Info Area

15 Makanan Khas Bandung

Bandung memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Mulai dari spot wisata alam, museum, hingga tempat berwisata belanja. Namun, Bandung juga terkenal dengan kulinernya. Makanan khas Bandung yang juga beragam, sudah dikenal hampir ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan dunia.

Sajian kuliner yang istimewa menjadi satu alasan lain untuk mengunjungi Bandung. Makanan khas Bandung memang dikenal beragam dan tentunya memiliki cita rasa lezat paripurna. Namun, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkannya karena kebanyakan harganya murah meriah. Jika tertarik untuk mencicipi makanan khas Bandung, ini dia beberapa rekomendasinya.

1. Mie Kocok

(Detik Food)

Pecinta makanan berkuah pasti suka mie kocok. Mie kuning gepeng ini dilengkapi potongan kikil, sum sum, daun seledri, dan bawang goreng. Menjadi makanan khas Bandung yang nikmat dan banyak dicari.

2. Batagor Bandung

(Selera Rasa)

Makanan khas Bandung yang sering dijual berkeliling menggunakan gerobak. Disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat, batagor jadi salah satu makanan paling lezat di Bandung. Isinya tahu bakso goreng dan pangsit goreng. Beberapa juga disajikan dengan tambahan siomay dan kerupuk ikan.

3. Seblak

(Detik Food)

Makanan khas Bandung yang sudah dikenal di mana-mana. Seblak terbuat dari kerupuk basah, biasanya menggunakan kerupuk udang atau kerupuk bawang yang direbus sebentar atau hanya disiram air panas, ditumis dengan bumbu-bumbu dan ditambahkan pelengkap, seperti sayur, daging, dan telur. Rasa kuahnya sedap dan pedas yang khas.

4. Lotek

(Tabloid Bintang)

Mirip dengan gado-gado khas Jakarta, lotek juga berisi sayur-sayuran matang, seperti kangkung tauge, dan kacang panjang dengan siraman saus kacang. Lotek berbeda dengan karedok yang justru menggunakan sayuran mentah dan ditambahkan kencur di dalam bumbu kacangnya.

5. Colenak

(The Asian Parent)

Colenak merupakan akronim dari Dicocol Enak. Makanan Khas Bandung ini terbuat dari peuyeum yang dibakar kemudian dicocol ke dalam larutan gula merah yang sudah dilelehkan. Gula merah makin nikmat bila dicampur lagi dengan parutan kelapa.

6. Surabi

(Asian Food Network)

Makanan khas Bandung berupa kudapan yang hit selanjutnya adalah surabi. Dibuat dari tepung beras, makanan ini disajikan dengan berbagai rasa dan topping yang lezat. Tersedia varian rasa asin, manis, hingga pedas.

7. Tahu Susu Bandung

(Tempat Wisata di Bandung)

Pencinta tahu susu bisa langsung ke Lembang, Bandung. Tahu susu yang nikmat bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya khas, dengan tekstur tahu yang sangat lembut dan terkenal menyehatkan. Makanya, dinamakan tahu susu.

8. Pisang Bolen

(Tastemade)

Pisang bolen merupakan kudapan nikmat yang juga berasal dari Bandung. Penganan ini terbuat dari pisang, tepung, telur, dan mentega. Akan semakin mantap jika  dinikmati dengan secangkir teh hangat. Cocok juga dijadikan sebagai buah tangan.

9. Peuyeum

(Kompas)

Makanan khas Bandung yang sangat identik dengan Kota Kembang dan wilayah Sunda, yaitu peuyeum. Bukan sekadar tape singkong biasa, peuyeum merupakan tape dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, yang membuatnya bisa bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan tape biasa.

10. Gepuk

(Detik Food)

Makanan khas Bandung berikutnya terbuat dari bahan dasar saja daging sapi. Cara menyantapnya juga khas, dengan nasi hangat dan sambal. Ingin varian lain, kamu bisa memilih sejumlah alternatif, termasuk di antaranya beef salty, beef less sugar, hingga chicken spicy.

11. Wajit

(Travel)

Di sejumlah wilayah di Bandung ternyata juga ada yang memiliki kuliner yang khas. Di Bandung Barat misalnya, yang identik dengan Wajit Cililin. Camilan yang terbuat dari beras ketan, gula aren, kelapa dan vanili ini cukup populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

12. Cuanki

(Kompas)

Sajiannya mirip dengan bakso Malang. Dalam satu porsi cuanki terdiri dari aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng. Bedanya, mi yang digunakan bukan mi kuning. Dengan tambahan seledri dan daun bawang, cuanki jadi lebih gurih dengan bening.

13. Perkedel Bondon

(Phinemon)

Bila kamu merupakan orang luar Bandung tentu akan kaget jika ditawari dengan makanan khas Bandung ini.Namun, percayalah perkedel bondon merupakan cemilan malam-malam di Paris Van Java. Sesuai dengan namanya, kedai perkedel ini hanya buka saat malam, mulai pukul 22.00-04.00 WIB. 

14. Bandros

(Pergi Kuliner)

Salah satu camilan tradisional kota Bandung yang paling diminati adalah bandros. Kue dari campuran tepung beras dan santan ini berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih. Ada taburan gula pasir untuk menambah cita rasa.

15. Ulukutek Leunca

(Detik Food)

Kamu akan terkejut dengan kandungan gizi dalam makanan khas Bandung tradisional ini. Mulai dari kandungan kalori, vitamin, karbohidrat hingga senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam makanan ini. Makanan sehat yang kadang dipandang sebelah mata. Padahal rasanya lezat dan nikmat.

Itu dia rekomendasi kuliner atau makanan khas Bandung yang bisa kamu coba. Selain populer dan cukup terkenal, rasanya juga sangat enak. Kira-kira, kamu sudah pernah mencicipi yang mana saja?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.