Info Area

20 Air Terjun di Jogja yang Patut Kamu Kunjungi

Yogyakarta atau Jogja kerap jadi salah satu tujuan wisata. Pasalnya, di sini, terdapat beragam wisata yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya air terjun. Air terjun di Jogja terkenal akan suasananya yang asri serta aliran air nan hijau. Meski lokasinya tak dipusat kota, tapi setidaknya masih mudah dijangkau dan dekat dengan area rumah dijual di Jogja.

Nah, berikut ini beberapa air terjun di Jogja yang bisa Pins kunjungi saat berwisata di sana. Pas untuk menghabiskan waktu liburan.

1. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun di jogja
(Kompas Travel)

Air terjun ini berada di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya tak jauh dari Sungai Oyo. Untuk bisa ke air terjun ini, Pins perlu jalan kaki dulu sekitar 450 meter. Jika malas, bisa pula menaiki rakit selama 15 menit. Sesampainya di sana, kamu dapat menyewa pelampung untuk menyusuri air terjunnya. Selain itu, bisa pula mencoba bermain flying fox.

2. Air Terjun Sidoharjo

air terjun di jogja
(Travels Promo)

Air terjun ini punya ketinggian sekitar 30 meter. Saking tingginya, warga Jogja menyebuat bahwa ini merupakan yang tertinggi di sini. Letaknya di sekitar Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Walau jauh dari pusat kota, tapi banyak wisatawan yang sengaja menyempatkan ke sini, lo.

3. Curug Pulosari

air terjun di jogja
(Eksotis Jogja)

Curug Pulosari terkenal akan keindahan air dan pemandangan di sekitarnya. Walau tingginya hanya sekitar 5-7 meter, tapi pemandangan sekitarnya indah. Tak heran, jika banyak yang ke sini untuk foto-foto.

4. Curug Siluwok

air terjun di jogja
(Suara)

Tak jauh dari Air Terjun Sidoharjo, ada pula Curug Siluwok yang tak kalah indah. Curug ini memiliki tinggi sekitar 20 meter. Di bawah air terjun, terdapat sungai kecil yang bisa dipakai bermain air. Pas jika kamu pengin berenang.

Baca juga: 15 Rekomendasi Bakso Enak di Jogja

5. Air Terjun Lepo

air terjun di jogja
(Kompas Travel)

Nama air terjun ini diambil dari kata ledok pokoh yang berarti lembah di Dusun Pokoh. Walau jauh dari pusat kota, tapi akan sepadan dengan perjalanannya. Sebab, air terjun ini memiliki empat tingkat dengan kolam yang ketinggian kolam yang berbeda-beda.

6. Air Terjun Randusari

air terjun di jogja
(Jogja Prov)

Lokasi air terjun ini tak jauh dari Air Terjun Sri Gethuk. Tepatnya di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan kedalaman 1-2 meter. Di sekitar kolamnya, terdapat banyak pohon randu sehingga membuat suasana lebih asri.

7. Grojogan Sewu

Kulon Progo di Jogja punya banyak air terjun, salah satunya Grojogan Sewu ini. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter. Karena aliran airnya cukup deres, saat musim hujan dianjurkan untuk tak main air di sini. Namun, kamu masih bisa menikmati pemandangan di sekitarnya.

8. Air Terjun Kedung Pedut

air terjun di jogja
(Pemprov Jogja)

Untuk bisa menikmati suasana di air terjun ini, Pins cukup membayar Rp5000 saja. Kamu bisa berfoto di air terjun maupun jembatan kayu yang apik. Tenang, fasilitas di air terjun ini lengkap. Tersedia gazebo untuk istirahat, musala, serta toilet.

9. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun ini merupakan salah satu yang populer di Kulon Progo. Keunikan dari air terjun ini yakni airnya yang tak surut walau musim kemarau. Sebab, air terjun ini punya tiga sumber mata yang jernih.

10. Grojogan Watu Purbo

Air terjun ini sempat hits beberapa waktu lalu. Keunikan dari tempat ini yakni air terjunya yang memiliki enam tingkat. Konon, airnya berasal dari aliran Sungai Bebeng dan Sungai Krasak. Menarik lagi, sampai saat ini, tak ada biaya masuk untuk menikmati air terjun ini. Pas, nih, untukmu yang sedang main pada akhir bulan.

