Info Area

Tempat Wisata Kuningan

Kuningan adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dan masuk kedalam daerah kesultanan Cirebon. Ada banyak tempat wisata Kuningan yang menarik untuk dikunjungi khususnya destinasi alamnya.

Kabupaten Kuningan merupakan sebuah kabupaten dataran rendah sehingga kaya akan panorama alam yang indah. Punya rumah di Kuningan menjamin kamu tidak akan pernah bosan karena keragaman wisatanya.

Pada artikel kali ini sekiranya ada 10 rekomendasi tempat wisata Kuningan yang bisa kamu kunjungi.

Baca Juga :

1. Gunung Ciremai

(Shutterstock)

Gunung Ciremai menjadi sebuah tempat wisata yang tak asing lagi di telinga para traveler.

Puncak gunungnya dikenal paling tertinggi di Jawa Barat. Tingginya sendiri sekitar 3.078 meter dan terakhir mengalami erupsi pada Maret 1951.

Dari atas puncaknya kamu bisa menyaksikan keindahan Jawa Barat secara maksimal.

2. Situs Purbakala Cipari

(Kompasiana)

Situs Purbakala Cipari adalah sebuah tempat wisata sejarah berupa kubur batu dan menhir. Situs Cipari ini ditemukan pertama kali pada tahun 1972.

Tempat ini adalah peninggalan dari zaman megalitik dengan koleksi yang cukup lengkap dan dapat menggambarkan kehidupan pada masa pra sejarah tersebut.

Di tempat ini kamu tidak hanya akan merasakan keindahan alam yang menawan saja namun dapat belajar sejarah mengenai barang peninggalan di taman situs purbakala Cipari.

Alamat : Jl. Museum Taman Purbakala, Cipari, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan

3. Palutungan dan Curug Putri

(Shutterstock)

Palutungan dan Curug Putri  adalah kawasan hutan serta air terjun yang lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Ciremai.

Kawasan hutannya sendiri memiliki luas kurang lebih 50 hektar. Sementara air terjunnya terkenal dengan pemandangan yang indah dan kejernihan airnya. 

Hal ini karena debit airnya berasal langsung dari kaki Gunung Ciremai. Jaraknya juga tak terlalu jauh dari pusat kota yakni sekitar 10 km.

Alamat : Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan

Baca Juga :

4. Telaga Remis Kuningan

(Shutterstock)

Telaga Remis Kuningan memiliki air yang begitu jernih bahkan membuat kita seperti berkaca ketika melihat air tersebut.

Tempat wisata ini memiliki luas hingga 13 hektar dan jaraknya kurang lebih 37 km. Kira-kira membutuhkan waktu 1 jam berkendara dari pusat kota Kuningan untuk mencapai lokasinya

Alamat : Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, Pasawahan

5.Telaga Nilem Kuningan

(Liputan6)

Selanjutnya ada Telaga Nilem Kuningan yang letaknya masih berada di kompleks wisata telaga remis.

Telaga Nilem menjadi tempat yang masih sangat asri di Kuningan karena masih jarang terjamah oleh banyak orang. 

Alamat : Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan

6. Curug Bangkong

(Travelspromo)

Ada banyak sekali air terjun di kawasan Kuningan. Salah satunya adalah Curug Bangkong yakni sebuah air terjun yang menjulang tinggi dan indah.

Sesuai dengan namanya curug ini didiami oleh katak berukuran besar yang menunggu tempat ini. Menurut masyarakat sekitar katak tersebut adalah jelmaan dari seorang pertapa yang berasal dari Ciamis.

Alamat : Desa kertawirama, Kec.Nusaherang, Kab.Kuningan

7. Tempat Wisata Linggarjati Kuningan

(Wikimedia Commons)

Tempat wisata linggarjati kuningan jawa barat adalah taman wisata menyuguhkan flora dan fauna yang lucu-lucu dan sangat menggemaskan.

Di tempat ini terdapat berbagai wahana yang seru dan mengasyikan seperti water boom, arena outbound, bukit-bukit indah, pemancingan dan juga area bermain anak yang sangat seru.

Alamat : Desa Linggajati,kecamatan Cilimus, Kuningan 

8. Waduk Darma

(Shutterstock)

Fasilitas Waduk Darma lumayan lengkap diantaranya ada cottage, perahu motor, kolam renang untuk anak-anak bahkan ada area campingnya. Jam operasionalnya buka hingga 24 jam setiap hari.

Waduk ini mulai dibangun pada 1923 ketika Belanda melakukan penelitian. Kemudian pembangunannya dilanjutkan hingga 1962 oleh pemerintah RI.

Alamat : Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan

9. Situ Cicerem

(Shutterstock)

Situ Cicerem terkenal akan telaga yang memiliki mata air sangat jernih berwarna biru yang juga dihuni oleh banyak ikan berwarna-warni.

Tempat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dan juga tempatnya yang masih asri dengan di kelilingi pepohonan-pepohonan yang rindang.

Alamat :  Kaduela, Pasawahan, Kuningan

10. The Mountain Recreation Kuningan

(pinhome.id)

Terakhir ada The Mountain Recreation Kuningan berupa wisata edukasi yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.30 WIB.

Untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung dikenakan tarif masuk mulai dari Rp. 30.000-Rp. 40.000. 

Di tempat ini kamu dapat menikmati berbagai wahana yang seru seperti edukasi tentang pesawat, ontang anting, mini train, kora-kora, battery car, gokart, bebek aor, trampolin, bioskop 4D & 3D, Trick art 3D, water boom, otoped, Mr.Jackie dan banyak yang lainnya.

Tempat-tempat wisata di kuningan masih terjaga dengan baik keasrian dan keindahannya hingga saat ini. Saat berwisata kamu harus tetap menjaga untuk tidak membuang sampah sembarang atau melakukan hal yang dapat merusak keindahan dari tempat wisata di atas.

Mari mulai menjaga tempat-tempat wisata baik alam atau buatan manusia agar suatu saat nanti anak cucu kita dapat menikmati keindahan wisata negerinya sendiri. 

Waktu paling pas mengunjungi tempat wisata Kuningan diatas adalah saat musim kemarau. Jalanan tidak licin dan mulailah berangkat di pagi hari agar tidak terburu-buru saat menikmati lokasi wisatanya.

Baca Juga :


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock