuning kecoklatan. Daging enthok yang dipakai menghasilkan rasa khas yang berbeda dari olahan daging lainnya.

Mangut Beong

makanan khas magelang
(KSMTour)

Hampir sama dengan mangut lele, Mangut Beong memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Bedanya, Mangut Beong menggunakan bahan dasar berupa ikan beong yang merupakan ikan air tawar mirip lele namun ukurannya lebih besar. Selain itu, pada penyajiannya, bagian yang disajikan hanya kepalanya saja, tidak keseluruhan.

Itulah berbagai makanan khas Magelang yang lezat dan bisa kamu coba. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa khas dan lezat sehingga tak mengherankan jika disukai banyak orang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.