Ketenangan Alam Cadas Gantung Kuningan

Dipublikasikan oleh abd.hannan ∙ 20 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Bagi kamu yang punya rumah di Kuningan, Jawa Barat pasti tak asing dengan destinasi wisata Cadas Gantung Kuningan. Tempat wisata alam ini menyuguhkan pemandangan air terjun dan area perbukitan yang indah.

Cocok sekali untuk dijadikan tempat camping serta berakhir pekan bersama keluarga. Jajaran pohon yang asri menambah kesegaran udara dan membantu merefreshkan pikiran dari padatnya pekerjaan. 

Wisata Alam ini juga tidak terlalu ramai sehingga terasa tenang. Bagi kamu yang suka menyendiri dan membutuhkan tempat bersemedi sejenak bisa datang kesini.

Penasaran tentang objek wisata di Kuningan ini ? cek info selengkapnya dibawah ini ya!

Baca Juga :

Informasi Seputar Cadas Gantung Kuningan

Cadas Gantung Kuningan adalah salah satu lokasi wisata menarik di Kuningan, Jawa Barat. Cadas Gantung Kuningan menawarkan view alam atau suasana alam yang menyegarkan. 

Bukan hanya wisata bahkan banyak orang suka mengabadikannya momen disini dan memposting ke media sosial yang mereka miliki. Hal ini adalah salah satu bentuk promosi yang secara langsung dilakukan oleh para pengunjung.

Cadas Gantung merupakan hamparan dataran yang dulunya adalah area persawahan. Kini beralih fungsi menjadi padang rumput indah dikelilingi perbukitan. Tak jauh dari padang ini terdapat hutan lebat dengan pohon yang menjulang tinggi.

Areanya cukup luas dan tak jauh dari lokasi terdapat air terjun bernama Curug Walet. Jaraknya kira-kira hanya 700 meter dari Cadas Gantung atau 1.7 km dari desa.

Aktivitas Menarik di Cadas Gantung Kuningan

Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk para pengunjung lokal maupun wisatawan asing untuk dapat menyepi dan menghindari hiruk pikuk perkotaan. 

Banyak dari mereka yang menyempatkan waktu untuk pergi kesini dan mengabadikan lokasi melalui foto atau membuat sebuah video yang singkat. Apalagi lokasinya yang memang masih perawan atau asri.

Camping

(Pexels)

Lokasinya yang masih asri dan luas sangat cocok untuk lokasi camping. Saat malam tiba langit dipenuhi bintang dan banyak kunang-kunang berkeliaran. Hanya saja fasilitas yang tersedia untuk bermalam disini masih kurang mendukung.

Kamu perlu membawa perbekalan dan alat tenda sendiri. Selain itu lokasi dengan sumber air hampir 1 km sehingga sebaiknya bawa perbekalan yang cukup. Untuk kamar kecil masih tersedia di lokasi pos retribusi saja atau rumah warga.

Jogging

(Pexels)

Usai bermalam disini cobalah untuk jogging memutari padang hijaunya. Lingkungan yang masih asri membuat lokasi ini sering berkabut di pagi hari. Olahraga disini tentu terasa lebih berkesan.

Udaranya lebih bersih belum lagi panorama hijau yang ditawarkannya. Tak heran tak sedikit orang suka pula datang ke tempat ini untuk menyendiri.

Mandi Di Curug Walet

(Shutterstock)

Jika bosan di padang rumput bisa beralih ke Curug Walet. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Debit air cenderung stabil dan tergantung pada musim. Airnya akan sangat sedikit ketika musim kemarau datang.

Kedalaman air terjun lebih dangkal dan dikelilingi bebatuan besar. Kamu bisa mencoba mandi disini apalagi airnya langsung dari pegunungan.

Berfoto Selfie Di Hamparan Padang Hijau

(Pexels)

Jangan lewatkan momen bahagia disini dengan berfoto di hamparan padang hijaunya. Apalagi latar pemandangannya berupa hutan rimbun yang eye catching sebagai background foto.

Lokasi Cadas Gantung Kuningan

(Liputan6)

Lokasi Cadas Gantung Kuningan berada di Jl. Nanggeleng – Cirahayu, RT.08/RW.024, Citundun, Ciwaru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasi berada di ketinggian 753 mdpl.

Fasilitas yang tersedia disini adalah mushola, area parkir yang luas dan masih banyak lagi lainnya. Bila dari kota Cirebon kira-kira butuh waktu 2-2.5 jam untuk sampai kesini.

Rute Cadas Gantung Kuningan

Untuk mencapai Cadas Gantung Kuningan harus melalui jalanan yang curam dan juga berkelok. Terutama u saat musim hujan atau musim hujan tiba, jalanan pun lebih licin sehingga pengunjung harus lebih berhati-hati.

Rute yang bisa ditempuh bila melalui Alun-alun Kuningan adalah menuju Nanggeleng-Cirahayu.

Apabila sudah tiba di jalan Sumberjaya-Ciwaru maka jaraknya kurang lebih tinggal 39 km saja. Kira-kira kamu butuh waktu 1.5 jam dari lokasi tersebut ke Cadas Gantung.

Jalan bisa dilalui roda empat maupun roda dua. Bila menggunakan transportasi umum maka berhentilah di terminal terdekat. Setelah itu capai lokasi wisata dengan naik ojek.

Jika masih bingung ikuti saja arahan dari Google Maps di bawah ini ya!



Harga Tiket Masuk Cadas Gantung Kuningan

Harga tiket masuk sangat terjangkau yakni sebesar 5 ribu rupiah saja.Namun biaya yang sudah disebutkan bisa saja berubah sewaktu-waktu.jam operasionalnya mulai dari hari Senin-Minggu.

Waktu paling terbaik datang kesini adalah pagi hari. Udara masih terasa sepoi-sepoi dan tidak terlalu panas. Warga setempat menyediakan jasa foto yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan momen.

Tidak lupa selalu bawa perlengkapan kesehatan. Misalnya tissue basah, hand sanitizer, masker dan obat pribadi. Bawa pula beberapa snack atau makanan khas Kuningan untuk dimakan di puncak bukitnya. 

Cadas Gantung Kuningan menjadi spot yang Instagramable banget untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Destinasi wisata masih asri dan tenang cocok untuk tempat menenangkan diri.

Baca Juga: Wisata Curug Landung Kuningan


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah