Info Area

15 Lokasi Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat, tepatnya berada di jalan regional yang menghubungkan Kota Cirebon dan Wilayah Priangan Timur. Saat ini, Kabupaten Kuningan menjadi primadona yang memiliki banyak tempat wisata alam menakjubkan. Sehingga, tak heran, banyak orang yang mengunjungi Kuningan untuk berwisata. 

Nah, kalau kamu juga ingin berwisata di Kabupaten Kuningan, cek dulu 15 rekomendasi wisata di Kuningan yang wajib kamu kunjungi berikut ini. 

1. Wisata Alam Palutungan

Wisata Alam Palutungan
(indonesiakaya.com) 

Rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang pertama adalah Wisata Alam Palutungan. Tempat ini merupakan kawasan wisata alam berupa hutan pinus yang rindang. Kamu bisa menikmati suasana asri dan sejuk di tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas outdoor lainnya, seperti camping, hiking, dan trekking.

2. Situ Wulukut 

Situ Wulukut 
(blog.misteraladin.com) 

Kalau kamu ingin menikmati suasana alam danau yang cantik, Situ Walukut bisa jadi pilihannya. Tempat ini merupakan sebuah danau dengan pemandangan sekeliling berupa hutan cemara yang masih rindang. Kamu bisa santai melepas penat sambil berfoto-foto dengan latar danau yang indah. 

3. Bukit Panembongan 

Bukit Panembongan 
(tribunnews.com) 

Tempat wisata di Kabupaten Kuningan selanjutnya adalah Bukit Panembongan. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang mengagumkan dari atas bukit. Menyaksikan keindahan alam ditambah dengan udara sekitar yang masih segar dan sejuk, dijamin mampu membuat kamu merasa tenang. Tempat ini cocok sekali untuk refreshing setelah penat menjalani hari. 

4. Curug Putri 

Curug Putri 
(travelspromo.com) 

Kabupaten Kuningan terkenal dengan wisata alam curugnya yang menakjubkan. Salah satunya adalah Curug Putri. Curug ini merupakan air terjun yang terletak di kaki gunung ciremai. Kamu bisa menikmati suasana asri curug sambil merasakan air terjun yang menyegarkan. 

5. Curug Payung 

Curug Payung 
(ksmtour.com)

Curug Payung merupakan salah satu curug di Kuningan dan berada di Gunung Manik. Curug ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang mempesona. Suasana alam yang begitu asri, udara yang sejuk, hingga air jernih yang menyegarkan, dijamin mampu membuat kamu merasa relax. 

6. Telaga Biru Cicerem 

Telaga Biru Cicerem 
(iitrip.com) 

Salah satu tempat wisata di Kuningan yang tak boleh terlewatkan adalah Telaga Biru Cicerem. Tempat ini merupakan sebuah telaga dengan air yang jernih berwarna biru. Menariknya, di dalam telaga tersebut ada banyak ikan mas yang menambah keindahan telaga ini. Kamu bisa memberi makan ikan, snorkeling, atau sekadar menaiki perahu untuk bersantai di atas telaga. 

7. Objek Wisata Cibulan 

Objek Wisata Cibulan 
(travelspromo.com) 

Objek Wisata Cibulan merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang wajib kamu kunjungi selanjutnya. Konon, tempat ini merupakan tempat petilasan Prabu Siliwangi. Masyarakat sekitar percaya, bahwa sumur yang ada di objek wisata ini dahulu digunakan Prabu Siliwangi sebelum melakukan semedi. 

Di tempat ini terdapat kolam besar dengan ikan-ikan keramat yang disebut ikan dewa. Ikan tersebut dipercaya merupakan jelmaan prajurit Prabu Siliwangi, sehingga tidak boleh ditangkap. 

8. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
(pikiran-rakyat.com)  

Masih bingung ingin berwisata ke mana di Kuningan? Ke Kebun Raya Kuningan saja. Tempat ini merupakan sebuah taman seluas 176 hektar dengan flora dan fauna yang masih asri. Kamu bisa berwisata di sini bersama keluarga untuk menikmati akhir pekan. Letak kebun raya ini berada di sisi utara Gunung Ciremai. 

9. Sukageuri View 

Sukageuri View 
(bandoeng.co.id) 

Tempat wisata Sukageuri View merupakan tempat wisata yang menawarkan spot pemandangan alam yang indah. Tempat ini terbilang cukup romantis untuk dinikmati bersama pasangan. Letak tempat wisata ini tidak jauh dari Curug Putri, jadi, jika kamu berkunjung ke Curug Putri, kamu juga bisa mampir ke tempat ini. 

10. Sangkan Resort Aqua Park 

 Sangkan Resort Aqua Park 
(sikidang.com)

Ingin menikmati wahana bermain air yang menyegarkan? Kamu bisa mengunjungi Sangkan Resort Aqua Park. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Bandorasa, Bandorasa Wetan, Cilimus, Kabupaten Kuningan. Di tempat ini tersedia aneka wahana bermain air, seperti kolam ombak, octopus slide, raft slide, dan lainnya. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain air di sini. 

11. Telaga Remis 

(jejakpiknik.com)

Telaga Remis merupakan telaga asri dengan dikelilingi pemandangan alam hutan yang mempesona. Air di telaga ini juga sangat jernih, saking jernihnya pantulan hutan sekitar dapat terlihat sehingga telaga ini seolah berwarna hijau. Tempat ini juga menawarkan wisata sepeda air, supaya kamu bisa menyusuri keindahan danau. 

12. Woodland Kuningan 

(inews.com) 

Tempat wisata di Kuningan yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Woodland Kuningan. Tempat ini terletak di tengah hutan yang masih asri. Tempat ini menyediakan banyak spot berfoto yang mempesona. Selain itu, tempat ini juga menyediakan kolam  atau umbul untuk berenang dan berfoto dalam air. 

13. Batu Luhur 

Batu Luhur 
(wisatangehits.com) 

Batu Luhur merupakan salah satu wisata di Kabupaten Kuningan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Tempat ini menyediakan aneka wahana permainan, seperti flying fox, kolam renang, dan sebagainya. Di tempat ini, kamu juga bisa sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan alam dari atas bukit dan sejuknya udara kawasan Gunung Ciremai. 

14. Hutan Desa Setianegara 

(berita.baca.co.id) 

Hutan Desa Setianegara merupakan kawasan hutan pinus sejuk yang berada di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Di tempat ini, kamu bisa berkunjung untuk sekadar santai menikmati keindahan panorama hutan pinus atau melakukan camping bersama teman dan keluarga. Terdengar menyenangkan, bukan? Langsung saja jadwalkan waktu untuk berwisata ke Kuningan. 

15. Bumi Pelangi Jalaksana 

Bumi Pelangi Jalaksana 
(wisatalaka.com) 

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana di Kuningan. Tempat ini menyediakan wisata perbukitan dengan bebatuan yang telah dicat berwarna-warni. Sehingga terlihat seperti pelangi. Kamu bisa juga membawa anak-anak untuk berfoto di tempat ini. Lokasi tempat ini dekat dengan wisata air di kaki Gunung Permai.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.