Baca juga: 5 Kebun Binatang di Jogja yang Bisa Jadi Lokasi Wisata Edukasi

11. Air Tejun Tlogo Muncar

air terjun di jogja
(OkeZone)

Kalau tak ingin berkendara terlalu jauh, Pins bisa ke Air Terjun Tlogo Muncar. Letaknya di sekitar Kaliurang, Kabupaten Sleman. Air terjun ini berada di ketinggian 878 MDPL. Oleh sebab itu, wajar jika airnya cukup dingin. Meski begitu, kamu tetap aman main air di sini. Namun, jangan lupa bawa baju ganti, ya.

12. Air Terjun Pantai Jogan

air terjun di jogja
(Suara)

Air terjun di Jogja ini terbilang unik karena berada di kawasan pantai. Walau begitu, airnya bukanlah air asin, melainkan air tawar, seperti air terjun lainnya. Meski begitu, di kolamnya terdapat pasir putih dengan campuran air asin dari deburan ombak pantai.

13. Air Terjun Luweng Sampang

Keunikan dari air terjun ini yakni adanya bebatuan berwarna putih di sekitar kolam airnya. Menariknya lagi, batu tersebut memiliki garis yang terbentuk alami akibat erosi dan aliran air. Kalau ke sini, Pins bisa duduk di batu tersebut sembari melihat pemandangan sekitarnya. Namun, biar aman, baiknya datang pada musim kemarau.

14. Air Terjun Banyunibo

Pernah mendengar objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran? Nah, di sekitar sini, ada air terjun yang terkenal. Namanya Air Terjun Banyunibo. Untuk bisa ke air terjun ini, Pins perlu berjalan sekitar 400 meter dulu. Namun, akan sepadan dengan pemandangan dan kesegaran airnya.

15. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun di jogja
(Kompas)

Lokasi air terjun ini juga masih satu kawasan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk bisa sampai ke sini, Pins perlu menyusuri jalan setapak di persawahan, lalu melawati jembatan bambu. Walau jalannya cukup sulit, tapi hal tersebut sepadan dengan pemandangan alamnya.

16. Curug Indah Gedangsari

Di dalam curug ini ada dua air terjun dengan tebing yang terbagi menjadi tiga bagian. Kalau mau naik ke air terjun, Pins bisa melewati jalan setapak atau menyusuri sungai. Namun, supaya bisa merasakan pengalaman serunya, cobalah berangkat jalan kaki lalu turun dengan menyusuri sungai.

Baca juga: 16 Restoran Korea di Jogja, Bikin Kamu Serasa Oppa dan Noona di Drama Korea

17. Curug Gede

Curug ini dikelilingi oleh bukit, lembah, dan hutan kecil. Ketinggian air terjunnya sekitar 30 meter, lo. Di sini, kamu bisa bermain air sembari melihat pemandangan indah. Karena lokasinya dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu pun bisa mampir sekalian.

18. Air Terjun Goa Selarong

Keunikan dari air terjun yakni lokasinya yang masih satu kawasan dengan Goa Solarong. Konon, menurut cerita goa ini dipakai oleh Pangeran Diponegoro untuk tinggal saat melawan penjajah Belanda setelah rumahnya dibakar.

19. Luweng Sampang

air tejun di jogja
(Native Indonesia)

Luweng Sampang sempat populer beberapa waktu lalu. Sekilas, air terjun ini mirip seperti The Waze Rock yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Sebab, batu di sekitar air terjunnya berbentuk seperti luweng atau cekung. Kalau ke sini, baiknya saat musim hujan agar bisa melihat debit airnya yang deras.

20. Air Terjun Kedung Pengilon

Terakhir, kamu bisa main ke Air Terjun Kedung Pengilon. Air terjun di Bantul ini punya genangan air yang tak terlalu dalam, sehingga bisa dipakai untuk berendam atau sekadar main air. Tak perlu khawatir, airnya jernih kok.

Nah, itulah beberapa air terjun di Jogja yang bisa Pins kunjungi untuk berwisata. Tertarik datang ke mana, nih?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.